Spinner Icon

Agar Tidak Lemas Saat Puasa Selama WFO

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 18 April 2022

Sebagian besar pegawai dan karyawan di Indonesia sudah kembali WFO (work from office) setelah hampir 2 tahun WFH (work from home). Para pekerja kembali beradaptasi dengan kembali bekerja di kantor dengan menempuh perjalanan pulang pergi yang diselingi dengan kondisi lalu lintas  yang macet. Hal itu membuat kondisi tubuh bisa lebih cepat lelah. Ditambah sejumlah pekerja juga  sedang berpuasa sehingga tidak makan dan minum. Agar kamu tidak cepat lemas saat puasa selama WFO dan tetap dapat menjalani aktivitas seperti biasa, cek tipsnya di bawah ini!

 

Jangan Lewatkan Sahur

Usahakan agar selalu sahur di akhir waktu. Konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, protein, dan serat agar kamu kenyang lebih lama. Sahur juga menjaga agar kamu tidak mudah lemas menjalani hari.

 

Perhatikan Asupan Makanan

Konsumsi karbohidrat kompleks, protein, dan serat agar kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat dicerna tubuh. Sehingga kamu tidak akan mudah lemas dan cegah lapar berlebihan saat puasa. Contoh makanan dengan karbohidrat kompleks diantaranya adalah nasi, ubi, dan kacang-kacangan. Protein juga bisa menjadi salah satu sumber energi dan bisa didapat dari lauk hewani atau nabati seperti telur, daging, ikan, tahu, dan tempe. Serat didapat dari buah dan sayur. Mengonsumsi makanan manis dan berlemak selama bulan puasa memang tidak dilarang. Namun, jangan sampai mengonsumsinya terlalu banyak.

 

Cukupi Asupan Cairan

Selama puasa cairan berkurang melalui urin dan keringat. Pastikan kamu cukup konsumsi air putih, tetap konsumsi 8 gelas air putih atau 2 liter dalam sehari. Minum air putih sekaligus banyak bisa membuat kamu kembung dan kenyang. Kamu bisa membagi menjadi beberapa kali minum, yaitu masing-masing 1 gelas saat setelah bangun sahur, setelah selesai sahur, saat berbuka, setelah sholat Magrib, setelah makan malam, setelah sholat Isya, setelah sholat Tarawih, dan sebelum tidur.

 

Hindari Konsumsi Kafein

Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti teh atau kopi. Terutama saat sahur. Supaya terhindar dari masalah kesehatan seperti penyakit lambung. Kafein juga membuat orang jadi lebih mudah haus. Selain itu, kafein membuat orang lebih sering buang air. Hindari juga minum teh atau kopi setelah makan karena dapat menghambat penyerapan zat besi sehingga kamu bisa mudah lemas.

 

Tetap Bergerak atau Olahraga Ringan

Penting untuk kamu tetap bergerak dan berolahraga agar tubuh tetap bugar. Kamu bisa berolahraga setelah berbuka. Olah raga 2-3 jam setelah makan agar makanan sudah dicerna. Pastikan banyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

 

https://www.sehatq.com/artikel/tips-puasa-sehat-antilemas-bulan-Ramadan

https://lifestyle.okezone.com/read/2022/03/28/481/2569124/5-tips-sehat-berpuasa-meski-wfo-menurut-dokter

https://indonesiabaik.id/infografis/minum-8-gelas-air-perhari-saat-puasa#:~:text=Sama%20seperti%20hari%20biasa%2C%20asupan,kebutuhan%20cairan%20bisa%20lebih%20tinggi.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua