Spinner Icon

Bagaimana Anda Membangun Rumah Mungil Impian?

Author Image
Admin BTN Properti
Info Terbaru · 19 Juli 2017
KompasProperti - Untuk mendapatkan sebuah kenyamanan sebuah rumah, terkadang Anda harus terjun sendiri untuk membangunnya dari bawah ke atas.


Itulah yang dilakukan Mike Basich, snowboarder profesional yang membangun rumah mungil dan telah diperbarui selama 20 tahun terakhir.


Sejauh ini, Basich sudah membangun empat rumah kecil stasioner dan lima rumah kecil di atas roda. Proyek terbarungnya, Mike's Deamchaser, memiliki perapian kayu, tempat tidur berukuran besar, dan bak mandi yang terpasang di lantai.


"Rumah mungil berjalan terbaru saya adalah versi penggabungan dari semua hal yang telah saya pelajari di masa lalu," ucap Basich dikutip dari Curbed.


Basich pun membagikan lima tips bila Anda ingin membangun hunian mungil:




Mike Basich menjadikan alam sebagai inspirasi dalam membangun rumah mungil.(CURBED)


1. Ambillah inspirasi dari perjalanan


Menghabiskan masa kecil dengan membangun rumah pohon dan berkemah di teepees, hal tersebut justru mengilhami gagasan terbaiknya dalam membangun rumah.


"Dengan snowboarding, saya sering bepergian. Anda dapat melihat berbagai keindahan di berbagai belahan dunia dan bagaimana cara orang hidup," kata dia.


Baru-baru ini, dalam perjalanan ke Jepang, ia mengajarkan bagaimana memaksimalkan ruang. Karena banyak orang di Jepang hidup lebih efisien dibandingkan orang Amerika.


2. Bangun iklim


Di Mike's Dreamchaser, Anda tidak akan menemukan lemari es. Itu bukan kekurangan, melainkan pilihan desain.




Mikes Dreamchaser selalu berada di wilayah yang dingin.(CURBED)
Sebagai snowboarder, Basich menghabiskan hidupnya untuk mengejar badai musim dingin, dengan cara berpindah dari satu tempat ke tempat lain.


Untuk saat ini, meletakkan makanan di lemari yang dilengkapi lubang di luar yang terpapar suhu rendah, cukup efektif untuk menunjang kebutuhan alat pendinginnya.




Mike Basich membangun rumah mungil mobile dengan menyesuaikan kondisi parkir perkotaan.(CURBED)


3. Bila berencana parkir di kota, bangunlah lebih kecil


Pertimbangkan ukuran tempat parkir bila Anda ingin membangun rumah kecil mobile. Mike's Dreamchaser adalah rumah kecil bergaya truk ekspedisi, dengan kabin depan yang lebih kecil dan ruang belakang yang lebih besar untuk kustomasi penuh.


Bangunan rumahnya yang terakhir, membuatnnya sulit menemukan tempat parkir di kota besar. Ia menjadikan hal tersebut sebagai tantangan untuk membangun Mike's Dreamchaser, dan memastikannnya bisa mendapatkan tempat parkir yang sesuai.


4. Jadikan sejumlah alat berbagai fungsi


Berpikir kreatif dapat membantu Anda dalam mengubah sejumlah ruangan sebagai ruang multitasking.




Jadikan setiap ruangan di rumah mungil Anda multitasking.(CURBED)
"Ketika Anda sedang berjalan, Anda belajar bahwa 'Oh saat saya menaruh ketel di atas tungku, dimana tempat itu menjadi panas, saya juga dapat memanaskan air dengan cara itu'," ucapnya.


"Sehingga, bangun lah dapur Anda berdasarkan suhu yang ada," lanjut dia.


5. Kuasai proyek kecil sebelum membangun


Sebelum membangun rumah mungil, bangunlah rumah anjing. Atau, alih-alih memulai dari awal, carilah trailer yang bisa Anda renovasi.


Semakin banyak proyek DIY (do it yourself) yang Anda ciptakan, semakin besar potensi kesalahan dan tantangan yang akan Anda hadapi.


Namun, begitu Anda menguasi bangunan yang lebih kecil, Anda dapat terampil membangun rumah sendiri yang dipenuhi dengan berbagai macam kemudahan secara bertahap.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua