(0)


KOMPAS.com - Ketika sudah mendiami hunian untuk jangka waktu yang lama, adakalanya kita menginginkan suasana baru. Tak terkecuali apabila Anda tinggal di apartemen.

Memberikan sentuhan berbeda dengan merenovasi apartemen akan menjadi cara ampuh menyegarkan hunian Anda.

Cara unik yang bisa dicoba untuk menghidupkan suasana agar lebih fun adalah dengan menggunakan teknik blok warna.

Teknik blok warna atau yang juga dikenal dengan sebutan color blocking, tidak hanya digunakan dalam desain interior.

Para penggerak industri fashion juga banyak memanfaatkan teknik ini. Langkah eksekusinya adalah dengan memadukan dua warna saling kontras untuk menciptakan kesan ceria.

Inilah yang dihadirkan oleh The Furnished Void, sebuah apartemen minimalis di Barcelona untuk memberikan dampak visual ke dalamnya.

Apartemen ini direnovasi oleh studio desainer interior Egue y Seta yang berbasis di Barcelona.

Untuk mencerminkan jiwa pribadi sang pemiliknya, desainer menciptakan desain interior ceria sembari memaksimalkan ruang. Seperti apa? Berikut langkahnya:

1. GunakanWarna-warna Cerah yang Ceria

Blok warna ceria untuk apartemen minimalis Blok warna ceria untuk apartemen minimalis (www.decoist.com)
Kebanyakan apartemen dibangun dengan gaya minimalis lewat pemilihan warna-warna dasar saja. Begitu pula dengan apartemen ini.

Karena itulah, kesan minimalisnya coba diubah lebih ceria dengan penerapan blok warna. Warna mencolok bersifat terang yang dipilih adalah warna kuning.

Warna kuning dapat ditemukan di beberapa sudut apartemen, seperti di area pintu hingga hiasan di area dapur.

Tak lupa, untuk mengikat keserasian interior keseluruhan ruangan, digunakan beberapa aksesoris berwarna senada.

Hasilnya, tidak hanya tampil lebih fun, ruangan juga tampak semakin terang.

Blok warna hijau sebagai kombinasi Blok warna hijau sebagai kombinasi (www.decoist.com)
Selain mengaplikasikan blok warna kuning, Anda juga bisa menemukan sentuhan hijau di beberapa sudut, termasuk pada dinding partisi.

Sama seperti warna kuning, untuk menyatukan warna hijau ke dalam keseluruhan desain, desainer juga menggunakan beberapa aksesoris dengan warna senada.

2. Perabotan dengan Warna-warna Terang Menambah Semarak Suasana

Perabotan dengan warna terang sebagai pelengkap Perabotan dengan warna terang sebagai pelengkap (www.decoist.com)
Teknik blok warna termasuk cara yang paling banyak digunakan orang-orang yang ingin melakukan renovasi, namun memiliki dana terbatas.

Selain menerapkan blok-blok warna di berbagai sudut, Anda perlu menambahkan beberapa perabotan berwarna.

Kombinasinya dengan blok-blok yang ada juga merupakan ide unik yang diterapkan di apartemen Barcelona ini.

Pada desain ruang kerjanya, Anda akan mendapati sebuah kursi merah mencolok yang dipasangkan dengan meja kaca transparan.

Untuk menciptakan kesan seragam dengan sekelilingnya, pemilik rumah memilih alas mouse, telepon, dan wadah alat tulis gantung dengan warna senada.

3. Cahaya Melimpah Memaksimalkan Seluruh Tampilan Apartemen

Cahaya alami yang melimpah menyorot desain ruangan secara maksimal Cahaya alami yang melimpah menyorot desain ruangan secara maksimal (www.decoist.com)
Keunggulan apartemen dengan gaya minimalis ini sebenarnya sudah tampak luas berkat dukungan sumber cahaya alami dari berbagai sudut.

Setiap sisi ruangan tampak menyala secara merata, mengusir kesan gelap yang mungkin timbul.

Sementara itu, latar belakang serba putih terdisrupsi oleh kehadiran blok-blok warna yang menjaga fragmentasi warna ke tingkat minimum.

4.BlokWarna Kuningsebagai Aksen Dapur

Blok warna kuning di dapur Blok warna kuning di dapur (www.decoist.com)
Tak mau kalah, blok warna kuning yang disematkan di area dapur termasuk hal paling menarik dari desain keseluruhan apartemen.

Warna dasar putih ditimpa cat kuning dengan cara yang tidak biasa.

Warna kuning melingkupi beberapa bagian sekaligus, yakni sebagian badan kabinet dinding, jendela, hingga ubin backsplash.

Memperlihatkan konsep blok warna yang tampak begitu memikat.

Keberadaan rak terbuka juga mengubah nuansa dapur menjadi lebih cerah berkat berbagai pajangan yang berjajar di atasnya.

Beberapa material berbahan stainless steel juga menjadi sentuhan dekoratif menarik yang membuat apartemen ini semakin nyaman dan menarik dipandang mata.

Terbukti, Anda tidak memerlukan dana besar untuk memberikan sentuhan baru ke dalam tempat tinggal.

Ide blok warna dipadukan pemilihan aksesoris dan perabotan berwarna senada adalah cara cerdas yang layak Anda coba. Tertarik?


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Tiga Pilihan Warna Meriahkan Hari Raya
JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen cat Dulux, AkzoNobel Indonesia meluncurkan Dulux Visualizer untuk menemukan inspirasi warna cat dinding yang tepat pada perayaan Idul Fitri 2020. President Director PT ICI Paints Indonesia Indra Laban mengatakan, perusahaan merilis aplikasi tersebut guna memberikan pilihan warna yang cocok untuk diterapkan pada dinding rumah. DenganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
10 Pilihan Tanaman Interior, Cocok Bagi Pemula
KOMPAS.com - Karakternya yang menyegarkan menjadikan tanaman kerap dipilih sebagai  elemen dekorasi. Apalagi, tanaman juga mempunyai beragam bentuk, ukuran, dan warna yang mampu memberi nuansa yang berbeda-beda. Namun bagi pemula, memilih tanaman sebagai elemen dekorasi interior tentunya menjadi tantangan tersendiri. Selain karena tidak semua tanaman dapat tumbuh baik dalam ruang, beberapa tanaman indoorBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Intip 4 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Buat Tamu
KOMPAS.com - Semua pemilik rumah tentu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang menginap di rumah mereka, salah satunya menyediakan kamar tidur nyaman. Dengan menyajikan kamar tidur yang nyaman, tamu tentu merasa dihargai oleh pemilik rumah. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara mendesain kamar tidur khususBaca Selengkapnya