Spinner Icon

5 Cara Mudah Merawat Rumah Selama WFH

Author Image
Info Terbaru · 18 April 2020

Banyak hal yang bisa dilakukan selama harus berada di rumah karena masa pandemi saat ini. Mempercantik rumah pun bisa jadi pilihan dan tentunya menghadirkan tantangan baru bagi Anda. Meski punya banyak waktu luang, tak semua peralatan yang dibutuhkan mungkin tersedia di rumah. Sementara kegiatan yang bisa dilakukan pun cukup yang aman-aman saja agar tidak membahayakan diri. 


Anda tidak perlu khawatir, masih banyak hal yang bisa Anda selesaikan, mulailah dari hal-hal yang sederhana seperti yang akan kami sampaikan dalam artikel ini. Kebutuhan yang perlu Anda sediakan di antaranya adalah sisa cat yang masih bisa digunakan, alat pertamanan sederhana, dan perkakas yang ada di rumah, semuanya ini sudah cukup untuk menyelesaikan hal-hal mudah ini.


  1. Mendayagunakan Cat Sisa

Jika Anda masih menyimpan persediaan cat di rumah yang belum terpakai, mengapa tidak digunakan? Untuk hasil yang baik, pertimbangkan untuk mengecat ulang pintu depan atau pintu interior dengan warna yang kontras. Percayalah bahwa hasilnya akan membuat anda tercengang karena efeknya yang dramatis, membuat pintu Anda lebih segar seketika. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengecat pintu Anda.


Gunakan sisa galon cat untuk mengubah tampilan perabotan tua menjadi lebih modern atau cat dinding yang selama ini selalu anda perhatikan, namun belum sempat Anda cat sendiri. Cobalah menggunakan warna-warna yang berani, dan karena Anda mungkin tidak akan menerima tamu dalam waktu lama, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menentukan warna apa yang Anda sukai.


Jika sisa cat anda hanya sedikit, gunakan untuk menambal bagian cat yang pudar di dalam rumah. Sentuhan cat baru akan menampilkan kesegaran yang tak pernah Anda duga sebelumnya.


  1. Menyiangi Tanaman Lebih Awal


Untuk Anda yang memiliki halaman, ini saatnya untuk mempercantik bidang yang mungkin belum sempat Anda percantik selama ini. Mulailah dengan merapikan rumput halaman dan menyingkirkan dedaunan, tangkai atau sampah yang menumpuk. 


Jika Anda menemui rumput liar yang tumbuh di sela-sela lantai dan bata, gunakan pemotong rumput khusus atau sikat yang berbulu baja. Dengan waktu luang yang Anda miliki saat ini, kegiatan merapikan rumput di halaman pun bisa jadi terasa memuaskan.


  1. Memulai Kebun Kreasi Sendiri


Menanam bahan makanan sendiri tentunya sempat terpikirkan selama masa karantina ini. Anda bisa memulai meskipun halaman atau bidang kosong di rumah tidak begitu besar. Merasa kurang berbakat dalam hal menanam? Jangan khawatir, mulailah dengan tanaman yang mudah untuk diurus di dalam rumah.


Bermimpi untuk memiliki kebun kecil sendiri di rumah untuk pertama kalinya? Cobalah membuat daftar kebutuhan yang sederhana untuk membantu Anda mengetahui kebutuhan penting, mulai dari cahaya matahari hingga tipe tanah yang harus dimiliki. Kemudian, terus perhatikan, jika perlu belajar tentang kalender pertanian sederhana untuk membantu Anda memilih sayuran apa saja yang akan Anda tanam selama setahun. 


  1. Tampilkan Karya Seni Atau Pasang Rak Sendiri


Coba ingat kembali jika Anda menyimpan karya seni atau rak yang belum sempat Anda pasang. Jika Anda memiliki alat pertukangan sederhana, serta material yang dibutuhkan, masa WFH ini akan menjadi waktu yang menyenangkan untuk menyelesaikan itu semua.


  1. Merawat Perabotan Kayu, Sofa Kulit, & Wajan Besi


Terkadang ada tugas merawat rumah yang kita abaikan dan seharusnya kita kerjakan secara rutin, namun seringkali kita tunda. Dalam hal ini, perabotan dari kayu kering dan wajan besi yang harus dibersihkan secara berkala. Jika Anda merasa jenuh dengan rutinitas WFH, lakukan juga hal-hal berikut agar Anda tetap aktif.


  • Mengoleskan minyak pada talenan dan perabotan rumah

  • Membersihkan dan mengeringkan wajan 

  • Membersihkan dan merawat benda-benda dari kulit



Sumber: Real Simple

Sumber Gambar Thumbnail: Pexels / La Miko


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua