Spinner Icon

Aksen Warna Hitam Pada Hunian Berwarna Putih

Author Image
Info Terbaru · 29 September 2021
Table of Contents:

Kalau warna putih sering dikaitkan dengan warna yang sederhana, maka makna sebaliknya berlaku bagi warna hitam. Warna ini identik dengan warna dengan nuansa elegan. Terlepas dari kedua warna yang saling berseberangan, kedua warna ini sangat cocok kalau dipadukan dalam interior hunian. 

Mungkin kamu tidak menginginkan warna hitam menjadi warna dasar dari interiormu karena akan membuatnya terasa lebih gelap. Namun, kamu bisa membuat warna hitam sebagai aksen saja. Warna ini merupakan warna netral yang cocok untuk dipadukan dengan banyak jenis warna. Berikut akan dibahas perpaduan warna hitam sebagai aksen dengan warna putih sebagai warna dominan.


Aksen Warna Hitam pada Bingkai Jendela dan Pegangan Besi untuk Memunculkan Ketegasan


(Peled Studios dan Yoav Architecture Photography dari Contemporist)

Warna hitam dan putih merupakan warna yang kontras dan saling bertolak belakang. Jika warna ini diterapkan pada bingkai jendela dan pegangan berbahan besi akan terlihat menonjol dibandingkan dengan warna putih yang mendominasi dinding. Aksen ini akan memunculkan batasan ruangan dengan kesan yang tegas. 

Warna hitam dan putih sangat cocok dipadukan dengan elemen natural, misalnya seperti kayu. Pemilihan kayu bisa kamu terapkan pada bagian lantai dan furnitur rumah. Kamu jugga bisa menambahkan sedikit aksen warna abu-abu pada sofa ataupun karpet di ruang tamu. Konsep ini juga memunculkan konsep minimalis yang sederhana namun tetap modern.


Memadukan Aksen Warna Hitam dengan Pencahayaan yang Cukup


(Koen Van Damme dari Contemporist)

Kalau kamu ingin menambahkan lebih banyak warna hitam, kamu bisa menambahkannya pada furnitur, seperti kursi, meja atau bahkan lantai. Sebenarnya kamu tidak perlu ragu untuk mengombinasikan warna putih dan hitam. Perpaduan dua warna ini relatif aman karena saling melengkapi. 

Warna hitam yang cukup banyak dalam sebuah hunian mungkin akan membuatnya terasa suram, tapi itu bisa kamu atasi dengan memberikan pencahayaan yang cukup. Pencahayaan tidak selalu mengandalkan lampu penerang ruangan. Kamu bisa memaksimalkan pencahayaan alami dari jendela untuk menghemat energi. 




Referensi:

https://interiordesign.id/desain-ruangan-warna-hitam-yang-tegas/

https://www.contemporist.com/white-interior-with-matte-black-accents-matches-this-homes-exterior/

https://www.contemporist.com/matte-black-lined-archways-complement-other-black-accents-throughout-this-interior/

https://cantik.tempo.co/read/1319750/6-cara-warna-gelap-menampilkan-ruang-keluarga-yang-elegan/full&view=ok


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua