Spinner Icon

10 Inspirasi Desain Kamar Mandi Modern Beserta Tipsnya Membangunnya!

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 3 April 2023
Table of Contents:

Salah satu bagian dari rumah yang memiliki ruang paling sedikit dan sudah pasti ada di setiap hunian adalah kamar mandi. Karena perannya yang penting, membuat kamar mandi kini semakin diperhatikan dan dianggap esensial dalam sebuah rumah. Seiring dengan perkembangan gaya hidup yang modern, sekarang kamar mandi tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat untuk membersihkan diri, tetapi juga untuk merelaksasikan tubuh. Oleh karena itu, ruangan kamar mandi sangat perlu dijaga kebersihan, keindahan, dan keteraturannya agar para penghuni dapat menggunakannya dengan nyaman.

Untuk itu, diperlukan desain kamar mandi modern yang tepat untuk membantu kamu merelaksasikan diri di kamar mandi. Tampilan desain kamar mandi modern umumnya tampil menawan dan kekinian agar nyaman untuk digunakan. 

Tips Menciptakan Desain Kamar Mandi Modern

Untuk menciptakan desain kamar mandi modern yang baik, penting bagi kamu untuk memperhatikan beberapa hal berikut terlebih dahulu: 

  1. Memilih style yang cocok untukmu

Gaya desain kamar mandi harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penghuni rumah. Desain kamar mandi hadir dalam berbagai jenis gaya. Mulai dari modern, tradisional, minimalis, mewah, klasik, dan masih banyak lain. Bagi kamu yang memiliki ruangan tidak terlalu besar, maka kamu bisa terapkan desain kamar mandi modern minimalis. 

  1. Membagi kamar mandi menjadi dua area

Untuk membagi area kamar mandi, kamu bisa menggunakan partisi seperti dinding kaca, shower curtain dan masih banyak lagi. Dengan begitu cipratan air ketika mandi tidak akan membasahi area kering. Kamar mandi basah akan membuat kamar mandimu terlihat kotor. 

  1. Menyediakan tempat penyimpanan barang

Kamar mandi modern harus terlihat bersih dan rapi agar dapat nyaman digunakan. Oleh karena itu, kamu perlu menyediakan ruang khusus untuk menyimpan berbagai perlengkapan mandi. Kamu dapat menggunakan rak kabinet lemari atau laci meja untuk menyimpannya.

  1. Pemilihan lantai yang tepat

Lantai terdiri dari berbagai macam tekstur dan warna. Sehingga penting bagi kamu untuk memilihnya berdasarkan pengguna kamar mandi tersebut. 

Apabila pengguna sebagian besar orang tua atau anak kecil, maka kamu tidak boleh memilih lantai berbahan keramik. Sebab keramik jauh lebih licin dan tidak memiliki daya resistansi yang dapat membahayakan keselamatan penggunanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan keramik porselen. Keramik jenis ini sangat mudah dibersihkan dan hadir dalam berbagai motif, mulai dari batu atau kayu. 

Inspirasi Desain Kamar Mandi Modern

Setelah memahami berbagai tipsnya, tentunya kamu ingin segera membuat kamar mandi modern di rumahmu. Kami telah merangkumkan beberapa inspirasi desain kamar mandi modern terbaik untuk kamu!

  1. Tampilan bersih dengan dominan putih

Untuk menampilkan kesan bersih yang menyeluruh dan maksimal, kamu bisa menerapkan warna putih dalam kamar mandimu. Tambahkan tanaman hias indoor agar terkesan natural. 

Dalam tampilan bersih, pencahayaan dan pengudaraan di dalam kamar mandi tidak kalah penting. Kamu bisa menambahkan beberapa elemen seperti jendela dan ventilasi. Dengan begitu, sirkulasi udara pada kamar mandimu akan lancar dan pencahayaan yang terang juga bisa membuat penghuni semakin nyaman.

  1. Desain modern dengan kesan maskulin

Tidak hanya warna putih yang digunakan dalam desain modern, warna hitam juga kerap ditambahkan untuk menciptakan kesan maskulin. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan warna-warna gelap sebagai alternatifnya.

Pelapis lantai berbahan kayu juga bisa kamu gunakan dalam menciptakan desain kamar mandi modern agar terlihat lebih cantik. Namun, kini pelapis kayu sudah hadir dalam berbagai jenis dan model. Keramik lantai bertekstur, bermotif kayu, dan bermacam-macam warna dapat mudah ditemukan. 

  1. Aplikasikan dinding dekoratif di dalam kamar mandi

Ingin menampilkan kesan mewah di dalam kamar mandimu? Gunakan hiasan dengan berbagai ornamen. Kamu bisa menambahkan berbagai hiasan ornamen dalam menciptakan tampilan modern sekaligus mewah di dalam kamar mandimu. Mulai dari dinding, lantai, bahkan peralatan mandi dapat kamu hias agar terlihat modern.

Wallpaper tembok bermotif dan pelapis beraksen tiga dimensi dapat kamu gunakan pada dinding kering kamar mandimu supaya terlihat atraktif. 

Kemudian, tambahkan subway tile pada area dinding basah. Dengan begitu, perpaduan dinamis antara area kering dan basah akan tercipta dengan baik. Pada bagian lantai, kamu bisa menggunakan keramik bermotif, lantai berbahan marmer atau granit supaya terlihat modern sekaligus mewah. 

  1. Dominasi warna beige pada kamar mandi minimalis modern

Ternyata, konsep modern juga bisa kamu padukan dengan konsep minimalis. Untuk menciptakannya, kamu bisa mengaplikasikan warna-warna netral dan soft, seperti beige, creme, dan lain-lain.

Umumnya kamar mandi dengan desain minimalis dan modern akan terbagi menjadi dua area yaitu area shower dan area closet, yang mana keduanya dipisahkan dengan menggunakan pembatas kaca.

Meskipun kamar mandi dengan luas terbatas. Namun, dengan warna netral tadi dan tambahan cermin besar dapat membuat ruangan menjadi tampak luas. Selain itu, untuk menghemat ruangan kamu dapat menggunakan kloset dan wastafel model gantung.

  1. Desain kamar mandi dengan pencahayaan alami

Penggunaan pencahayaan alami bisa kamu gunakan agar kamar mandimu terlihat lebih modern dan tidak membosankan. Gunakan kaca jendela berukuran besar atau atap transparan agar sinar matahari dapat masuk ke dalam kamar mandi dan membuat seisinya menjadi terang. Tidak berhenti sampai disitu, sinar matahari yang masuk juga menambahkan suasana fresh di dalam kamar mandimu.

  1. Desain kamar mandi bermotif bata putih

Dinding berbata putih dapat menonjolkan gaya industrialis dan modern. Tambahkan keran, shower, bingkai kaca, atau lampu pilihan yang cocok dengan kamar mandimu agar menambah kesan indah di dalamnya. 

  1. Konsep hotel dalam desain kamar mandi

Desain yang satu ini didominasi dengan warna-warna gelap untuk menciptakan kesan elegan. Misalnya kombinasi dinding bata abstrak pada area mandi, lantai hitam dengan dinding krem pada area wastafel dapat kamu terapkan pada kamar mandimu.

Sebagai penghias, agar tidak terlihat sepi, kamu bisa menggunakan tanaman seperti lidah mertua dalam area kamar mandi. Terlebih lagi, tanaman lidah mertua juga bisa menyerap racun di dalam sebuah ruangan sehingga kamar mandimu akan lebih higienis. 

  1. Kamar mandi leluasa tanpa sekat

Jika ruanganmu berukuran kecil, tetapi kamu ingin membuat desain yang modern. Tenang, jangan khawatir! Kamu tidak perlu menggunakan penyekat masif agar kamar mandimu tidak terasa sempit dan pengap. Kamu hanya perlu menghilangkan sekat jika tidak terlalu diperlukan. Sebagai alternatif lain, kamu bisa menggunakan sekat semi terbuka yang transparan untuk melindungi area kering dari cipratan air shower head.

  1. Pengaplikasian desain yang unik

Dengan menggunakan dua kombinasi material yang berbeda, keunikan dalam kamar mandi modern bisa kamu ciptakan di dalam kamar mandimu. Gunakan dinding berbahan batu alam dan tambahkan sedikit ornamen unik di dalamnya. Kamu bisa meletakkan hal tersebut pada samping kloset. Untuk wastafel, gunakan bahan panel kayu yang solid agar kamar mandimu terasa bersih dan alami. 

  1. Kamar mandi coastal

Desain kamar mandi modern bergaya coastal cocok bagimu yang menyukai kesan yang kuat dan menarik perhatian. Sekilas mirip dengan gaya vintage dan Skandinavia, umumnya gaya coastal diperkuat dengan hadirnya warna-warna menenangkan. Misalnya kombinasi putih dan abu-abu muda.

Ornamen kayu damar, rotan, atau jati juga bisa kamu tambahkan pada bagian wastafel sebagai wadah untuk meletakkan handuk bersih atau pakaian kotor. Dengan begitu, kamar mandimu akan terlihat bersih dan menarik. Pada bagian lantai, kamu bisa menggunakan warna putih bersih atau lapisan kayu. 


Kesimpulan

Desain kamar mandi modern merupakan bagian penting dan esensial yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Sebelum membuatnya, penting bagi kamu untuk memilih gaya yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, elemen-elemen lainnya juga perlu kamu pilih dengan baik.

Berbagai inspirasi juga telah kami berikan terkait desain-desain kamar mandi modern, sehingga kamu tidak perlu khawatir dan bingung ketika ingin membangun kamar mandi modern sendiri.

Kamu dapat mengunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Info rumah, dekorasi, dan program-program KPR yang kami tawarkan. Klik link ini untuk menjelajahi website kami.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua