Spinner Icon

Beli Rumah Vs Kontrak, Manakah yang Lebih Baik?

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 27 Desember 2022
Table of Contents:

Mengontrak atau membeli rumah adalah topik yang selalu diperdebatkan semua orang. Memilih untuk membeli atau menyewa rumah/apartemen sebagai tempat tinggal adalah salah satu keputusan keuangan terpenting untuk kehidupan jangka panjang.

Orang sering memutuskan untuk membeli rumah karena menurutnya memiliki rumah sama dengan membangun aset investasi dalam jangka panjang. Padahal, situasi keuangan mereka bisa jadi lebih cocok untuk mengontrak.

Sama halnya dengan orang yang memilih untuk mengontrak. Mereka lebih suka pilihan ini karena fleksibilitas hidup (terutama mereka yang sering melakukan perjalanan bisnis/pindah kerja ke daerah lain).

Bagi kamu yang bingung untuk membeli atau mengontrak rumah, simak beberapa hal berikut sebelum membuat keputusan.


Kelebihan Beli Rumah Vs Kontrak

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan membeli atau mengontrak rumah yang mungkin dapat membantu kamu membuat keputusan yang tepat.

1. Kelebihan Mengontrak Rumah

Menyewa rumah sebenarnya merupakan alternatif yang paling terjangkau bagi keluarga muda untuk mendapatkan tempat tinggal semi permanen. Berikut beberapa kelebihan mengontrak rumah.

2. Cocok untuk Kamu yang Memiliki Mobilitas Tinggi

Rumah sewa sangat ideal jika kamu ditugaskan oleh perusahaan untuk tinggal di suatu daerah selama jangka waktu tertentu atau pekerjaan yang memungkinkan untuk kamu berpindah-pindah tempat. Tentu saja, ini bersifat sementara dan kamu mungkin tidak dapat tinggal di daerah tersebut secara permanen karena kamu mungkin akan dipindahkan ke daerah lain atau mendapatkan pekerjaan baru. Oleh karena itu, mengontrak rumah merupakan keputusan yang tepat. Tempat tinggal model ini hanya diperlukan untuk jangka waktu tertentu.

3. Biaya Maintenance yang Lebih Sedikit

Menyewa rumah pasti lebih murah daripada membeli rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan uang sewa, dan tidak perlu memikirkan biaya lainnya, seperti pajak. Biasanya, pemilik rumah kontrakanlah yang akan menanggung biayanya.

Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu memikirkan biaya renovasi karena kamu tidak tinggal secara permanen. Properti juga merupakan barang yang bisa rusak dan mahal perawatannya. Dalam hal ini, pemilik rumah juga menanggung biaya renovasi rumah tersebut.

4. Kekurangan Mengontrak Rumah

Meskipun ada beberapa keuntungan menyewa rumah, ada juga kerugiannya. Berikut beberapa contohnya.

Menyewa berarti melepaskan peluang investasi. Tidak peduli berapa banyak yang yang kamu keluarkan untuk menyewa, kamu tidak akan pernah mendapatkan uang itu kembali ataupun tidak akan mendapatkan propertinya.

Terus menutupi biaya perbaikan harian. Kamu memang tidak akan menanggung biaya renovasi, tetapi kerusakan kecil mungkin masih terjadi dan biasanya ini membutuhkan biaya  yang ditanggung oleh kamu sendiri

Biaya pindahan di akhir masa sewa. Ini mungkin bukan masalah besar, tetapi jika kamu memilih periode sewa yang singkat dan sering pindah, total biaya untuk pindah ini bisa menjadi signifikan.

Jika kamu terus mengontrak dalam waktu lama dan berpikir untuk tidak perlu memiliki rumah. Kamu harus mempertimbangkan saat masa tua nanti, akan berat jika saat pensiun kamu terus tinggal di rumah kontrakan karena yang pensiun ada yang harus dialokasikan untuk biaya tempat tinggal. Berbeda dengan yang memiliki rumah pribadi, maka uang pensiunnya dapat digunakan untuk hal lainnya.


Baca juga: Ketahui Cara Mengajukan KPR Rumah Bekas!


Kelebihan Membeli Rumah

Seperti menyewa, membeli rumah juga memiliki pro dan kontra. Memang, membeli rumah membutuhkan lebih banyak usaha dan persiapan keuangan yang lebih baik daripada menyewa properti hunian.

Namun, semua itu akan terbayar dengan kelebihan berikut.

1. Memiliki Hak Penuh atas Rumah Tersebut

Membeli rumah memberimu hak penuh untuk properti tersebut. Dengan demikian, kamu bisa mewariskan rumah dari generasi ke generasi dan dapat menempatinya selama beberapa dekade.

Selain itu, kamu juga berhak untuk menjual rumah kapan saja dan bahkan berhak mengubah bentuk rumah. Berbeda dengan rumah sewa dimana kamu berhak menggunakan rumah kontrakan tersebut untuk jangka waktu tertentu.

2. Investasi Jangka Panjang dan Dapat Dijadikan Bisnis

Membeli rumah seperti melakukan investasi jangka panjang. Tidak seperti menyewa rumah yang hanya ditempati dalam jangka waktu tertentu. Membeli rumah berarti kamu telah berinvestasi pada sarana investasi yang tepat yang dapat diwariskan kepada anak-anak kamu.

Dengan membeli rumah, kamu juga dapat menyewakannya. Jadi, selain mendapatkan capital gain, kamu juga bisa mendapatkan passive income dari bisnis menyewakan rumah. Jika rumahmu dekat dengan kantor atau kampus ternama, kamu bisa menyewakan rumah kamu dalam bentuk kost.

3. Dapat Dijadikan Jaminan

Jika suatu saat kamu membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk memulai usaha, rumahmu bisa dijadikan jaminan untuk mengajukan dana ke bank. Rumah pribadi merupakan aset yang dapat disewakan atau dijaminkan jika kamu mengajukan pinjaman ke bank. Sertifikat rumah inilah yang bisa berfungsi sebagai jaminan untuk memfasilitasi persetujuan proposal pendanaan.

4. Aman setelah Masa Pensiun

Jika kamu telah memiliki tempat tinggal, saat masa pensiun nanti kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan tempat tinggal. Dana pensiunmu juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya tanpa harus mengeluarkan biaya sewa tempat tinggal.

Baca juga: Begini 3 Cara Beli Rumah Syariah yang Wajib Dicoba


Kekurangan Membeli Rumah

Sebelum memutuskan membeli rumah, ada baiknya kamu mempertimbangkan kekurangan berikut ini:

Biaya perawatan, ada masanya rumah memerlukan perbaikan misal terjadinya kebocoran, kerusakan, dan lain sebagainya. Kamu juga akan memerlukan biaya ekstra jika ingin melakukan renovasi.

Diperlukan pengeluaran untuk biaya pajak bumi dan bangunan.


Berpikir Dengan Matang Sebelum Mengambil Keputusan

Dari pembahasan di atas, kedua pilihan sebenarnya memiliki kelebihan masing-masing. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti di mana kamu ingin tinggal, rumah seperti apa yang diinginkan, berapa biaya untuk menyewa atau membelinya, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin membeli rumah, ada baiknya kamu manfaatkan KPR. Dengan KPR, kamu bisa mendapatkan rumah impian tanpa perlu mengeluarkan uang sebanyak harga rumah. Tapi kamu bisa memilikinya dengan mencicil. Jadi bisa menyesuaikan budget-mu.

Salah satu manfaat KPR lainnya adalah sudah dilengkapi dengan asuransi kebakaran dan asuransi jiwa untuk kreditur. Selain itu, kamu tidak perlu takut membeli rumah dengan KPR karena legalitas rumah lebih terjamin. Bank juga akan membantu pengurusan sertifikat rumah dengan menunjuk langsung notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Jika kamu sedang mencari perumahan dengan KPR, kamu dapat memilih KPR dari Bank BTN. Tertarik untuk mengajukan KPR di bank BTN? Yuk, kunjungi website BTN Properti atau hubungi Call Center 1500286 untuk informasi lebih lanjut.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua