Spinner Icon

3 Cara Ciptakan Kamar Mandi Jadi Ruang Spa Pribadi

Author Image
Admin BTN Properti
Info Terbaru · 26 Desember 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ruangan di dalam rumah yang memiliki peran penting adalah kamar mandi. 

Kamar mandi tak hanya berfungsi sebagai tempat membersihkan tubuh, tapi juga tempat yang biasanya digunakan untuk bersantai.

Namun, tahukah Anda bahwa kamar mandi juga bisa dijadikan tempat spa? Apakah anda tertarik mengubah kamar mandi milik Anda menjadi tempat spa?

Melansir dari Zing! berikut tiga cara ubah kamar mandi Anda jadi tempat spa yang nyaman.

1. Ciptakan skema warna tenang

Apa warna yang muncul di benak Anda ketika berpikir tentang kata tenang? Mungkin Anda akan menjawab warna biru maupun hijau.

Begitu juga sebaliknya, para ahli sepakat bahwa warna memiliki dampak besar pada suasana hati.

Jadi, ketika Anda memutuskan warna apa yang akan mewarnai kamar mandi spa Anda, pilihlah warna yang sudah terbukti mengurangi stres dan menenangkan pikiran.

"Warna adalah salah satu cara termudah untuk menciptakan perasaan di sebuah ruangan," jelas pemilik Design Solutions KGP Karen Gray-Plaisted.

Mengapa Anda harus menciptakan skema warna tenang? Sebab, kamar mandi memiliki begitu banyak permukaan yang keras, sehingga Anda harus menggunakan warna yang beresonansi dengan ketenangan.

Matt Kunz, President Five Star Painting, sependapat dengan Karen Gray-Plaisted bahwa mengecat dinding dan langit-langit kamar mandi dengan warna tenang dapat membuat dampak besar.

Dia juga menyarankan menggunakan warna cat pipih atau matte, karena menyerap cahaya dan menciptakan tampilan yang halus untuk ruangan dengan cahaya rendah.

2. Atur suasana hati dengan pencahayaan

Sama seperti warna, pencahayaan juga dapat memengaruhi suasana hati Anda. Jadi, memilih pencahayaan yang tepat untuk kamar mandi Anda dapat membuat Anda terasa seperti berada di tempat spa mewah yang sebenarnya.

Pakar kesehatan Caleb Backe mengatakan bahwa di tempat spa biasanya menggunakan cahaya lilin untuk menciptakan suasana yang menenangkan. Ia menyarankan agar Anda juga dapat menambahkan lilin di kamar mandi spa Anda.

"Melihat lilin adalah hal yang membuat lingkungan menjadi santai. Anda pastinya menginginkan pencahayaan di kamar mandi spa Anda mencerminkan hal itu," kata Backe. 

Peredupan atau penerangan cahaya dapat disesuaikan untuk menciptakan lingkungan yang sempurna di kamar mandi spa Anda.

Backe juga menyarankan untuk menambahkan lampu sorot lantai atau cahaya di sekitar perlengkapan bathtub maupun wastafel.

3. Tambahkan aroma yang menenangkan

Jika Anda pernah berada di dalam spa, Anda tahu bahwa aroma memainkan peran utama untuk relaksasi jiwa.

Aroma yang paling banyak digunakan pada tempat spa mulai dari lavender ke eucalyptus maupun melati ke mint.

Setiap aroma dapat membangkitkan respons emosional tertentu dalam kedamaian, ketenangan, atau penyembuhan penyakit.

"Setiap minyak esensial secara positif mempengaruhi sistem saraf pusat Anda. Tentu saja ini sangat cocok untuk mendapatkan pengalaman spa seperti itu," kata Backe.

Jika Anda tidak tahu harus memulai dari mana, Anda dapat membeli campuran minyak atsiri yang menenangkan dan diffuser untuk mendapatkan pengalaman spa yang lengkap.

Lilin tak hanya berfungsi sebagai sumber cahaya tambahan di ruangan, tapi juga dapat menggabungkan aroma dalam ruang.

Namun, jika Anda tidak yakin untuk membiarkan lilin menyala ketika Anda mandi atau berendam, Anda dapat menggunakan diffuser minyak esensial untuk menciptakan efek yang sama.


Sumber : properti,kompas.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua