Spinner Icon

4 Pendingin Ruangan untuk Hunian agar Tetap Sejuk dan Tidak Panas

Author Image
Info Terbaru · 9 Februari 2021
Table of Contents:

Pendingin Ruangan sangat diperlukan untuk mengusir hawa panas di siang hari atau malam hari. Terutama di siang hari, biasanya udara akan lebih terik dan hawa panas akan masuk ke dalam rumah sehingga membuat kamu kurang nyaman. Jika hal itu dibiarkan, maka nantinya akan mengganggu aktivitas di dalam rumah lho.

Pendingin Ruangan akan membuat ruangan di rumah tetap sejuk dan nyaman. Apalagi ketika malam hari, sangat tidak mungkin kamu membuka jendela kamar yang bisa mengganggu kesehatan. Untuk itu, kamu perlu memikirkan untuk menggunakan Pendingin Ruangan yang sesuai budget dan kebutuhan. Berikut ini beberapa jenis Pendingin Ruangan yang bisa kamu gunakan untuk hunian agar lebih nyaman.


Pendingin Ruangan AC untuk Rumah yang Dingin


(Pexels)

Bagi kamu yang menginginkan ruangan tetap dingin dan sejuk, kamu bisa menggunakan Pendingin Ruangan seperti Air Conditioning atau AC di ruangan di rumahmu. Fokuskan penempatan AC di ruangan tertentu seperti kamar tidur atau ruang tamu. Hal ini dilakukan agar kamu dan anggota keluarga tetap nyaman ketika sedang tidur atau sekadar berkumpul di ruang tamu. Kualitas tidur akan tetap terjaga dengan penggunaan AC di kamar tidur sehingga tidak akan terganggu saat beristirahat.

Untuk penggunaan AC sendiri memang membutuhkan budget yang cukup besar mengingat daya listrik yang digunakan sangat tinggi. Agar kamu tidak boros, kamu bisa menjadwalkan penggunaan AC pada malam hari dan mematikan AC ketika tidak digunakan. Lakukan perawatan AC secara rutin dengan Tips Merawat AC Rumah agar tidak mudah rusak dan selalu dingin. 


Pendingin Ruangan Hemat Listrik dengan Kipas Meja


(Pexels)

Selain penggunaan AC yang terbilang cukup mahal, kamu bisa menggantinya dengan alternatif lain yang tidak kalah bagus yaitu kipas angin. Pendingin Ruangan ini merupakan pilihan terbaik banyak orang untuk membuat ruangan tetap sejuk. Kipas angin dijual dengan berbagai model serta harga yang beragam sesuai dengan ukuran dan kualitasnya.

Tidak hanya harganya yang terjangkau, kipas angin termasuk cukup hemat listrik lho. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan biaya listrik yang membengkak, malahan kamu bisa berhemat dan menabung. Kipas angin memiliki macam jenis dan model yang cukup beragam mulai dari kipas angin meja, ceiling fan, atau kipas dinding. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari serta budget yang dimiliki. 


Exhaust Fan Hemat Energi untuk Pendingin Ruangan


(Pexels)

Pendingin Ruangan sangat banyak macamnya mulai dari yang mahal sampai yang murah. Semua bisa disesuaikan berdasarkan keinginan dan selera kamu sebagai pemilik rumah. Usahakan untuk memilih Pendingin Ruangan dengan kualitas terbaik dan tidak terlalu memberatkan untuk biaya listrik. Sehingga kamu bisa berhemat dan hunian terhindar dari hawa panas yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Untuk lebih hemat energi, sebaiknya kamu menggunakan exhaust fan di rumah. Biasanya exhaust fan ditempatkan di ruangan tertutup seperti dapur atau kamar mandi. Alat ini sering digunakan untuk mengusir hawa panas. Fungsinya hampir sama dengan kipas angin sehingga banyak orang menggunakan exhaust fan di ruang kamarnya.

Cara kerja dari exhaust fan sendiri yaitu menyerap udara panas ke luar ruangan yang akan membuat ruangan lebih sejuk dan udara kotor bisa terbuang ke luar.

Agar lebih maksimal, kamu bisa juga menggunakan tanaman hias yang dapat menyerap udara kotor dan mengubah menjadi udara bersih yang sejuk seperti kaktus. Selain beberapa jenis alat elektronik di atas sebagai Pendingin Ruangan, kamu juga bisa menggunakan air coolercooling pack, atau cooling fan buatan sebagai alternatif lainnya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua