(0)



Setiap orang tentu mendambakan rumah yang nyaman untuk ditinggali. Rasa nyaman yang muncul merupakan salah satu efek psikologis yang terkait dengan emosi manusia, salah satunya melalui indera penglihatan. Salah satu aspek yang berpengaruh dalam kenyamanan di dalam rumah adalah warna interior hunian. Maka, kamu harus benar-benar memilikirkan warna apa yang sesuai dengan suasana yang kamu inginkan. 

Warna interior hunianmu aja berpengaruh pada suasana hatimu, ketika kamu beraktivitas di dalamnya. Kalau kamu salah memilih warna, kamu bisa merasa tidak nyaman dan akhirnya berdampak buruk pada psikologismu. 


Warna Interior yang Dominan Kuning


(Foto oleh Croissant dari Unsplash)

Warna kuning identik dengan warna yang memberikan kesan ceria dan optimis. Keceriaan dan optimis adalah salah satu yang membantumu lebih bersemangat dalam meningkatkan rasa percaya diri dalam menjalani aktivitas.

Kuning sangat cocok digunakan sebagai warna interior ruang tamu. Warna tersebut akan memuncukan kesan akrab dari penghuninya dalam menyambut tamu. Ruangan sempit di rumahmu juga akan terasa lebih luas dengan pemilihan warna kuning dalam dindingnya. Jika dirasa begitu mencolok, kamu bisa memadukan warna ini dengan furnitur berwarna netral.


Hijau untuk Warna Interior yang Menyegarkan


(Foto oleh Aleksandra Sapozhnikova dari Unsplash)

Warna hijau memiliki karakter yang identik dengan alam dan tumbuhan, sehingga akan membawa kesan yang menyegarkan. Warna hijau mempengaruhi psikologis seseorang untuk merasa lebih aman, harmonis dan seimbang. Warna hijau juga bisa membuatmu rileks ketika beristirahat sejenak dari aktivitas.

Kombinasi warna biru dan kuning ini cocok digunakan warna interior pada ruang keluarga untuk memunculkan keharmonisan antar anggota keluarga. Bercerita terkait pengalaman satu sama lain dan menikmati waktu bersama juga salah satu cara untuk mengembangkan diri dengan berbagi serta mengenal anggota keluarga lainnya. 


Kesan Tenang dan Damai dari Interior Berwarna Biru


(Foto oleh Elena Popova dari Unsplash)

Warna interior biru gelap akan memberikan rangsangan pemikiran yang jernih. Sedangkan, warna biru muda cocok untuk meningkatkan konsentrasi. Oleh karena itu, warna biru sangat cocok jika diterapkan di ruang kerja. Ada kalanya dalam menjalani aktivitas seharian, kamu perlu beristirahat. Warna biru adalah juga cocok untuk digunakan di ruang tidur karena memberikan efek tenang dan damai. 

Kalau kamu menyukai warna biru gelap, sebaiknya kamu menggunakannya secukupnya. Warna biru tua yang terlalu banyak akan memberikan kesan dingin, bahkan sedih dan kelam. 

Hindari penggunaan dengan warna interior yang berlebihan karena dapat memunculkan kebosanan. Kamu bisa megolaborasikannya dengan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu dan hitam untuk kesan yang lebih hidup. Tidak harus menerapkannya pada dinding, kamu bisa mengolaborasikannya dengan sofa, meja atau hiasan dinding dengan warna yang sesuai. 


Referensi:

https://www.dekoruma.com/artikel/79352/arti-warna-ruangan

https://www.99.co/blog/indonesia/arti-warna-desain-interior/

https://www.thedesignstory.com/blog/tips/news-penting-setiap-warna-interior-memiliki-makna-dan-efek-terhadap-emosi-seseorang-apa-saja



Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 19 Oktober 2021
Warna Interior yang Mengundang Hasrat untuk Mengembangkan Diri
Setiap orang tentu mendambakan rumah yang nyaman untuk ditinggali. Rasa nyaman yang muncul merupakan salah satu efek psikologis yang terkait dengan emosi manusia, salah satunya melalui indera penglihatan. Salah satu aspek yang berpengaruh dalam kenyamanan di dalam rumah adalah warna interior hunian. Maka, kamu harus benar-benar memilikirkan warna apa yangBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 19 Oktober 2021
Suasana Baru dalam Hunian Tanpa Harus Banyak Pengeluaran
Bentuk dan warna ruangan yang begitu-begitu saja sering membuat kamu merasa bosan. Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak orang merasakan hal yang sama. Mungkin ketika kamu ingin merombak interior hunianmu, kamu merasa takut mengeluarkan cukup banyak uang. Jangan khawatir, berikut beberapa tips untuk tetap bisa membuat suasana baru dalam ruanganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 19 Oktober 2021
Hunian Lebih Berkarakter dengan Atap Rumah Joglo
Setiap orang memiliki hunian idamannya masing-masing. Supaya hunian yang dimiliki memiliki ciri khas yang membedakannya dengan yang lain, diperlukan karakter yang kuat. Karakter yang diberikan pada sebuah desain hunian akan menambah keunikan sehingga lebih menarik. Salah satu caranya adalah kamu bisa memadukan konsep tradisional dan modern menjadi satu. Menerapkan konsep tradisionalBaca Selengkapnya