Spinner Icon

Beberapa Kesalahpahaman Mengenai Konsep Rumah Minimalis

Author Image
Info Terbaru · 7 November 2016
Table of Contents:
Rumah minimalis adalah sebuah konsep rumah yang mengedepankan konsep-konsep yang sederhana, elegan, dan modern sehingga menciptakan sebuah rumah dengan ruangan yang memiliki efisiensi yang tinggi, baik dari sisi ruang dan fungsionalitas. 


Memang, inti utama dari rumah gaya ini adalah efisiensi, namun masih saja banyak kesalahpahaman dari orang-orang dalam menciptakan rumah berkonsep minimalis ini, sehingga membuat rumah terkadang terlalu efisien dan tidak nyaman untuk dihuni atau dilihat.


Berikut ini adalah beberapa kesalahpahaman yang banyak dimiliki orang mengenai rumah minimalis


Mengabaikan karakter


Terkadang, orang-orang yang ingin menciptakan rumah minimalis terlalu terpaku pada konsep sederhana, sehingga semua bagian rumah dibuat “sebiasa” mungkin, mulai dari pemilihan warna hingga pemilihan furnitur. Hasilnya, rumah tadi seakan akan tidak memiliki karakter atau jiwa, dan membuat rumah tadi seolah-olah bukanlah sebuah hunian, melainkan sebuah ruang tunggu.


Padahal kenyataannya karakter adalah salah satu hal yang sangat penting untuk sebuah rumah, karena membuat rumah tadi menjadi semakin nyaman untuk dihuni. Beberapa contoh mudah untuk memberikan sentuhan karakter untuk ruangan rumah Anda adalah dengan menambahkan hiasan, furnitur, atau aksen warna ke ruangan Anda sehingga terasa lebih hidup dan personal.


Mengabaikan warna dan corak seutuhnya


Memang putih adalah sebuah warna yang menunjukkan kesan sederhana terhadap suatu ruangan, yang sangat sesuai untuk rumah minimalis Anda. Namun, hal ini bukan berarti warna-warna lain tidak dapat digunakan pada rumah minimalis. 


Sebaliknya keberanian untuk menggunakan (dan memadupadankan) warna dan corak tertentu untuk rumah Anda sebenarnya dapat membangkitkan nuansa elegan dan modern untuk rumah Anda namun tetap terlihat simple atau sederhana. Dengan catatan, kedua hal ini tidak dipakai secara berlebihan.


Terlalu mengutamakan furnitur kecil


Kesalahan lain yang cukup sering dilakukan orang untuk rumah minimalisnya adalah salah dalam memilih furnitur untuk rumahnya. Orang sering terlalu mengutamakan furnitur-furnitur kecil untuk rumah minimalis mereka, yang pada kenyataannya, meskipun hemat dari sisi ruang, sebenarnya tidaklah cocok untuk ruangan rumah, sehingga membuat rumah minimalis tadi terlihat lapang namun tak sedap dipandang.


Kesalahan dalam memahami rumah minimalis memang harus dihindari, karena kesalahpahaman bukannya memberikan rumah minimalis yang efisien melainkan sebuah rumah yang tidak nyaman untuk dihuni dan dipandang. Oleh karena itu simulasikanlah rumah minimalis impian Anda secara matang layaknya melakukan simulasi KPR agar rumah minimalis Anda bukan hanya efisien namun juga menjadi rumah yang nyaman untuk hunian Anda bersama keluarga.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua