Spinner Icon

14 Ide Segar Untuk Eksplorasi Kamar Tidur

Author Image
Info Terbaru · 1 November 2019

Sudah mencoba berbagai cara untuk menciptakan nuansa mewah di setiap ruang dalam rumah Anda ? Namun sudahkah Anda mencoba hal tersebut untuk kamar Anda sendiri? Memang isi kamar mungkin bukan area yang paling sering dilihat oleh orang lain ataupun menjadi sesuatu yang Anda pamerkan ketika menerima tamu. Tapi hal ini layak dicoba karena menjadikan kamar tidur sesuatu yang mewah pasti membuat perbedaan signifikan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimanapun, Anda harus menganggap kamar tidur sebagai sebuah oase pribadi,  sebuah tempat bersantai dan memulihkan diri setelah hari yang panjang. Namun bagaimana Anda mendapatkan tampilan dan mood yang sesuai untuk membantu menginspirasi Anda?

Silahkan coba ide-ide tentang mengubah kamar tidur berikut yang bisa Anda pertimbangkan.


1. Bermain dengan pola




Dengan permainan visual dari pola-pola berlapis yang terdiri dari gabungan bentuk menarik, Anda telah menciptakan suasana yang membuat mata terus bergerak dan membuat Anda terus menerima stimulasi visual.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai, coba gunakan hanya tiga hingga empat pola berbeda yang disematkan oleh sisipan padat seperti sprei yang memiliki warna yang sama untuk konsistensi. Dengan cara ini Anda akan dapat menghadirkan konsep kekinian tanpa terlihat terlalu terkoordinasi atau acak.


2. Permainan nada warna yang berani



Kalau berbicara tentang kamar tidur yang memberi kesan menenangkan dan tetap stylish tanpa terkesan hambar dan kaku, maka bermain nada warna di kamar tidur bisa membuat perbedaan yang besar.  

Dengan tetap menggunakan beragam corak dari satu warna tunggal, mata Anda akan terus bergerak dengan tetap menghadirkan penggunaan style yang sesuai. Bahkan, dengan mencampur variasi yang tepat dari satu warna, alih-alih hanya mengandalkan sprei berwarna putih dan tempat tidur putih polos, kamar tidur Anda akan terlihat lebih mewah.


3.  Jangan lupakan bantal dekoratif



Ide-ide kamar tidur yang benar-benar elegan tidak akan lengkap tanpa beberapa bantal untuk membuat tempat tidur Anda senyaman mungkin sambil memperkenalkan warna dan pola dengan porsi yang pas.

Atur tata letak bantal dan agar terlihat serasi. Untuk inspirasi, pertimbangkan kamar tidur di atas dengan bantal-bantal indah yang dipasangkan agar benar-benar memberikan kesan gaya pada dekorasinya.

4. Lipat duvet anda menuju kaki



Untuk kesan santai dan tidak formal di tempat tidur yang akan memudahkan Anda merapikan tempat tidur di pagi hari, pertimbangkan untuk melipat selimut atau penutup di sepanjang kaki tempat tidur Anda seperti di atas.

Cara tersebut akan menambahkan kedalaman pada tempat tidur Anda dan membuat kamar tidur Anda tampak lebih besar dari yang sebenarnya. Hal yang sama berlaku untuk selimut dan penutup kaki yang melapisi satu sama lain.

5. Coba menampilkan sesuatu yang kontras

Berbicara tentang ide-ide kamar tidur yang modern, maka tren saat ini cenderung kurang menampilkan keseragaman seperti di masa lalu. Jadi, jika perpaduan antara gaya print dan pola bukan untuk Anda, pilihlah kontras yang berani untuk membantu mewujudkan kamar tidur yang Anda inginkan .

Hal tersebut bisa semudah mencampurkan warna hitam dan putih, atau Anda bisa memilih perpaduan yang sedikit lebih halus dengan nuansa pastel yang dipasangkan satu sama lain.

6. Pertahanan kesan santai

Seperti yang kami katakan sebelumnya, ide-ide kamar tidur yang cukup tren saat ini membutuhkan pendekatan yang jauh lebih santai, tidak terlalu kaku dan lebih nyaman. Untuk mendapatkan tampilan yang benar, cobalah untuk membawa setidaknya satu selimut yang besar dan tutupi tempat tidur Anda dengan selimut tersebut, sekali lagi, letakkan pada sudut tempat tidur.

Lagi pula, tidak ada yang mengalahkan perasaan beristirahat dengan nyaman di bawah selimut besar yang lembut saat disentuh. Secara umum, meskipun Anda menginginkan kesan mewah serasa tinggal di hotel bintang lima, ada sesuatu yang terasa ganjil dengan menghadirkan nuansa seperti hotel di kamar Anda sendiri.


7. Tutupi Tempat Tidur Anda Dengan Selimut




Kebanyakan orang cenderung tertarik pada konsep kamar tidur serba putih karena memberikan nuansa yang bersih dan nyaman sehingga terlihat gampang kotor, pikirkan untuk menutupi tempat tidur Anda dengan selimut setiap hari sehingga Anda bisa berbaring tanpa khawatir membuat tempat tidur berantakan.

Lagi pula, tidak ada yang bilang bahwa ide-ide dekorasi tempat tidur harus mengutamakan aspek praktis daripada estetika? Dan bahkan lebih baik jika Anda memiliki beberapa selimut untuk dipilih sesuai dengan suasana hati.

8. Jaga Keseimbangan

Tentu pola dan pilihan warna tidak ada habisnya ketika membahas ide-ide tempat tidur, namun, karena ini adalah tempat istirahat, jaga keserasian guna menjaga ruang terasa seimbang untuk tidur malam yang nyenyak.

Dengan mencari ide-ide dekorasi tempat tidur terkoordinasi yang terbatas pada tiga warna, pola, atau cetakan, Anda pasti akan menciptakan perasaan yang mudah di mata sambil membantu Anda untuk bersantai dengan lebih baik di akhir hari yang panjang.

9. Bermain Dengan Tekstur




Bahkan jika Anda menggunakan ide-ide dekorasi tempat tidur dengan warna solid, pertahankan tampilan dan rasa mewah dengan mulai menggunakan perpaduan tekstur melalui selimut rajut, rumbai, bantal dekoratif, atau selimut bertekstur.

Dan yang terbaik, ide-ide ini tidak membutuhkan banyak biaya karena Anda dapat dengan mudah mendapatkan selimut rajutan dengan harga terjangkau di berbagai tempat. Pastikan barang-barang tersebut mudah dicuci dan bisa tahan untuk pemakaian sehari-hari.

10. Gunakan Coverlet Dua Sisi

Ide-ide tempat tidur yang stylish dan praktis dan serbaguna, coba gunakan coverlet yang reversible (dua sisi atau bolak balik) atau selimut comforter sehingga Anda dapat dengan cepat mengubah tampilan dan nuansa kamar tanpa harus mengubah apa pun sepenuhnya.

Dan jika kita melihat ide-ide tempat tidur yang tren saat ini, tidak ada yang mengalahkan perasaan mendapatkan dua tampilan untuk satu harga.

11. Coba Gunakan Pola Bungan Vintage

Ide-ide dekorasi tempat tidur dengan tema bunga mungkin mengingatkan pada era 80-an dan masa kejayaannya, tetapi ketika Anda menggunakan pola cetak floral klasik, hal ini tentu membangkitkan nostalgia.

Namun agar tidak terkesan terlalu tua atau ketinggalan jaman, gunakan pola yang dicetak tidak terlalu rapat dan hanya menggunakan 2 warna.

12. Tempat Tidur Yang Serba Putih

Jika Anda mencari ide-ide tempat tidur yang timeless dan tidak akan pernah ketinggalan zaman, tidak ada yang mengalahkan tampilan dan nuansa tempat tidur putih, karena tampilannya akan tetap sangat minimal untuk tahun-tahun berikutnya.

Kunci untuk ide tempat tidur putih kekinian adalah untuk mencari barang dengan kualitas bahan terbaik karena Anda akan perlu mencucinya lebih sering. Tempat tidur berkualitas rendah akan lebih cepat memudar dan menua daripada yang Anda bayangkan.

13. Koordinasi Warna

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, ide-ide dekorasi tempat tidur itu sebenarnya tentang menemukan padu padan yang sempurna, jika Anda menginginkan warna inspiratif di kamar Anda, pikirkan warna-warna komplementer untuk hasil terbaik.

Dan untuk menjaga agar hasilnya sesuai dengan nilai investasi Anda, pilihlah ide-ide tempat tidur warna-warni yang cocok satu sama lain, karena warna-warna kurang cocok akan menjadi pengalih perhatian dan membuat Anda tidak nyaman.

14. Coba Motif Garis-Garis

Untuk menghadirkan kesan preppy untuk konsep kamar tidur yang tidak lekang oleh waktu, motif stripe atau garis bisa membangkitkan jiwa muda dan rasa eksplorasi dengan segera. Menggunakan motif dan pola garis bisa membuat kamar tidur Anda terlihat lebih besar, karena menimbulkan kedalaman sebagai efek dari garis memanjang di dalam kamar.   

Selain itu karena motif tersebut memang terkesan klasik bahkan tradisional, ide ini juga tidak memandang jender, cocok untuk pasangan, kamar anak-anak, bahkan siapapun yang ada di dalam rumah. Cukup pastikan bahwa Anda menggunakan kombinasi warna yang ramah untuk mata sehingga tidak cepat bosan.





 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua