Spinner Icon

8 Tips Memanfaatkan Ruang Kecil

Author Image
Info Terbaru · 30 Oktober 2019

Dari perabotan yang berfungsi ganda hingga palet warna yang berbeda, ide-ide desain ruang kecil ini memanfaatkan sebagian besar tempat tinggal dengan ruang yang mungil.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memunculkan keindahan ruang yang kecil sekalipun. Mulai dari penggunaan kombinasi warna hingga meletakkan berbagai perabotan yang memiliki banyak fungsi.

Bayangkan jika Anda memiliki ruang yang terbatas, baik itu tipe rumah maupun ruangan di dalamnya yang membuat Anda terinspirasi untuk mengubah tata letak dan desain sesuai keinginan. Dalam hal ini, memanfaatkan ide-ide desain yang menurut Anda berfungsi untuk memperbaiki suasana atau memicu hasrat kreatif tentu layak dicoba.

Sebagai inspirasi kali ini, kami berbagi hasil kutipan dari architecturaldigest.com yang bisa Anda coba.

1. Gunakan Furnitur Ukuran Besar

 Mungkin terdengar kurang sepadan dengan ide untuk memaksimalkan ruang, namun ternyata perabotan yang berukuran kecil bisa membut ruangan terlihat lebih kecil dari seharusnya. Selain itu, benda berukuran besar bisa membantu menghalangi pandangan pada elemen-elemen yang kurang enak dilihat dan berdampak menambah riuh suasana.




2. Berpikir Dalam Sketsa

Buat denah lantai yang membagi ruang sesuai dengan kebutuhan Anda, kemudian pertimbangkan tujuan yang diinginkan dari setiap area. Tentukan prioritas dan guna ruang sesuai dengan kebutuhan Anda, pikirkan dengan detail apa yang akan Anda lakukan dalam suatu ruangan di kehidupan sehari-hari, mulai dari bangun tidur hingga menutup hari.




3. Gunakan Perabot Unik Namun Efisien

Misalnya, pilih perabotan dengan desain atau warna unik namun menggunakan material yang ringan, atau gunakan perabotan yang memberi kesan lapang dan tidak memenuhi ruang karena keunikan desainnya.  


4. Pilih Warna Putih Sebagai Warna Dominan

 Penggunaan warna putih pada suatu ruangan akan mencerahkan ruang tersebut. Warna dasar putih yang memberi kesan ringan akan membantu aksesoris dan perabotan semakin tampak menonjol.


5. Tampilkan Karya Seni di Atas Ketinggian Mata

 Buat galeri lukisan yang digantung  bersama potongan berbingkai lainnya setinggi mungkin untuk memberikan ilusi langit-langit yang tinggi.


6. Selalu Berubah

Usahakan lakukan perubahan tidak hanya untuk memperbaiki suasana hati, tapi juga demi efisiensi ruang. Jika kamu menambah satu barang, benda atau perabotan ke dalam ruang, pastikan benda tersebut menggantikan sesuatu dari dalam ruang tersebut. Selalu berubah untuk rapi.





7. Gunakan Furnitur Atau Perabotan Yang Multifungsi

 Gunakan furnitur atau perabotan yang memaksimalkan ruangan, bisa dengan prinsip lipat atau perabotan dengan fungsi ganda. Fungsi yang diinginkan bisa didapat dengan bonus fungsi berbeda tanpa mengurangi ruang yang ada.  


8. Gunakan Warna Untuk Membedakan Setiap Ruang

Anda dapat menggunakan warna yang berbeda di setiap ruang untuk mendapatkan impresi dan suasana yang khas. Gunakan kombinasi warna yang berbeda-beda di setiap ruang, tidak hanya melalui cat ruangan, namun padu padan yang tercipta antara benda-benda dengan warna dinding ruangan pun dapat memberikan kesan visual dan psikologis masing-masing.

Tips-tips di atas berasal dari pengalaman seorang pekerja industri kreatif, Nicholas Obeid, yang mencoba beragam pendekatan dan pencampuran elemen visual untuk menyiasati tempat tinggalnya yang mungil. Selamat mencoba tips-tips di atas dan temukan manfaat yang mungkin selama ini Anda inginkan.


Sumber: architecturaldigest.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua