Spinner Icon

Alokasikan Dana THR dengan Bijak Supaya Gak Boncos

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 11 April 2022

THR (Tunjangan Hari Raya) menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu di masa jelang Idul Fitri seperti saat ini. Terkadang terlalu senang dapat uang, membuat kita ingin beli ini-itu. Keranjang e-commerce siap di-check out, wishlist yang sudah panjang menanti direalisasikan. Tapi jangan sampai THR kita habis begitu saja. Gunakan kesempatan yang datang satu tahun sekali ini dengan bijak. Yuk, simak tips berikut agar kamu bisa mengalokasikan dana THR agar terhindar boncos:

 

Bayar Kewajiban

Bagi umat muslim yang merayakan Idul Fitri, wajib untuk membayarkan zakat fitrah sebesar 2,5% per orang dan akan lebih baik jika ditambahkan untuk membayar sedekah. Selain itu, alokasikan untuk memberikan THR kepada orang yang bekerja di rumah kita, seperti asisten rumah tangga, babysitter, supir, dan lainnya jika ada.

 

Pengeluaran Lebaran

Selain menjadi momen bersilaturahmi dan pulang kampung, Idul Fitri juga identik dengan menyiapkan makanan khas lebaran seperti ketupat, opor, rendang, kue lebaran, dan lain sebagainya. Kegiatan ini tentunya membutuhkan pengeluaran yang harus dialokasikan saat menerima THR.

 

Lunasi Pinjaman Konsumtif

Adanya dana lebih yang didapat dari THR, baiknya digunakan untuk melunasi hutang konsumtif atau hutang dari pinjaman online. Hal ini dilakukan untuk meringankan pengeluaran di masa depan dan untuk mengatur kembali alokasi pengeluaran bulanan.

 

Tabungan dan Dana Darurat

Alangkah baiknya dari THR yang didapatkan juga dialokasikan untuk tabungan dan dana darurat. Mendapatkan THR merupakan kesempatan kamu untuk menabung sebanyak-banyaknya agar tujuan keuangan kamu segera tercapai. Idealnya alokasi untuk tabungan dan dana darurat 10-30% alokasi dari THR yang didapat.

 

Kalau kamu punya impian untuk memiliki rumah, ini kesempatan kamu untuk bisa nabung lebih agar keinginan kamu segera terwujud. Mengingat harga rumah yang selalu meningkat, jadi akan lebih baik jika dana untuk uang muka terkumpul secepat mungkin sebelum harga rumah yang kamu impikan semakin mahal. Agar target kamu terukur dan semakin semangat menabung, kamu perlu cek dulu harga rumah impian kamu dan cek di sini untuk mengetahui estimasi biaya yang kamu butuhkan untuk proses awal pembelian rumah secara KPR.

 

Untuk presentase atau besarannya alokasi THR, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. List perhitungan alokasi THR bisa menjadi solusi agar THR kamu bisa teralokasikan dengan bijak dan tidak habis begitu saja. Karena Hidup Ga Cuma Tentang Hari Ini.

 

Sumber:

https://pritaghozie.com/2017/06/21/inilah-cara-kelola-thr/

https://www.bareksa.com/berita/belajar-investasi/2021-04-22/empat-tips-atur-thr-agar-bermanfaat-hingga-dapat-cuan

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua