Spinner Icon

7 Kreasi Headboard, Bikin Anda Tidur Nyaman

Author Image
Admin BTN Properti
Info Terbaru · 7 Oktober 2019

KOMPAS.com - Berbagai macam cara dapat Anda lakukan untuk mempercantik tampilan kamar tidur. Salah satunya menggunakan desain headboard tempat tidur yang menawan.

Headboard tersedia dalam beragam bentuk, ukuran, desain, serta terbuat dari beragam jenis material berbeda.

Namun, Anda tidak sekadar membeli produk headboard siap pakai. Anda juga bisa membuat desain headboard sendiri yang unik dan super kreatif sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan.

Seperti desain headboard kreatif berikut ini yang dapat dijadikan sumber inspirasi untuk mengubah tampilan kamar tidur minimalis Anda.

1. Pembatas Ruangan sebagai Headboard

Pembatas ruangan dengan pola geometri sebagai headboard
Pembatas ruangan dengan pola geometri sebagai headboard (www.freshome.com)
Desain headboard yang ada saat ini tidak terbatas pada bentuk, model, ataupun material tertentu. Anda dapat memanfaatkan benda apa saja sebagai headboard, misalnya pembatas ruangan.

Pilihlah pembatas ruangan dengan pola yang unik dan ukuran yang sesuai dengan ukuran tempat tidur. Kemudian dipasang sebagai sebuah headboard.

Anda dapat mengecat kembali pembatas ruangan tersebut menggunakan warna yang kontras dengan warna ruangan. Atau gunakan warna yang senada agar dapat berbaur dengan tema ruangan secara keseluruhan.

2. Karya Seni sebagai Headboard

Lukisan super besar sebagai headboard
Lukisan super besar sebagai headboard (www.freshome.com)
Ide berikutnya adalah menggunakan karya seni sebagai headboard dalam kamar tidur.

Sebuah mural ataupun lukisan berukuran besar dapat dijadikan headboard yang akan menjadi pusat perhatian seketika memasuki kamar.

Bila Anda punya jiwa seni, ini bisa jadi tempat yang pas untuk memajang karya seni Anda.

3. Desain Headboard dari Kayu Palet

Desain headboard yang kreatif dari bahan kayu palet
Desain headboard yang kreatif dari bahan kayu palet (www.shelterness.com)
Pemanfaatan kayu palet sebagai bahan dasar pembuatan ragam furnitur ataupun dekorasi rumah semakin populer beberapa tahun terakhir.

Tidak ada salahnya Anda menjadikan kayu palet sebagai bahan pembuatan headboard. Anda bebas melakukan banyak hal dengan material yang satu ini.

Anda dapat mengecatnya dengan warna dan pola yang Anda sukai, menjadikannya sebagai kanvas untuk melukis, menggantungkan berbagai karya seni ataupun foto, hingga membungkusnya dengan cover headboard untuk mengubah tampilannya dalam sekejap.

4. Desain Headboard dengan Macrame

Macrame sebagai headboard
Macrame sebagai headboard (www.housesparrownesting.com)
Inspirasi desain headboard selanjutnya adalah menggunakan macrame. Macrame umumnya dipergunakan sebagai bagian dekorasi rumah.

Namun dalam hal ini, Anda dapat menggunakannya sebagai headboard.

Desain, tekstur, serta warna macramé yang sangat beragam akan membuat tampilan kamar tidur Anda menjadi lebih cantik dalam seketika.

5. Kreatif dalam Penggunaan Pegboard sebagai Headboard

Pemanfaatan pegboard sebagai headboard yang unik dan multifungsi
Pemanfaatan pegboard sebagai headboard yang unik dan multifungsi (www.brit.co)
Penggunaan pegboard tidak hanya terbatas di ruang tamu atau di ruang keluarga. Anda dapat memanfaatkannya sebagai headboard yang unik dan super kreatif dalam kamar tidur.

Ceriakan suasana kamar tidur dengan pegboard warna-warni. Jangan lupa gantungkan pernak-pernik dekoratif pada papan.

Tak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan pegboard sebagai rak gantung untuk meletakkan buku favorit ataupun lampu tidur.

Sungguh cantik, kreatif, dan multifungsi bukan!

6. Gorden sebagai Headboard

Desain headboard unik dengan menggunakan korden
Desain headboard unik dengan menggunakan korden (www.amazinghome.us)
Tidak ada batasan dalam jenis material yang dapat Anda manfaatkan sebagai headboard. Kali ini, Anda dapat menggunakan gorden sebagai headboard super cantik.

Anda bebas memilih motif, pola, serta warna gorden sesuai dengan selera. Satu hal lagi, model headboard seperti ini dapat dengan mudah diganti dengan model lain untuk tampilan yang berbeda.

7. Headboard dengan Bentuk Unik yang Elegan

Bentuk unik headboard yang elegan
Bentuk unik headboard yang elegan (www.home4decor.com)
Bentuk dan desain headboard tidak terpaku pada bentuk tertentu saja. Headboard dapat menggabungkan bentuk yang unik menggunakan warna pink lembut dilengkapi bingkai berwarna emas yang membuatnya makin elegan.

Anda dapat menggunakan desain headboard seperti ini untuk kamar tidur remaja maupun orang dewasa. Tertarik untuk mencoba?

Tentunya mendekorasi bagian headboard tidak pernah gagal untuk mengubah tampilan kamar. Manfaatkan headboard sebagai wadah menyalurkan kreativitas.

Karena headboard merupakan area deadspace yang sayang sekali apabila dibiarkan kosong begitu saja.

Kalau mau lebih simpel lagi, Anda bisa memajang gambar dalam bingkai yang ditata sedemikian rupa, ataupun memasang wallpaper kesukaan.

Rasakan bagaimana kamar tidur menjadi lebih hidup dengan headboard favorit Anda.


Sumber : properti.kompas.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua