Spinner Icon

Deretan Inspirasi Aquarium Ikan Hias untuk Hiasi Rumah

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 23 April 2024
Table of Contents:
  • Deretan Inspirasi Aquarium Ikan Hias
  • 1. Boyu Akuarium Meja
  • 2. Ferplast Aquarium Ikan Hias
  • 3. Aqua One Aquarium
  • Cara Menghias Akuarium Ikan Hias
  • 1. Menghias akuarium dari dasar
  • Kerikil
  • Pasir
  • 2. Memberikan filter air
  • 3. Menambah dekorasi
  • Tanaman hidup
  • Tanaman plastik
  • Tips Memelihara Akuarium Ikan Hias
  • 1. Memilih akuarium yang sesuai
  • 2. Memilih jenis ikan hias yang sesuai
  • 3. Kualitas air yang terjaga
  • 4. Mengatur pencahayaan dan suhu akuarium
  • 5. Menyiapkan ventilasi untuk akuarium
  • 6. Jangan campurkan air akuarium dengan klorin atau kaporit
  • 7. Memberi makan ikan secukupnya
  • Kesimpulan

Memelihara ikan hias merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang setelah lelah bekerja seharian. Bahkan, memelihara ikan hias juga menjadi hobi sebagian orang. Kegiatan ini dianggap dapat membuat perasaan menjadi lebih rileks dan membangkitkan semangat. Melihat ikan berenang dengan warnanya yang indah serta suara gelembung air dari akuarium ternyata dapat menjadi efek terapi. Oleh karena itu, banyak orang memilih ikan hias untuk menjadi peliharaan di rumah.

Tidak hanya itu, akuarium ikan hias juga dapat memperindah suasana rumah. Kamu bisa meletakkannya di ruang tamu atau ruang keluarga supaya tamu yang datang juga bisa menikmati keindahannya.

Untuk memperindah rumah, kamu perlu memilih akuarium yang tepat dengan konsep dan desain rumah. Beragam model aquarium telah tersedia dalam model dan bentuk yang unik dan modern.

Pada artikel berikut ini akan diberikan beragam inspirasi aquarium ikan hias yang cocok untuk hiasi rumahmu sekaligus manfaatnya. Kami juga memberikan cara menghias akuarium ikan hias. Mari simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.


Key Takeaways:

  • Akuarium merupakan wadah berisi air, dengan dinding yang terbuat dari bahan transparan seperti kaca atau akrilik.
  • Kamu juga perlu mendekorasi akuarium ini supaya terlihat cantik dengan menggunakan pasir atau kerikil, filter air, hingga tanaman hidup maupun tanaman plastik.
  • Tips memelihara akuarium ikan hias yaitu memilih akuarium yang sesuai, menjaga kualitas air, mengatur pencahayaan dan suhu akuarium, jangan mencampurkan air dengan klorin atau kaporit, hingga memberikan pakan secukupnya.

Deretan Inspirasi Aquarium Ikan Hias

Akuarium merupakan wadah yang berisi air, dengan dinding yang terbuat dari bahan transparan seperti kaca atau akrilik. Terdapat tiga inspirasi akuarium yang cocok untuk memelihara ikan hias. Berikut ini penjelasannya:

1. Boyu Akuarium Meja

Inspirasi pertama yaitu Boyu Akuarium Meja Nano Square terbuat dari material akrilik yang kuat dan berkualitas dengan warna transparan yang minimalis. Akuarium ini cocok untuk kamu yang ingin memelihara ikan dalam jumlah sedikit. Kamu bisa meletakkan Boyu Aquarium ini di atas meja untuk menghiasi ruang tamu atau memindahkannya ke tempat yang diinginkan. Perawatannya juga cukup mudah karena bentuknya yang minimalis. Dilengkapi dengan lampu dan filter membuat Boyu Aquarium tampil cantik.

2. Ferplast Aquarium Ikan Hias

Selanjutnya yaitu akuarium dengan bentuk dan model berdesain modern dan fungsional bernama Ferplast Aquarium. Inspirasi akuarium ini menggunakan material yang digunakan berupa kaca berkualitas yang kuat serta tahan lama.

Bahkan, akuarium ini juga dilengkapi fasilitas filter internal untuk menjaga kejernihan air di dalam. Sehingga air dalam akuarium selalu tampak bening dan kamu selalu bisa menikmati pemandangan koleksi ikan-ikanmu dengan jelas.

Perawatannya juga cukup mudah. Akuarium ini memiliki penutup di bagian atasnya yang dapat kamu buka untuk kegiatan pembersihan. Uniknya, Ferplast Aquarium dilengkapi LED light untuk mendekorasi tampilan akuarium ikan hias.

3. Aqua One Aquarium

Akuarium yang satu ini memiliki desain yang unik, menarik, dan fungsional sehingga banyak disukai orang. Aqua one aquarium terbuat dari material kaca yang berkualitas dan awet. Dengan desain yang menarik, unik, dan fungsional, dapat membuat rumah terlihat semakin cantik. Akuarium ini juga lengkap dengan filter internalnya untuk membantu menjaga kejernihan air dalam kolam. Kamu juga bisa menambahkan lampu LED supaya terlihat memukau.


Cara Menghias Akuarium Ikan Hias


Setelah mengetahui berbagai inspirasi akuarium, kamu tentu ingin segera membeli akuarium tersebut. Kamu juga perlu mendekorasi akuarium ini supaya terlihat cantik. Berikut ini beberapa cara menghias akuarium:

1. Menghias akuarium dari dasar

Langkah pertama dalam menghias akuarium ikan hias dapat dimulai dari dasar. Beberapa substansi yang bisa kamu gunakan seperti pasir, kerikil kecil atau besar, bahkan bola warna-warni. Berikut ini penjelasan masing-masing substansi.

Kerikil

Apabila ikan hias yang kamu gunakan merupakan ikan air tawar, maka lebih cocok untuk menggunakan substansi kerikil. Pasalnya, kerikil dapat memberikan kesan natural dan lebih mudah dibersihkan.

Pasir

Substansi pasir cocok digunakan untuk ikan sejenis belut. Hal ini dikarenakan mereka menghabiskan sebagian besar waktu di bagian dasar akuarium. Jika menggunakan kerikil, akan terlalu kasar bagi ikan hias jenis ini. Menggunakan pasir, kamu juga bisa menciptakan nuansa akuarium air laut. Sayangnya, karena memiliki tekstur yang halus membuat pasir lebih sulit dibersihkan.

2. Memberikan filter air

Selain dasar pasir atau kerikil, kamu juga harus menggunakan filter air. Penggunaan filter bertujuan untuk menjaga kebersihan akuarium. Tetapi, kamu perlu menyesuaikan jenis filter dan ukuran akuarium. Sebab, filter dengan daya kerja maksimal dan praktis bisa membuat akuarium tampak bersih dan indah

3. Menambah dekorasi

Kamu bisa menggunakan dekorasi berupa tanaman. Akuarium akan terlihat lebih natural dan berwarna dengan menggunakan tanaman. Tanaman juga bisa menjadi tempat bersembunyi Terdapat dua jenis pilihan tanaman yang bisa kamu gunakan.

Tanaman hidup

Tanaman hidup merupakan dekorasi populer yang sering digunakan sebagai penghias akuarium. Pasalnya, tanaman ia juga dapat membuat kualitas air menjadi lebih baik dengan mengikat karbondioksida dan mengeluarkan oksigen. Hal ini juga berdampak baik bagi pernapasan ikan.

Tanaman plastik

Selain tanaman hidup, banyak orang juga menggunakan tanaman plastik. Hal ini dikarenakan dibanding tanaman asli, tanaman plastik lebih berwarna. Kelebihan dari tanaman ini adalah perawatan yang mudah. Tanaman plastik tidak akan mati, layu, dan tahan lama.


Tips Memelihara Akuarium Ikan Hias


Memelihara ikan hias mungkin tidak mudah. Hal ini merupakan tanggung jawab yang perlu kamu lakukan. Simak tips berikut ini.

1. Memilih akuarium yang sesuai

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu memilih akuarium yang tepat. Kamu perlu menyesuaikan ukuran akuarium dengan jenis dan jumlah ikan yang hendak dipelihara. Akuarium yang terlalu besar dapat membuatmu kesulitan membersihkannya. Namun, jika terlalu kecil, hal ini dapat memmengaruhi pertumbuhan dan kesehatan ikan.

2. Memilih jenis ikan hias yang sesuai

Dalam memelihara ikan hias, kamu juga perlu memperhatikan jenisnya. Apabila kamu baru pertama kali memelihara ikan, sebaiknya pilih ikan hias berjenis air tawar. Pasalnya, ikan air tawar lebih mudah dirawat dibanding jenis lainnya. Beberapa rekomendasi ikan hias yang bisa kamu pilih yaitu mulai dari ikan cupang, ikan koi, ikan arwana, hingga ikan louhan.

3. Kualitas air yang terjaga

Tidak hanya akuarium, kamu juga harus menjaga kualitas airnya. Dengan air yang baik, kesehatan ikan akan terjaga. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kebersihan air. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengganti air secara berkala. Jangan lupa gunakan produk perawatan akuarium yang tepat serta periksa kandungan air seperti pH, suhu, ammonia, nitrat, hingga nitrit secara teratur.

4. Mengatur pencahayaan dan suhu akuarium

Pencahayaan dan suhu juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya, kedua hal ini berdampak bagi pertumbuhan ikan. Bahkan, suhu juga berdampak terhadap kelangsungan hidup ikan. Cahaya yang terlalu terang dan menyala terus menerus juga dapat membuat akuarium menjadi panas.

5. Menyiapkan ventilasi untuk akuarium

Sebagian orang yang baru memelihara ikan hias belum paham mengenai ventilasi akuarium. Biasanya mereka akan menutup rapat akuarium, karena takut ikan hias tersebut kabur.

Seharusnya, kamu tetap memberikan lubang hawa sedikit pada bagian akuarium untuk ventilasi udara. Hal ini karena ikan tetap membutuhkan sedikit udara untuk keberlangsungan hidupnya.

6. Jangan campurkan air akuarium dengan klorin atau kaporit

Akuarium tentu membutuhkan air. Tetapi, perlu diingat bahwa air yang digunakan pada kolam harus air bersih. Kamu bisa menggunakan air PAM atau air ledeng yang bebas dari kandungan kaporit dan klorin. Kedua kandungan tersebut berdampak negatif terhadap kesehatan ikan.

Kamu bisa menghilangkan kandungan kaporit dan klorin dengan cara mengendapkannya di sebuah ember selama satu malam. Kemudian untuk menjaga kebersihan air, kamu bisa mengganti 30% air dengan air yang baru minimal dua kali dalam seminggu.

7. Memberi makan ikan secukupnya

Ikan hias umumnya hanya perlu diberi makan satu kali dalam sehari. Hal ini cukup untuk kehidupan mereka. Kamu tidak boleh memberikan makan terlalu berlebihan karena hal ini berdampak buruk bagi ikan. Ditambah lagi, kelebihan pakan dapat membuat akuarium menjadi kotor seperti tumbuhnya alga yang berlebihan.

Baca juga: Dekorasi Cantik, 10 Inspirasi Aquarium Mini di Kamar Tidur


Kesimpulan

Itu dia inspirasi aquarium ikan hias khusus untukmu. Kamu bisa menggunakan Boyu Aquarium yang minimalis jika hanya ingin memelihara ikan cupang yang kecil. Kamu bisa meletakkannya di ruang kerja atau meja nakas untuk menghiasi rumahmu. Tetapi, jika kamu ingin memelihara ikan hias yang besar dan berjumlah banyak, maka disarankan untuk menggunakan Aqua One Aquarium. Pasalnya, akuarium ini memiliki ruang yang lebih luas.

Tertarik membaca artikel serupa? Kamu bisa mengunjungi link berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua