Spinner Icon

11 Inspirasi Desain Depan Rumah Terbaik

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 31 Juli 2022
Table of Contents:
  • Konsep Sederhana Cocok untuk Segala Suasana
  • Tampak Depan Ekonomis Modern
  • Tampak Depan Modern Tropis
  • Tampak Depan Minimalis Modern
  • Tampak Depan Minimalis Modern 2 Lantai
  • Konsep Tematik untuk Kalangan Muda yang Asyik
  • Tampak Depan Gaya Industrial
  • Tampak Depan Rumah Natural Modern
  • Tampak Depan Rumah Nordic
  • Konsep Out Of The Box yang Never Go Out Of Style
  • Tampak Depan Shabby Chic
  • Tampak depan Modern Ethnic
  • Tampak Depan Gaya Minimalis Jepang
  • Tampak Depan Persian Style

Fasad atau tampak depan merupakan salah satu bagian rumah yang paling banyak menarik perhatian. Tak hanya memperindah tampilan eksterior bangunan, tapi juga menjadi cermin yang menggambarkan karakter penghuni rumah tersebut.

Setiap orang ingin huniannya terlihat otentik dan enak untuk dipandang. Karena itu, desain tampak depan dibuat semenarik mungkin dengan mengacu kepada fungsi maupun konsep yang diusung oleh keseluruhan isi bangunan.

Bagi yang masih bingung dalam memilih desain tampak depan, tak ada salahnya jika kamu melihat-lihat terlebih dahulu contoh yang sudah dibuat. Berikut adalah 11 desain tampak depan rumah dengan variasi gaya yang dapat kamu jadikan inspirasi.

Konsep Sederhana, Cocok untuk Segala Suasana

Tampak Depan Ekonomis Modern


(Sumber: Arsitag)

Desain tampak depan dengan konsep ekonomis modern merupakan solusi untuk mewujudkan hunian cantik tanpa perlu terkendala biaya. Model tampak depan ini banyak diminati oleh keluarga kecil maupun kalangan muda yang baru pertama kali membeli rumah.

Karakter khas dari model fasad ekonomis modern adalah kombinasi dari single tone color, jendela top hung, dan taman kecil di bagian depan.

Tampak Depan Modern Tropis

 

(Sumber: Arsitag)

Desain tampak depan rumah yang umum kamu temukan di negara kawasan ekuator adalah modern tropis. Fasad yang mengutamakan sirkulasi udara di bagian depan rumah, kombinasi warna dan bahan alam, serta menghadirkan variasi tanaman hias memberikan kesan sejuk dalam segala cuaca.

Tampak Depan Minimalis Modern

(Sumber: Arsitag)

Konsep minimalis modern pada tampak depan rumah tak pernah gagal dalam menumbuhkan kesan elegan.

Pemanfaatan bahan besi holo, batu alam, dan dominasi warna monokrom menjadikan tampak depan rumah terlihat berkelas. Di samping itu, penggunaan atap kanopi memiliki manfaat multifungsi yang tak hanya menambah estetika rumah, melainkan juga melindungi kendaraan dari terik matahari maupun hujan.

Tampak Depan Minimalis Modern 2 Lantai

(Sumber: Arsitag)

Bagi rumah yang memiliki lebih dari satu tingkat, desain minimalis modern memberi ruang yang lebih bebas untuk berekspresi. Kehadiran balkon dan konsep asymmetrical building yang dihasilkan dari permainan geometri menambah keunikan tanpa terkesan terlalu berlebihan.

Selain itu, terdapat bagian tembok yang dapat dimanfaatkan menjadi mini vertical garden. Fitur ini merupakan solusi untuk meletakkan tanaman hijau di tengah keterbatasan lahan terbuka.

Konsep Tematik untuk Kalangan Muda yang Asyik

Tampak Depan Gaya Industrial

(Sumber: Arsitag)

Konsep industrial tengah digandrungi oleh kalangan muda, tak terkecuali dalam pemilihan tampilan fasad rumah. Pada desain tampak depan rumah industrial, finishing dengan warna netral dan material logam digunakan untuk menonjolkan karakter fleksibel dan apa adanya.

Untuk menambah nilai estetika dan penegasan pada konsep, biasanya ditambahkan pula satu warna mencolok yang diaplikasikan pada salah satu sisi bangunan maupun furniture di bagian teras depan.

Tampak Depan Rumah Natural Modern

(Sumber: Arsitag)

Fasad bangunan rumah yang mengusung konsep natural modern memiliki keunikan yang tak biasa. Pasalnya, ia berhasil memadukan keasrian ragam tanaman hias dan pemanfaatan bahan alam yang kontras dengan picture window dan bahan logam.

Menyajikan setting workspace sekaligus tempat healing, kesan work-life balance yang sempurna dapat kamu rasakan ketika melihat desain depan rumah natural modern.

Tampak Depan Rumah Nordic

(Sumber: Arsitag)

Scandinavian style atau gaya nordik merupakan konsep tema yang juga tengah happening di kalangan anak muda. Elemen yang menonjol dari tampak depan rumah skandinavia adalah pemanfaatan bahan alami seperti kayu dan pemilihan earth tone atau gelap, yang menjadikan bangunan terkesan segar namun tetap sederhana.

Selain itu, rumah dengan gaya skandinavia umumnya dibangun kokoh dan memiliki sirkulasi cahaya yang baik, sehingga memberi rasa aman dan kenyamanan ekstra bagi penghuninya.

Konsep Out Of The Box yang Never Go Out Of Style

Tampak Depan Shabby Chic

(Sumber: Arsitag)

Dicirikan dengan gaya vintage yang dilengkapi oleh arched window dan pilar yang tinggi menjulang, suasana rumah di pedesaan eropa bisa langsung kamu rasakan ketika melihat tampak depan rumah shabby chic.

Selain itu, teras dengan veranda style dan penggunaan warna pastel menjadikan tampilan depan rumah ini semakin cantik.

Tampak depan Modern Ethnic

(Sumber: Arsitag)

Sentuhan tradisional pada hunian modern selalu berhasil menumbuhkan rasa rindu terhadap kampung halaman, seperti tampak depan rumah bertema modern ethnic berikut ini.

Di bagian teras, atap yang terbuat dari susunan genteng tanah liat berpadu dengan tiang batu bata yang diplester dan dicat putih menampilkan kesan seolah tengah berada di rumah joglo, yang merupakan rumah adat D.I. Yogyakarta.

Tampak Depan Gaya Minimalis Jepang


(Sumber: Arsitag)

Terkenal dengan kesan sejuk namun tetap hangat, model hunian minimalis modern yang terinspirasi dari budaya Jepang cocok bagi kamu yang menyukai kesederhanaan dan nilai seni.

Tampilan depan rumah minimalis modern ala jepang dicirikan dengan penggunaan warna single tone yang dipercantik dengan kusen kayu pada jendela dan loster bata merah. Selain itu, penambahan lantai kayu dan bonsai juga dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan kesan seolah benar-benar berada di negeri matahari terbit.

Tampak Depan Persian Style


(Sumber: Arsitag)

Seperti rumah berkonsep timur tengah lainnya, tampilan depan hunian dengan gaya persia ini juga memanjakan mata.

Pemilihan warna gading yang dilengkapi dengan motif ukiran di dinding dan jendela boven memberikan kesan artistik dan megah yang menonjolkan keindahan 1001 malam.

Kamu juga bisa mencari rumah yang menawarkan berbagai desain fasad di sini.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua