Spinner Icon

Belajar Menata Barang di Rumah a la Jepang

Author Image
Info Terbaru · 21 November 2016
Masyarakat Jepang memang dikenal memiliki tingkat efisiensi hidup yang tinggi, termasuk bagaimana mereka menata barang yang ada di rumah mereka.


Kali ini kami akan mengajak Anda belajar sedikit tentang bagaimana cara menata barang di rumah Anda secara efisien layaknya orang Jepang, sesuai dengan apa yang ditulis dalam buku best-seller “The Life Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing.” 


Menetapkan prioritas


Sebelum memulai menata barang-barang di rumah Anda, tentukan dahulu apa tujuan Anda. Apakah itu untuk memberi ruang lebih banyak untuk hobi Anda, menciptakan sebuah suasana baru untuk rumah Anda, atau sekedar untuk membuat rumah lebih bersih dan luang? Pilih satu prioritas utama agar Anda tahu apa barang yang sebaiknya disimpan dan apa yang sebaiknya disingkirkan.


Ingat! Cukup tentukan satu prioritas utama, karena jika Anda memilih lebih dari satu, maka besar kemungkinan hasilnya nanti tidak akan maksimal.


Hanya menyimpan barang-barang yang terpakai sekarang


Setelah tahu apa tujuan dan prioritas Anda dalam merapikan barang-barang, maka semuanya akan lebih mudah. Anda dapat menyisihkan semua barang-barang yang tidak berguna atau tidak terpakai sekarang, kata “sekarang” di sini adalah salah satu aspek penting dalam merapikan barang secara efisien. 


Aspek tersebut penting karena orang-orang sering tidak sadar bahwa mereka terbiasa menyimpan barang-barang yang tidak terpakai, dengan alasan bahwa mereka akan memerlukannya nanti. Banyak orang berpikir bahwa sepatu, tas, atau baju yang mereka simpan dan tidak gunakan sekarang, akan mereka gunakan suatu hari nanti. 


Kenyataannya hal ini sangat tidak mungkin terjadi, karena semakin lama mereka simpan, maka kondisi barang-barang tadi akan terus menurun dan membuat mereka ogah menggunakannya, yang pada akhirnya hanya akan menjadi sampah di rumah mereka.


Oleh karena itu, cara terbaik dalam menata barang adalah dengan menyisihkan semua barang yang tidak terpakai sekarang, dan hanya menyimpan barang-barang yang benar-benar Anda gunakan sekarang. Anda tidak perlu repot memikirkan bahwa “nanti” barang ini akan dipakai lagi, karena “nanti” tidaklah penting.


Simpan barang-barang yang berharga bagi Anda


Dalam proses penyisihan barang yang tidak terpakai, Anda kemungkinan besar akan berada dalam pertentangan besar untuk menentukan apakah suatu barang layak disimpan atau tidak. Ketika hal ini terjadi, selalu ingat bahwa...


“Manusia bukanlah mesin, mereka adalah makhluk yang memiliki emosi, yang bisa terikat dengan hal-hal atau benda-benda yang mereka sukai atau bermakna terhadap mereka.” 


Oleh karena itu, ketika ada barang, yang meskipun tidak logis untuk tetap disimpan atau sudah memiliki kondisi yang cukup menyedihkannamun karena satu dan lain hal penting bagi Anda dan keberadaannya membuat Anda bahagia, maka simpanlah barang tersebut. Jika dilakukan dengan tepat maka hal ini tidak akan memberikan pengaruh negatif ke aksi menata rumah Anda, melainkan hanya akan membuat diri Anda tetap bahagia.


Barang-barang yang dapat disimpan karena alasan ini misalnya, barang yang memiliki suatu arti khusus bagi Anda, pemberian dari orang yang penting untuk Anda, atau barang yang karena suatu hal benar-benar Anda sukai.


Menata barang di rumah dengan efisien memang sangat penting karena akan memberikan kenyamanan dan kebahagiaan bagi Anda, layaknya memiliki sebuah rumah impian secara efisien, yaitu dengan menggunakan program KPR rumah.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua