Spinner Icon

Atap Rumah Bocor Saat Musim Hujan? Ini Cara Mengatasinya

Author Image
Info Terbaru · 7 Desember 2020
Table of Contents:

Atap Rumah Bocor menjadi hal yang mengkhawatirkan apalagi saat ini musim hujan telah datang. Hujan memang membawa suasana yang tenang dan sejuk, namun tidak melepas keresahan mengenai dampak yang diakibatkan jika terjadi terus menerus. Sebagian dari kamu pasti sering mengalami Atap Rumah Bocor saat curah hujan sedang tinggi dan disertai angin kencang. Akibatnya atap rumah bisa retak dan mengakibatkan kebocoran serta air bisa menembus dinding rumah.

Perbaikan pastinya sudah dilakukan, tapi tetap saja dengan curah hujan yang tinggi akan terus membuat atap bocor. Kalau sudah begini kamu pasti akan direpotkan membawa ember dan panci sebagai wadah menampung tetesan air yang berasal dari atap yang bocor. Parahnya lagi, hal ini mengakibatkan rembesan air pada sela-sela dinding menjadi timbunan air yang bisa membuat rumah tergenang air.

Nah, agar semakin maksimal dalam memperbaiki Atap Rumah Bocor sebaiknya kamu mengetahui penyebab Atap Rumah Bocor terlebih dahulu sebelum mengambil langkah tepat mengatasinya.


Atap Rumah Bocor Karena Genteng yang Bergeser




Atap Rumah Bocor saat hujan turun bisa terjadi karena adanya pergeseran pada genteng rumah. Bisa saja posisi genteng tidak pas dan berantakan. Hal itu yang membuat air hujan bisa masuk melalui celah-celah ruang yang tidak ditutupi oleh genteng secara sempurna. Jika memang kebocoran terjadi karena adanya pergeseran genteng, kamu hanya perlu merapikan letak genteng agar posisinya presisi dan tidak akan bocor lagi. Kamu bisa memanggil tenaga profesional untuk memeriksa kembali genteng rumah untuk memastikan tidak ada kerusakan pada genteng. Dengan menggunakan jasa profesional, dapat memudahkan kamu memperbaiki kebocoran.

Jika genteng rusak dan retak, segeralah menggantinya dengan yang baru atau bisa menggunakan material anti bocor dan serat kasa. Lakukan dengan memotong serat kasa pada permukaan genteng kemudian olesi oleh material waterproof atau anti bocor.


Atap Rumah Bocor Karena Bentuk Atap yang Tidak Tepat




Atap Rumah Bocor dapat terjadi karena bentuk atap rumah yang dipasang dengan tidak tepat. Sebaiknya sebelum memasang atap rumah harus mengetahui trik jitu agar air hujan dapat mengalir ke area bawah. Kemiringan atap rumah yang landai bisa menyebabkan air hujan tidak mengalir secara tepat sehingga air mengendap di atas permukaan. Curah hujan yang tinggi akan membuat air yang mengendap tadi masuk ke ruang kosong dan menetes ke dalam rumah.

Agar Atap Rumah Bocor dapat diatasi, segera memperbaiki bentuk atap dengan kemiringan yang tepat. Kemiringan atap rumah harus disesuaikan sekitar 30 derajat agar air dapat mengalir dengan baik. Tujuan lainnya agar air hujan yang jatuh mengenai atap rumah bisa langsung mengalir ke bawah dan tidak merembes masuk ke dalam rumah.


Penggunaan Material yang Kurang Kuat Dapat Membuat Atap Rumah Bocor




Atap Rumah Bocor juga bisa terjadi karena material dari atap yang digunakan tidak bertahan lama. Karena Indonesia beriklim tropis tentunya akan sering terjadi hujan ataupun kemarau. Perubahan cuaca ini dapat mempengaruhi atap rumah yang kamu gunakan. Maka dari itu terjadilah kebocoran yang tidak diinginkan.

Kalau sudah begini tidak ada cara lain yaitu dengan mengganti jenis atap rumah dengan material yang lebih kuat seperti material asbes, beton, atau aspal. Memang harga yang ditawarkan cukup mahal, namun dengan menggunakan material terbaik akan membuat genteng awet dan tidak bocor.

Setelah mengetahui penyebab Atap Rumah Bocor, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengatasi kebocoran tersebut. Namun, periksa secara berkala untuk mengetahui kondisi atap rumah agar kebocoran tidak terjadi lagi.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua