Spinner Icon

4 Kebiasaan Yang Bisa Bikin Rumah Selalu Bersih

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 20 Maret 2020

Banyak hal kecil yang bila terus dilakukan akan menjadi kebiasaan yang baik dan positif. Namun jika kebiasaan ini mulai ditinggalkan maka kerugiannya akan sangat terasa. Hal kecil ini mungkin bukan sesuatu yang luar biasa, atau nampak "sibuk" di depan mata. 


Ingat momen seperti melakukan vakum pada sofa, atau tunggu sampai kamu kehilangan remot televisi sehingga terpaksa mengangkat bantalan sofa yang ternyata menyimpan debu di dalamnya. 


Sumber: Pexels


Maka dari itu, cobalah untuk melakukan hal-hal kecil berikut untuk menjaga rumah hingga menjadi sebuah kebiasaan yang baik.


  1. Melipat Pakaian Bersih 




Sumber: Pexels


Mungkin kemampuan Anda mencuci dan membersihkan pakaian sudah tidak diragukan lagi. Namun sampai kapan tumpukan baju yang menunggu di dalam keranjang itu akan rapi dengan sendirinya?


Kebiasaan melipat pakaian segera setelah pakaian itu kering, bahkan masih hangat, adalah kenikmatan tersendiri. Tidak hanya kebiasaan ini bisa mengurangi lipatan kusut pada pakaian, bahkan mengurangi waktu untuk menyetrika nantinya.


Hal ini dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menunggu pakaian hingga kering sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal lainnya.


  1. Mengembalikan Sepatu Pada Tempatnya Setelah Selesai Digunakan




Sumber: Pexels


Sepatu tidak digunakan setiap waktu setiap harinya. Anda hanya menggunakannya ketika keluar rumah dan ketika sampai kembali di rumah pun sepatu akan dilepas bukan? 


Jadikan kebiasaan mengembalikan sepatu sebagai bagian dari merapikan rumah. Untuk Anda yang membiasakan menggunakan sepatu di dalam rumah, mungkin situasinya lebih mirip dengan menganggap sepatu seperti kaos kaki: sepatu akan berada di mana si pemilik beraktivitas.


Memungut sepatu yang berserakan di sekitar rumah bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Hal ini juga membuat orang-orang di sekitar Anda yang harus selalu mengingatkan menjadi tidak nyaman. 


Sediakan tempat khusus untuk sepatu semua orang, dan jadikan hal ini sebuah latihan agar mereka juga meletakkan sepatu pada tempat yang seharusnya. 


  1. Mencuci Alat Makan Yang Kotor

Memang lebih mudah meletakkan piring kotor di wastafel yang sudah ditempati oleh piring dan gelas kotor, namun sebaliknya dengan wastafel yang selalu terlihat bersih dari piring kotor. Hal ini akan membuat seseorang berpikir terlebih dahulu.  

 

Mencuci piring dan gelas kotor dengan segera akan membuat wastafel selalu kosong dan menjadi pengingat bagi orang lain untuk ikut serta mencuci alat makan mereka. Selain itu mencuci dengan segera akan membantu Anda mengurangi susahnya membersihkan noda sisa makanan nantinya. Jadikan kegiatan mencuci alat makan itu sesuatu yang tidak banyak makan waktu. 


  1. Menjaga Meja dan Permukaan Lainnya Di Dapur Tetap Bersih




Sumber: Pexels


Selalu sediakan lap bersih di dekat area makan dan cuci piring. Dengan melakukan hal ini, maka Nada tidak perlu repot mencari lap bersih setiap kali akan membersihkan area tersebut. 


Kebiasaan ini akan membantu Anda untuk selalu siap membersihkan area yang digunakan. Selain itu juga akan membantu Anda untuk tidak ikut mengotori area lainnya.


Kebiasaan untuk menjaga permukaan meja tetap bersih ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kebersihan area makan dan dapur, bahkan hingga kebersihan bagian dalam kulkas agar tetap bersih lebih lama. 


Dengan melakukan hal-hal kecil di atas hingga menjadi kebiasaan maka Anda sudah menjaga dan membuat diri Anda jadi lebih efektif di masa depan.



Sumber: Apartment Therapy


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua