Spinner Icon

Kenali Jenis-Jenis Bahan Kusen Pintu dan Jendela

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 14 Desember 2022
Table of Contents:
  • Jenis-Jenis Bahan Kusen Pintu dan Jendela
  • 1. Kusen Kayu
  • 2. Kusen Aluminium
  • 3. Kusen Unplasticized Polyvinyl Chloride (UPVC )
  • 4. Kusen Fiberglass
  • 5. Kusen Poly Vinyl Chloride
  • 6. Kusen Baja Ringan
  • 7. Kusen Pintu Cor
  • 8. Perpaduan Dua Material
  • 9. Kusen Pintu Besi dengan Teralis Pelindung
  • 10. Kusen Pintu dan Jendela Kayu Sederhana
  • 11. Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Tirus
  • 12. Kusen Pintu Putar
  • 13. Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Oversized
  • 14. Kusen Jendela dan Pintu Minimalis Kaca
  • ---

Memilih seluruh furnitur, perlengkapan, hingga material rumah bukan hal yang mudah. Banyak orang yang tidak mengerti dan membeli bahan yang salah. Bahkan seringkali, dengan kurangnya pemahaman, kita jadi mudah ditipu dengan membeli harga yang tinggi, tetapi mendapatkan kualitas yang buruk.

Apalagi, banyaknya desain rumah modern membuat material juga semakin beragam. Maka dari itu, penting untuk mengenali material dari rumah, terlebih dalam hal bahan kusen pintu dan jendela.

Pintu dan jendela adalah dua hal yang cukup penting pada sebuah rumah. Selain letaknya yang berada di luar sehingga mempengaruhi keindahan rumah dari luar. Pintu dan jendela juga merupakan penghubung antara luar ke dalam ruangan rumah. Maka dari itu, keindahan dan kekokohan bahan material kusen pintu dan jendela harus sangat diperhatikan daripada salah memilih. Berikut beberapa jenis bahan kusen pintu dan jendela yang harus dikenali sebelum membuat pintu dan jendela.


Jenis-Jenis Bahan Kusen Pintu dan Jendela

Zaman sekarang, rumah modern sangat sering kita jumpai. Tidak hanya karena terlihat menarik, tetapi rumah modern juga terdiri dari berbagai model dan jenis. Contohnya, banyak orang yang menyukai rumah dengan model minimalis. Walaupun terbilang rumah minimalis, tetapi bagaimanapun akan tetap dipadukan dengan gaya modern agar rumah tampak lebih menarik dan mengikuti zaman. Dengan banyaknya jenis dan desain rumah modern, banyak pula model dan jenis bahan kusen pintu dan jendela yang ada. Terdapat perbedaan ciri-ciri, harga, kualitas, dan motif dari berbagai jenis kusen yang ditawarkan. Kita harus mengetahui hal tersebut sebelum memadukannya dengan gaya rumah yang kita miliki.

1. Kusen Kayu

Bagi pecinta rumah dengan desain menggunakan kayu, terutama pada pintu utama, bahan kusen yang pertama ini pasti sangat cocok. Kusen yang terbuat dari material kayu yang bahan dasarnya selalu diperbarui. Jumlah permintaan yang banyak dengan waktu pembuatan kayu yang sangat lama membuat harga kusen kayu terbilang cukup mahal.

Kelebihan kusen kayu adalah sifatnya yang fleksibel dan mudah dibentuk serta dapat dipadukan dengan gaya apapun, sehingga rumah dapat terlihat natural. Tidak hanya itu, bahan kusen kayu memiliki tingkat perlindungan yang tinggi terhadap suhu udara yang panas atau dingin, sehingga tidak heran banyak orang yang memilih kusen kayu sebagai pilihan kusen untuk jendela dan pintu kayu di luar rumah.

Sayangnya, jika tidak dapat merawat bahan kusen kayu dengan baik, akan mudah keropos karena digerogoti oleh rayap. Maka dari itu, kusen kayu membutuhkan perawatan agar masa pakainya bertahan lama, kayu juga perlu dilapisi coating secara berkala.


2. Kusen Aluminium

Kusen satu ini adalah bahan kusen yang paling sering dijumpai pada setiap rumah. Selain karena harganya yang relatif murah, material yang digunakan juga tidak akan dimakan rayap. Sama dengan hal lainnya yang memiliki kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan jenis kusen yang satu ini.

Kelebihan kusen aluminium adalah daya tahan strukturnya yang tidak dipengaruhi oleh perubahan panas matahari dan dingin, sehingga tidak mudah mengalami pemuaian, penyusutan, dan perubahan bentuk. Tidak hanya itu, bentuknya yang ringan dan perawatannya yang mudah membuat bahan kusen ini dapat dibuat mirip seperti bahan kusen kayu namun dengan harga yang lebih murah.

Kekurangannya, terdapat sedikit pilihan varian bentuk dan desain. Tidak hanya itu, dalam proses pembuatan juga dibutuhkan keterampilan yang sangat tinggi karena sulitnya proses mengaitkan kusen ke dinding menggunakan fischer.

Bahan kusen aluminium ini juga sangat rawan mengalami benturan sehingga mudah penyok dan mudah mengalami kebocoran jika terkena air hujan. Maka dari itu, sangat penting untuk dipasangi penyekat karet atau sealant untuk mengantisipasi kebocoran tersebut.

3. Kusen Unplasticized Polyvinyl Chloride (UPVC )

Bahan kusen Unplasticized Polyvinyl Chloride atau yang biasa disingkat UPVC adalah bahan kusen yang terbuat dari bahan material turunan plastik yang memiliki sifat plastisin minimal. Bahan kusen ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bingkai pintu atau jendela karena sifatnya yang tahan rayap, tidak mudah memuai dan menyusut, tahan bocor, kedap suara, serta tidak perlu perawatan yang berlebihan karena sudah memiliki daya tahan yang cukup bagus. Namun, bahan kusen UPVC juga memiliki kekurangan yaitu mudah pecah apabila terkena benturan pada permukaannya.

4. Kusen Fiberglass

Siapa yang tidak mengenal salah satu bahan kusen pintu dan jendela yang sangat mudah ditemukan ini?

Kusen Fiberglass sangat sering ditemukan pada beragam desain rumah karena bahannya yang cukup ringan dan proses pengerjaannya cukup mudah dan cepat. Dengan kelebihan tersebut, biaya untuk membuat dan memasang kusen fiberglass terbilang cukup murah.

Tampilan kusen fiberglass yang segar dan bersih sangat cocok untuk digunakan pada jendela dan pintu fiberglass pada rumah-rumah bergaya minimalis dan modern serta gedung-gedung perkantoran. Tidak hanya itu, penggunaan kusen ini juga sudah banyak ditemui pada toko maupun pusat-pusat perbelanjaan karena harganya yang relatif murah namun berkualitas.

5. Kusen Poly Vinyl Chloride

Pada masa sekarang, bahan kusen yang satu ini sangat banyak digemari oleh masyarakat. Selain karena masyarakat menyukai sesuatu hal yang unik, banyak pembuatan baru yang lebih mengarah pada produk-produk ramah lingkungan.

Kusen Poly Vinyl Chloride adalah kusen yang dibuat dari bahan material berbahan vinyl. Bahan kusen ini sangat cocok untuk ditempatkan pada rumah yang memiliki desain modern dan gedung-gedung kekinian. Tidak hanya itu, bahan vinyl juga dikenal sangat ramah lingkungan serta menggunakan energi yang efisien. Mirip seperti bahan kusen fiberglass, bahan kusen ini juga mudah dipasang dan tahan lama.

6. Kusen Baja Ringan

Bahan kusen yang terakhir adalah kusen baja ringan. Bahan kusen ini sangat direkomendasikan bagi rumah yang terletak pada lokasi rawan gempa karena struktur materialnya yang kuat dan kokoh. Namun, di daerah perkotaan juga sangat sering dijumpai pada rumah-rumah yang memiliki garasi.

Selain kuat dan kokoh, kelebihan lainnya yang dimiliki bahan kusen baja ringan adalah ramah lingkungan, aman, tahan lama, anti air, anti kawat, anti rayap, dan dapat memperlihatkan kemewahan. Walaupun instalasinya yang relatif cepat dengan kebutuhan biaya yang tidak terlalu besar membuat kusen ini layak dipertimbangkan, namun sesuaikan juga dengan desain arsitektur yang akan dibangun.

Baca juga: Simak Jenis-Jenis Bahan Kayu Terbaik Untuk Interior Rumah!

7. Kusen Pintu Cor

Model kusen pintu cor adalah model kusen yang dibuat dengan teknik cor pada dinding kemudian dibingkai dan disambung menggunakan paku dan kawat. Dari semua model dan jenis kusen, kusen pintu cor ini adalah jenis yang paling kuat dan tahan terhadap beban yang berat. Namun, dalam proses pembuatannya perlu diperhatikan dan diperhitungkan secara matang karena akan sangat sulit diubah jika terdapat kesalahan.

Beberapa kelebihan lainnya kusen pintu cor adalah tidak mudah menyusut dan keropos, tahan rayap, serta dapat dibentuk sesuai keinginan dan disesuaikan dengan model rumah modern.

8. Perpaduan Dua Material

Model rumah modern cenderung memiliki ciri yang tidak monoton dan berani, sehingga perpaduan pada pintu dan jendela merupakan hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dapat diaplikasikan dalam contoh penggunaan bahan kusen besi dan kayu. Besi yang berwarna hitam kemudian dipadukan dengan kayu yang memiliki motif dan warna coklat merupakan salah satu model yang cukup menunjukkan tidak monotonnya rumah tersebut. Sehingga, kedua material ini dapat menghasilkan hunian modern yang unik.

9. Kusen Pintu Besi dengan Teralis Pelindung

Selain sebagai pelindung untuk mengamankan rumah dari tingkat pencurian, teralis juga berfungsi sebagai penambah dekorasi pada pintu dan jendela. Dengan banyaknya desain tralis seperti bunga, tumbuhan, hingga abstrak dapat mendukung kusen pintu dan jendela agar terlihat lebih manis dan cantik.

Tidak hanya itu, dalam desain rumah modern, teralis juga bisa menambah fungsi sebagai penambah dekorasi lain dengan pemilihan corak yang unik. Maka dari itu, perpaduan kusen yang unik ditambah dengan teralis yang bercorak unik akan membuat rumah modern tampak lebih menarik.

10. Kusen Pintu dan Jendela Kayu Sederhana

Bagi penyuka kusen kayu dan tidak ingin dipadukan dengan gaya apapun, model kusen ini juga sangat cocok diaplikasikan pada rumah modern. Walaupun namanya kusen pintu dan jendela kayu sederhana, tetapi hasil dari kayu dengan ornamen kaca akan tampak sangat elegan.

Model ini juga dapat memperlihatkan kepribadian pemilik rumah yang menyukai gaya natural namun tetap mengikuti gaya perkembangan zaman. Sayangnya, perawatan model kusen kayu harus dilakukan dengan baik dan teratur karena jika terlewat perawatan saja, kayu akan mudah keropos karena habis oleh rayap. Maka dari itu, kusen kayu harus dilapisi coating secara berkala.


11. Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Tirus

Sesuai dengan namanya yang mengandung kata 'minimalis', model kusen pintu dan jendela satu ini hanya perlu menggunakan corak atau motif yang sangat sederhana. Ini pun berlaku pada contoh kusen pintu dengan model skinny, model yang memiliki perbandingan tinggi lebih besar dari lebar pintu.

Dengan sedikitnya corak dan motif, pintu dan jendela akan lebih terlihat unik ketika dipadukan dengan pilihan-pilihan warna yang mencolok. Jangan lupa, warna yang dipilih juga harus disesuaikan dengan warna tema rumah itu sendiri. Semakin mencolok tampilan warna jendela dan daun pintu, akan semakin menarik dan unik tampilan rumah.

12. Kusen Pintu Putar

Model kusen pintu putar ini memang sangat sering dijumpai pada fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan. Namun, tidak ada salahnya mencoba membuat model kusen pintu putar di rumah. Model pintu putar dapat mempermudah jalan keluar masuk, membuka dan menutup, sehingga rumah juga dengan mudah mendapatkan aliran udara alami. Tidak hanya itu, pengait yang biasanya diletakkan di tengah, membuat konstruksinya bisa secara fleksibel diputar. Jangan lupa, kalau kamu mencoba untuk membuat kusen pintu putar, tambahkan beberapa tanaman hias di sisi kiri dan kanan pintu agar rumah semakin terlihat cantik dan modern.

13. Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Oversized

Beberapa rumah menginginkan banyak sirkulasi udara yang masuk ke dalam hunian agar rumah terasa lebih sejuk dan nyaman. Hal itulah yang menyebabkan banyak sekali rumah modern pada masa sekarang mengaplikasikan model pintu dan jendela minimalis dengan model oversized.

Modelnya yang besar dan cenderung sangat lebar membuat pintu dan jendela menjadi tidak sulit saat dibuka dan ditutup. Jangan lupa, padukan juga dengan aksen garis atau ornamen pembolong dalam pintu sehingga rumah mendapatkan tambahan cahaya alami yang tentunya juga mendukung penghematan pemakaian energi listrik.

14. Kusen Jendela dan Pintu Minimalis Kaca

Model minimalis kaca ini banyak ditemui pada desain rumah modern. Selain dapat menampilkan kesan unik yang menarik, kusen jendela dan pintu minimalis kaca juga membuat rumah tampak lebih bernilai tinggi atau mewah. Dalam pemasangannya, kamu dapat menambahkan dekorasi stiker kaca atau menambahkan gorden dengan pemilihan warna yang modern pada jendela. Hal tersebut berguna untuk menjaga privasi di dalam rumah sekaligus menghalau dari panasnya sinar matahari.

Baca juga: Kenali Jenis Material Dinding Interior Terbaik untuk Rumah!

---

Itu dia jenis dan model bahan kusen pintu dan jendela yang dapat dipertimbangkan dalam membuat rumah modern. Perpaduan antara jenis bahan dan model kusen harus sangat diperhatikan dan teliti agar dapat menampilkan rumah modern yang cantik dan nyaman bagi penghuninya. 

Temukan rumah impian minimalismu di BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua