Spinner Icon

Aternatif Mudah Mewujudkan Berkebun di Rumah

Author Image
Info Terbaru · 30 Agustus 2021
Table of Contents:

Masa Pandemi menjadikan banyak orang untuk melakukan aktivitas di rumah. Banyak alternatif cara yang dilakukan untuk mengurangi kejenuhan ketika selalu berada di rumah dalam kurun waktu yang cukup lama. Salah satunya adalah berkebun. Kamu nggak usah takut kalau rumahmu sempit, karena ada banyak cara untuk mewujudkannya.  

Kebun dan rumah adalah perpaduan yang saling terkait. Sebagaimana kita tahu manusia membutuhkan makanan untuk dapat hidup. Selagi kamu memiliki waktu, tempat dan tenaga, kamu bisa berkebun dan memanen bahan makananmu sendiri. Bahan makanan yang kamu konsumsi akan lebih segar karena baru dipetik di halaman rumah ketika akan diolah. Berikut beberapa alternatif cara berkebun yang bisa kamu wujudkan di rumah sesuai dengan besaran lahan yang kamu miliki.


Berkebun dengan Membuat Bedeng Sederhana dari Bahan yang Ada




Berkebun sederhana di rumah, salah satunya bisa kamu lakukan dengan membuat bedeng di halaman rumah. Pembuatan bedeng dilakukan untuk membuat tanah sedikit lebih tinggi sehingga memberikan ruang yang lebih luang bagi tanaman untuk tumbuh. Jangan lupa memastikan kondisi tanah teap subur, sehingga menunjang pertumbuhan tanaman. 

Ada banyak pilihan bahan yang dapat kamu gunakan untuk membuat bedeng, misalnya kayu bekas renovasi, bekas genteng yang pecah, atau batu bata sisa renovasi rumah. Bahan-bahan ini akan menjaga tanah agar tidak terurai ketika disiram atau terkena hujan. Kamu bisa memperoleh bahan-bahan tersebut tanpa harus membeli. Cobalah berkreasi dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumahmu.


Berkebun di Rumah dengan Lahan yang Terbatas



Tidak semua orang memiliki lahan yang cukup untuk berkebun. Tidak perlu khawatir, kamu juga tetap bisa mewujudkannya dengan lahan yang terbatas. Kamu bisa membeli pot berbagai ukuran untuk mulai berkebun. Pot-pot kecil untuk penyemaian bibit. Kemudian jika bibit sudah cukup besar, tanaman dipindahkan ke dalam pot yang lebih besar. Jangan lupa untuk meletakkan pot pada bagian rumah yang terkena cahaya matahari, supaya pertumbuhan tanaman juga bisa tetap maksimal.

Berkebun dengan Memanfaatkan Aliran Air



Hidroponik menjadi salah satu alternatif ampuh untuk berkebun di lahan yang sempit.  Metode ini dapat dibuat dengan metode bersusun, sehingga lebih hemat tempat. Hidroponik adalah sistem penanaman yang menggunakan air dan tambahan nutrisi. Meskipun terlihat sederhana, kamu harus melakukan perawatan rutin sehingga hasilnya memuaskan. Hidroponik juga membawa manfaat diantaranya lingkungan lebih bersih, tidak merusak tanah, hemat air dan pupuk, serta lebih hemat waktu dan tenaga. 

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua tanaman dapat ditanam menggunakan metode ini. Tanaman yang biasa ditanam dengan menggunakan hidroponik adalah tanaman sayur dan buah-buahan. Oleh karena sayur dan buah adalah konsumsi kita sehari-hari, maka sangat cocok jika menerapkan hidroponik di rumah. Menanam dengan metode hidroponik juga lebih hemat waktu. Oleh karena itu, kamu bisa bekerja dari rumah sambil merawat kebun buah atau sayur.




Referensi:

http://bkp.pertanian.go.id/blog/post/tips-jitu-memulai-budidaya-hidroponik




 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua