Spinner Icon

4 Cara Jitu Kelola Keuangan untuk Memulai KPR, Nomor 4 Penting Banget!

Author Image
Nabila Azmi
Informasi Produk dan Layanan · 18 Mei 2022

Milenial dan Gen-Z diprediksi akan sulit memiliki rumah sendiri. Hal ini bukannya tanpa alasan, harga rumah yang terus meningkat dan lahan perumahan di lokasi strategis yang semakin terbatas menjadi salah satu alasan sulitnya milenial dan Gen-Z memiliki rumah sendiri. Biasanya kenaikan harga rumah berkisar di 7% per tahun, sehingga semakin kamu menunda memiliki rumah biasanya harganya pun akan semakin mahal. Menunda membeli rumah dan semakin lama mengumpulkan dana, terkadang bukan menjadi solusi. Karena usia yang terus bertambah sedangkan beberapa bank memiliki usia maksimal untuk mengajukan KPR. Agar kamu terhindar dari kesulitan memiliki rumah di usia muda, berikut hal yang bisa kamu lakukan agar rumah impianmu dapat segera terwujud.

 

1. Tentukan Target

Survei rumah atau lokasi untuk mengetahui harga rumah yang kamu incar. Pilih rumah yang sesuai dengan penghasilan kamu. Kamu bisa cek di sini untuk menghitung harga rumah maksimal yang bisa kamu miliki sesuai dengan penghasilan. Harga rumah incaran kamu dapat dijadikan target berapa dana yang harus kamu kumpulkan. Persiapkan dana 10-30% dari harga rumah yang kamu incar. Meskipun ada yang bank yang menyediakan DP 0% namun kamu perlu dana untuk pajak pembelian, asuransi, biaya bank, dan lain sebagainya.

2. Menabung dan Investasi

Agar tujuan memiliki rumah segera tercapai, kamu perlu disiplin dalam menabung. Sisihkan 30% dari penghasilan untuk kamu tabung dan investasikan. Sesuaikan jenis investasi dengan jangka waktu. Untuk uang muka rumah kamu dapat menginvestasikan uang dalam bentuk investasi yang lebih aman, seperti emas, deposito, dan reksadana.

3. Side Hustle

Kamu bisa menjalankan side hustle untuk menambah penghasilan dan agar impianmu memiliki rumah cepat terwujud. Kamu bisa memilih side hustle yang dapat dilakukan secara online tanpa mengganggu pekerjaan utamamu, seperti affiliator e-commerce, content creator, kontributor foto, dan lainnya yang bisa disesuaikan juga dengan hobi kamu.

4. KPR BTN Gaess

KPR BTN Gaess bisa jadi solusi buat kamu untuk mewujudkan rumah impian. KPR ini cocok untuk kamu yang berusia 21-40 tahun dan memiliki penghasilan tetap. Uang mukanya bisa mulai dari 0% (sesuai ketentuan yang berlaku). Jangka waktu kredit panjang hingga 30 tahun untuk KPR dan 20 tahun untuk KPA, jadi cicilan pun bisa jadi lebih ringan.

Tunggu apa lagi? Kunjungi Indonesia Properti Expo 2022, 15-22 Mei 2022 di Hall A JCC, Jakarta untuk menemukan rumah impianmu dan dapatkan promo menarik suku bunga mulai dari 2,22%. Selain itu, kamu juga bisa dapat bebas biaya provisi, admin, dan diskon asuransi. Cuan banget kan!

Sumber:

Mungkinkah Milenial bisa Beli Rumah di Usia 25 Tahun? .:: SIKAPI ::. (ojk.go.id)

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua