Spinner Icon

7 Benda Dekorasi Kecil Yang Bisa Membuat Perubahan Besar

Author Image
Info Terbaru · 24 April 2020

Butuh sentuhan segar di dalam ruangan atau rumah namun menginginkan sesuatu yang tidak perlu biaya besar? Tampakkan diri dan pribadi Anda ke dalam ruangan, dan hal ini tidak berarti sesuatu yang butuh biaya besar atau perubahan dekorasi yang ekstrim. 

Benda-benda kecil yang tersebar di dalam ruangan pun bisa membawa ketenangan. Benda yang dimaksud pun tidak harus berarti mahal atau bernilai seni tinggi, benda kecil bisa memberikan sentuhan estetika dan menambah nilai emosional dari suatu ruang. 

Tidak peduli jika Anda baru saja memulai untuk mengubah tatanan ruang atau menginginkan perubahan kecil, benda warisan keluarga pun bisa digunakan. Benda-benda yang sudah lama tidak dikeluarkan, asal unik, bisa memberi kesan spesial dalam sebuah ruangan. Berikut tips yang bisa anda coba di rumah.

1. Bantal



Sumber: Unsplash/Content Pixie

Untuk memperkaya nuansa, Anda bisa memilih bantal yang penuh warna, berkarisma dan mengundang senyum. Salah satu cara mudah adalah dengan memilih bantal berbahan tekstil. Cukup letakkan bantal penuh warna cerah di atas sofa atau tempat tidur, dan Anda akan merasakan sesuatu yang baru. Pilih bantal dengan beragam warna untuk mencerahkan perabotan yang nampak datar.

2. Kertas Dinding Yang Mudah Dipindahkan


Sumber: CDN

Salah satu solusi untuk memperindah dekorasi adalah dengan menggunakan kertas dinding yang bisa dilepas dan ditempel ulang. Meskipun hanya digunakan pada satu bidang tembok atau langit-langit, kertas dinding dengan pola akan jauh lebih memiliki efek dibandingkan dengan lukisan yang ramai. Jika anda memiliki dana yang terbatas dan memang hanya menginginkan perubahan sementara, maka kertas dinding jenis ini dapat dengan mudah menjadi pilihan. Anda tetap bisa kreatif dengan menggunakan kertas dinding pada area dapur, lemari pakaian hingga meja makan.

3. Bingkai Foto Keluarga



Sumber: Unsplash/Mat Baxter

Fotografi bisa memiliki dampak dekorasi yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan selama ini. Saat ini kita semakin jarang mencetak foto, namun langkah ini adalah sesuatu yang harus dicoba. Sejumlah foto yang dicetak dan dibingkai akan menambahkan kesan personal dan bermakna yang tidak akan Anda temukan di toko manapun.

Apakah harus selalu foto anggota keluarga? Tidak juga. Bisa jadi foto hitam putih yang baru-baru Anda temukan dari gudang atau foto bernilai seni atau foto liburan bersama keluarga. 

4. Tanaman



Sumber: Unsplash/Brina Blum

Sentuhan hijau, baik yang organik maupun tiruan bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan sebuah ruangan. Hembuskan nafas segar dengan menempatkan pot-pot bunga di sudut ruangan. Tidak harus yang mahal namun akan membawa senyum setiap kali Anda melihatnya.

5. Cermin



Sumber: Kelsey Ann Rose

Cerahkan suasana ruang dengan menambahkan cermin di dinding. Akan lebih terasa jika Anda memiliki ruang yang kecil, dengan cara itu maka, hal-hal yang Anda sukai dari ruangan tersebut akan berlipat ganda. Letakkan agar berdekatan dengan sumber cahaya alami. Anda tidak harus membeli cermin mahal atau menggunakan cermin dengan ukuran raksasa, cukup yang sesuai dengan ruang dan selera Anda.

6. Patung Kecil

Jika Anda merasa membutuhkan sentuhan pada rak buku atau meja kecil di dalam ruangan, maka Anda bisa menambahkan patung atau figur kecil yang berwarna. Gunakan benda-benda yang ada, milik keluarga, atau kenang-kenangan dari perjalanan Anda. Selain sebagai pengingat akan masa-masa yang indah, benda ini juga akan membuat ruangan lebih hidup. Tentu Anda mungkin sering menemui hal tersebut di kafe atau internet, keindahan rak buku dan meja kopi yang dibubuhi patung atau figur kecil. Patung atau figur yang bisa Anda gunakan sungguh tak terbatas jenisnya, jadi pilih sesuai dengan mood yang Anda inginkan.

7. Lampu







Sumber: Unsplash/Jean-Philippe Delberghe


Untuk mengubah atau menyegarkan nuansa di dalam ruangan, Anda bahkan bisa menambahkan lampu dengan bentuk atau desain yang  unik bahkan menantang.

Pencahayaan, terutama lampu hias yang seringkali ada di atas meja akan menghadirkan suasana dramatis dan stylish ke dalam ruangan apapun. Coba cari lampu dengan elemen desain yang unik, bahan yang tidak biasa, atau dekoratif untuk memperbarui lampu yang sudah ada di dalam rumah. 


Sumber: ApartmentTheraphy
Sumber Gambar Thumbnail: Unsplash / Hutomo Abrianto

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua