Spinner Icon

7 Tips Untuk Kamar Mandi Mungil

Author Image
Info Terbaru · 5 November 2019

Dari semua ruangan di dalam rumah, kamar mandi mendapat porsi yang cukup minim dibandingkan ruang lainnya. Namun, Anda tetap dapat memaksimalkan ruang kamar mandi yang ada dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

Kamar mandi mungkin bukan ruang terbesar di dalam rumah, tapi itu tidak berarti kita boleh melupakan dekorasi untuk ruangan tersebut atau malah tidak menggunakan ruang yang ada dengan sebaik-baiknya. Jadi, hari ini kami akan menunjukkan bagaimana memaksimalkan bahkan mendapat ruang lebih banyak di kamar mandi Anda.

1. Ruang Tempat Shower & Ubin

Gunakan ruang tempat shower daripada menggunakan bathtub. Jika Anda memiliki kamar mandi dengan ukuran mungil, menggunakan bathtub justru akan memangkas banyak ruang, sehingga terasa sempit. Menggunakan ruang shower justru menghemat penggunaan ruang.

Sementara untuk ubin yang Anda gunakan, semakin besar ubin yang digunakan, semakin luas tampak kamar mandi yang Anda gunakan. Semuanya hanyalah sekedar menciptakan ilusi. 

2. Cermin


(sumber: https://www.fabglassandmirror.com/frameless )

Di ruangan yang kecil, cermin menciptakan atmosfir ruang yang lebih kuat dan terang karena refleksi yang terjadi. Lebih baik, gunakan cermin yang besar dan tanpa bingkai untuk merefleksikan cahaya sebanyak mungkin. 

Di sisi lain, jika yang Anda butuhkan adalah ruang penyimpanan, maka gunakan cermin dengan ruang penyimpan yang terpasang bersama cermin tersebut. Sebuah cermin yang juga berfungsi sebagai kotak obat pun dapat bekerja dengan baik karena memberi ruang untuk cermin dan barang-barang lainnya. 

3. Wastafel

Wastafel yang mengambang akan menciptakan ruang visual lebih banyak daripada model wastafel tradisional yang menyentuh lantai. Namun, meskipun wastafel yang mengambang menawarkan lebih banyak ruang, juga berarti memberikan kapasitas ruang yang lebih sedikit.

4. Pintu Dan Jendela Geser Untuk Kamar Mandi Mungil

Salah satu cara termudah untuk menghemat ruang adalah dengan menggunakan pintu dan jendela geser. Penggunaan pintu dan jendela geser akan membebaskan banyak ruang yang mungkin tidak akan terasa jika menggunakan model konvensional.

5. Rak dan Closet

Rak dan kabinet biasanya mengambil banyak ruang di kamar mandi. Cobalah membebaskan banyak ruang dengan cara:  

  • Menggunakan rak dan closet tanpa pegangan. Cari alternatif seperti rak yang bisa dibuka dari bagian bawah.

  • Sementara untuk closet, penggunaan model tanpa pintu adalah pilihan yang baik karena Anda akan mendapat lebih banyak ruang dan menghindari benturan di dalam ruangan, sama halnya dengan penggunaan pintu dan jendela geser.

  • Menggunakan drawer organizers atau partisi laci agar benda-benda tetap tertata rapi. Terkadang kita sering melempar barang-barang kita sembarangan di dalam kamar mandi, hal ini bisa mengurangi kemungkinan kehilangan barang.

  • Jika rak dan closet masih belum memberi cukup ruang yang dibutuhkan, Anda bisa mencoba rak tas gantung yang bisa Anda gunakan di dinding. 

6. Prioritaskan Ruang Yang Dibutuhkan


Dengan ketersediaan ruang yang terbatas, Anda harus menyingkirkan beberapa barang dari dalam kamar mandi Anda. Anda bisa memindahkan beberapa barang ke ruang lainnya atau cukup dengan membuang barang tersebut.

Pertama, mari membahas tentang mesin cuci. Sebagian orang meletakkan mesin cuci mereka di dalam kamar mandi. Jika Anda termasuk ke dalam kelompok ini, mengapa tidak coba memindahkannya ke ruangan yang lain ?

Mesin cuci memang penting, tapi Anda bisa menyimpannya di ruangan yang lain juga. Jika Anda memiliki cukup ruang, buatlah ruangan mencuci yang terpisah dan khusus untuk kegiatan mencuci hingga menyetrika pakaian.

Jika Anda tidak memiliki ruangan yang cukup, pindahkan mesin cuci ke ruang dapur.

7. Warna Ringan Untuk Kamar Mandi

Warna dapat membantu membuat ruangan Anda lebih besar. Putih, krem, abu-abu muda dan krim akan menambah lebih banyak cahaya ke dalam kamar mandi. Cobalah memilih warna yang sesuai dengan lantai dan dinding Anda.

Banyak kamar mandi di rumah-rumah baru tidak memiliki jendela, membatasi pilihan hanya pada cahaya artifisial. Hal ini membuat pilihan warna yang Anda gunakan semakin penting untuk menciptakan kesan luas yang Anda inginkan.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua