Spinner Icon

9 Ide Desain Atap Teras Rumah Minimalis

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 31 Juli 2022
Table of Contents:
  • Atap Teras Baja Ringan
  • Atap Teras Kayu
  • Atap Teras Polikarbonat
  • Atap Teras Cor
  • Atap Carport
  • Atap Spandex
  • Atap Teras Depan Pintu atau di Bawah Balkon
  • Kanopi Teras Rumah Minimalis dengan Atap Alderon
  • Kanopi Kaca
  • Tips Teras Minimalis untuk Hunian Kamu
  • 1.   Sesuaikan model teras dengan lokasi tempat tinggal
  • 2.   Pilihlah desain dengan tepat
  • 3.   Sesuaikan luas lahan
  • 4.   Atap menutupi seluruh teras
  • 5.   Gunakan furnitur yang menarik
  • 6.   Tambahkan pencahayaan

Rumah minimalis adalah tren yang sedang berkembang terutama di kalangan milenial. Rumah minimalis sendiri adalah rumah yang lekat akan kesan sederhana, namun tetap terlihat modern dengan aset palet monokromatik.

Teras merupakan hal pertama yang diperhatikan dari sebuah rumah. Tentunya untuk rumah minimalis pun, desain teras rumah menjadi salah satu poin penting dalam memperindah penampilan rumah. Teras yang cantik akan membuat tampak depan rumah menjadi enak dipandang.

Ada berbagai contoh model desain atap teras yang dapat kamu jadikan acuan saat mendesain atap teras rumah kamu.

Simak artikel ini untuk mengetahui beberapa ide untuk desain atap teras rumah minimalis.

Atap Teras Baja Ringan


(Sumber: Arsitag)

Desain atap teras dengan baja ringan cocok untuk rumah dengan konsep modern minimalis. Jika dipadukan dengan warna yang cocok dengan rumah kamu, atap ini dapat membuat rumah terlihat premium dan berkelas.

Selain itu, desain ini juga membantu teras rumah untuk tetap terlindungi dari panas matahari.

Atap Teras Kayu


(Sumber: Arsitag)

Material kayu untuk atap teras rumah dapat menambahkan kesan elegan dan teduh bagi rumah. Material alam seperti kayu dapat membuat rumah terasa lebih sejuk.

Dalam mendesain atap teras kayu, pastikan bahwa jenis material yang dipilih kayu sudah sesuai. Pastikan jenis kayu yang kamu pilih memiliki ketahanan terhadap hujan dan panas, misalnya kayu ulin atau bengkirai.

Untuk menambah nilai estetika, kamu dapat menambahkan dekorasi seperti pot gantung untuk membuat hunian terasa lebih asri.

Atap Teras Polikarbonat


(Sumber: Arsitag)

Material polikarbonat sudah sangat sering dijumpai aplikasinya pada atap rumah-rumah minimalis. Atap ini umum diaplikasikan pada teras dengan ruang yang tidak terlalu luas.

Selain memiliki ketahanan yang kuat, pemasangan bahan polikarbonat juga sangat mudah dan memiliki desain, warna, dan model yang beragam. Atap polikarbonat juga dapat menyerap dan menahan cahaya matahari, sehingga dapat digunakan untuk melindungi teras kamu.

Atap Teras Cor


(Sumber: artikel.rumah123.com)

Layaknya kanopi, cor rumah juga dapat dijadikan atap. Selain membuat rumah terlihat minimalis, cor rumah juga dapat memiliki kegunaan lain, yaitu sebagai dak teras. Dak teras ini dapat digunakan sebagai pelindung rumah ataupun balkon, yang dapat menambah nilai estetika rumah.

Atap Carport


(Sumber: Arsitag)

Desain atap carport dibuat dengan material kanopi metal atau logam. Atap carport memberikan kesan minimalis dan futuristik bagi rumah. Untuk mendukung tampilan rumah, kamu dapat menggunakan lantai dengan batuan alam.

Atap Spandex


(Sumber: artikel.rumah123.com)

Atap teras berbahan spandex juga dapat kamu jadikan pilihan untuk atap teras rumah minimalis kamu. Bahan spandex sendiri memiliki sifat yang sangat ringan, sehingga pemasangannya lebih mudah, dan juga memiliki ketahanan yang kuat dan tahan lama.

Atap ini memiliki bentuk yang bergelombang sehingga membuat tampilan atap lebih estetik. Untuk menambah keindahan, kamu juga dapat melapisi bagian bawah atap spandex dengan plafon.

Kamu juga dapat mengkombinasikan atap ini dengan pilar rumah dengan bahan batu alam untuk mendatangkan kesan natural dan minimalis.

Atap Teras Depan Pintu atau di Bawah Balkon


(Sumber: Arsitag)

Untuk rumah dengan halaman berukuran kecil, kamu dapat menggunakan atap teras depan pintu yang sederhana. Tidak hanya meningkatkan kesan minimalis dari rumah, atap teras depan pintu dapat berperan sebagai pelindung.

Atap teras yang dibangun di bawah balkon dapat meningkatkan fungsionalitas teras, diantaranya dapat digunakan sebagai garasi dan balkon.

Kanopi Teras Rumah Minimalis dengan Atap Alderon

Teras dengan atap alderon mendatangkan suasana sejuk bagi rumah. Atap alderon sendiri sudah banyak diaplikasikan pada rumah minimalis.

Atap dengan bahan alderon dengan material uPVC gelombang memberikan ketahanan atap yang baik dan kualitas yang premium. Atap alderon juga terkenal dengan kemampuannya sebagai penghambat panas yang baik, sehingga teras dapat terasa lebih sejuk.

Kamu dapat mengkombinasikan atap alderon dengan rangka kanopi berbahan baja ringan berwarna putih untuk menambahkan kesan elegan untuk teras kamu. Salah satu keuntungan dari kanopi baja ringan adalah daya tahan dari bahan itu sendiri, misalnya terhadap pelapukan, rayap, dan anti karat.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan taman minimalis di sudut halaman rumah untuk menambah keindahan teras.

Kanopi Kaca


(Sumber: freepik)

Kanopi kaca menawarkan tampilan yang minimalis, mewah dan elegan, serta bersih untuk rumah. Atap dengan desain ini membuat bangunan terlihat lebih premium, meskipun tidak sepopuler jenis kanopi lainnya.

Tips Teras Minimalis untuk Hunian Kamu

Setelah mengetahui jenis-jenis atap teras yang dapat dipilih untuk mempercantik tampilan teras, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk membangun teras minimalis yang cocok untukmu:

1.   Sesuaikan model teras dengan lokasi tempat tinggal

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam memilih model teras yang sesuai untuk tempat tinggal kamu.

Salah satunya adalah pemilihan keramik. Pemilihan keramik tidak hanya didasarkan pada warna dinding dan atap rumah, tetapi juga iklim dari tempat tinggal. Selain itu, perhatikan juga iklim lokasi tempat tinggal, jika tinggal di daerah dataran tinggi, sebaiknya kamu memilih keramik yang tidak terlalu licin jika terkena air hujan.

2.   Pilihlah desain dengan tepat

Ada dua konsep teras minimalis yang dapat kamu gabungkan untuk menciptakan nuansa teras yang lebih baik, yaitu konsep natural dan modern.

Konsep natural pada teras dapat diterapkan dengan menggunakan warna alami kayu pada dinding dan lantai, serta tanaman hijau. Penerapan konsep natural dapat memberikan rumah kamu nuansa alami yang teduh dan asri.

Sedangkan penerapan konsep teras modern umumnya berupa sudut-sudut penyangga atap berbentuk tajam atau persegi. Kombinasi antara konsep teras natural dan modern dapat memberikan kesan indah pada eksterior rumah bagian depan.

3.   Sesuaikan luas lahan

Khusus untuk rumah minimalis, umumnya teras berukuran tidak terlalu luas. Perabotan yang diletakkan di teras juga harus disesuaikan dengan luas lahan untuk teras.

Tiang penyangga pada teras rumah minimalis juga harus disesuaikan letak dan ukurannya terhadap model dan ukuran rumah. Penyesuaian ini dilakukan agar tampilan teras akan menjadi proporsional sehingga tiang tidak menutupi rumah.

4.   Atap menutupi seluruh teras

Atap yang dapat menutupi teras secara menyeluruh merupakan teras minimalis yang ideal. Teras minimalis yang ideal juga tidak menyerap panas, sehingga dapat menjaga rumah untuk tetap sejuk.

5.   Gunakan furnitur yang menarik

Kamu dapat menambah beberapa furnitur di teras agar tampilannya terlihat lebih cantik dan kekinian. Furnitur-furnitur seperti kursi dan meja umum diletakkan di teras untuk meningkatkan kecantikan teras.

Berikut adalah beberapa kesan yang dapat diberikan oleh material-material furnitur yang berbeda.

-        Kesan klasik: furniture dari kayu

-        Kesan vintage: kursi dengan penyangga full besi dan tempat duduk dari busa

-        Kesan natural: furniture yang terbuat dari rotan

-        Kesan mewah: bahan batu alam

6.   Tambahkan pencahayaan

Pencahayaan tidak hanya penting untuk bagian dalam rumah, tetapi juga merupakan komponen penting untuk teras rumah.

Ada beberapa pilihan pencahayaan yang dapat dipilih sesuai dengan nuansa yang ingin diciptakan. Misalnya, kamu dapat menggunakan lampu berwarna kuning untuk memberikan nuansa lebih hangat sambil menghemat daya.

LED string lights juga dapat digunakan untuk membuat teras menjadi lebih cantik dengan kerlap-kerlip yang indah. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan model edison string lights yang memberikan kilauan cahaya sehingga memberikan keindahan visual. 

Konsep minimalis adalah tren yang sedang berkembang pada era modern ini. Kebanyakan orang ingin rumah mereka terlihat sederhana tetapi tetap terlihat modern dan elegan.

Desain rumah yang minimalis pastilah membutuhkan teras yang minimalis juga. Desain atap teras yang minimalis menjadi salah satu komponen penting yang harus kita pertimbangkan dalam membangun rumah minimalis impian kita.

Kamu dapat berkonsultasi dengan arsitek terkait tata letak atau model desain atap teras yang cocok dengan hunianmu. Dengan berkonsultasi bersama arsitek yang memahami seluk beluk rumah, mereka pasti dapat memunculkan ide-ide baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya dan juga membantu kamu dalam mewujudkan teras idaman untuk rumah kamu.

Miliki rumah impian sesuai desain yang kamu mau di sini.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua