Spinner Icon

4 Langkah Kecil Percantik Dapur

Author Image
Info Terbaru · 18 November 2016
Housing-Estate.com, Jakarta - Dapur merupakan bagian penting dari sebuah rumah. Fungsinya sebagai ruang untuk mengolah aneka panganan jangan kemudian membuat dapur dilupakan dari sentuhan desain maupun ornamen yang bisa semakin mempercantik ruang dapur. Terlebih lagi saat ini dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang kongkow sambil mempersiapkan beragam panganan untuk disediakan kepada seluruh keluarga maupun kerabat.


Dapur yang lebih baik secara desain maupun tampilannya, akan membuat setiap penghuni rumah memiliki kesan mendalam yang pada akhirnya membuat momen kenangan indah dengan dapurnya. Terlebih lagi di rumah yang kian mungil maupun unit apartemen yang kompak, jangan biarkan dapur menjadi ruang yang jorok sehingga digunakan hanya sesuai keperluannya saja.


Sekurangnya ada empat hal yang bisa kita lakukan untuk mempercantik dapur tanpa perlu melakukan renovasi total. Kegiatan mempercantik dapur ini juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan yang bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Berikut 4 hal yang bisa dilakukan pada dapur di rumah:


Mengecat Dinding Kabinet


Warna akan memberikan nuansa yang lebih segar khususnya pada beberapa bagian dapur yang umumnya warnanya mudah kusam bahkan terkelupas akibat kelembaban yang tinggi dari proses memasak. Tidak perlu takut bermain warna, kita bisa berikan warna hijau untuk kabinet, warna krem pada dinding, kemudian berikan sentuhan coklat kayu untuk kesan natural.


Selain mengecat, alternatif lainnya bisa digunakan wall cover pada dinding dapur. Gunakan warna-warna netral seperti putih atau krem namun begitu beberapa warna menyolok seperti kuning, merah, dan lainnya bisa kita gunakan sebagai aksen untuk membuat dapur kita lebih eye catching.


Memasang Rak Tempel


rak-tempel-dapur


Rak tempel di dapur bukan hanya berfungsi untuk wadah simpan peralatan maupun berbagai tempat bumbu. Lebih dari itu, rak tempel di dapur bisa mendai elemen estetis untuk dekorasi dapur. Kita bisa memasang beberapa bilah papan dengan tambahan beberapa cantolan di bagian bawahnya. Tidak perlu memasang rak pada seluruh bagian dinding, proporsionalkan dengan luasan dan kebutuhan kita terkait dengan berapa banyak peralatan dapur yang harus disimpan di situ.


Manfaatkan Pecah Belah Sebagai Hiasan


Keluarkan beberapa mangkuk atau piring keramik dengan berbagai motif maupun warna untuk diletakan pada rak tempel yang kita pasang. Cantolkan sederet mug pada cantolan rak, dengan begitu kita mendapatkan tempat simpan sekaligus tampilan yang lebih estetis.


Tambahkan Aksesori


Beberapa peralatan makan yang kita miliki yang berbahan kayu seperti sendok, garpu, cangkir, tatakan, dan lainnya, bisa kita jadikan aksesori yang dipajang untuk mempercantik tampilan dapur. Aksesori lainnya yang bisa digunakan antara lain pot-pot kecil dengan tanaman sukulen (kaktus) yang lucu yang bisa kita letakan di jendela dapur maupun sudut-sudut lainnya. Dengan aksesori kecil ini bisa membuat dapur kita jadi lebih cantik.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua