Spinner Icon

Beli Rumah vs Ngontrak, Mending yang Mana?

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 3 Juni 2022

Bagi pasangan baru, tempat tinggal menjadi salah satu hal yang penuh pertimbangan. Dimana hunian untuk ditinggali bersama pasangan, mau ngontrak terlebih dahulu, tinggal bareng orang tua, atau membeli rumah untuk ditinggali bersama?

Belum terkumpulnya tabungan menjadi salah satu alasan pasangan baru tidak membeli rumah. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Bank BTN, sebesar 24,9% milenial belum memiliki rumah karena merasa belum mampu secara finansial dan 17% karena belum mampu membayar uang muka.

Menurut Financial Planner, Prita Ghozie, kamu membutuhkan rumah tinggal jika kamu tidak memenuhi 3 kondisi berikut: belum memiliki kepastian lokasi bekerja (pekerjaan sering pindah kota), memiliki orang tua sepuh yang harus diurus, dan anak tunggal yang memiliki warisan keluarga.

Tidak ada salahnya jika kamu memilih mengontrak rumah terlebih dahulu sambil mengumpulkan dana untuk membeli rumah. Kelebihan dari mengontrak rumah adalah kamu tidak perlu mengeluarkan dana maintenance. Untuk kekurangannya, jika mengontrak kamu akan terus mengeluarkan uang namun tidak memiliki asetnya. Selain itu, mengontrak rumah selalu ada kemungkinan untuk kamu berpindah-pindah, bisa karena penyewa rumah yang sudah tidak mau perpanjang kontrak, rumah yang sudah tidak sesuai apalagi jika sudah punya anak, dan berbagai alasan lainnya.

Rumah merupakan kebutuhan dasar dan asset terbesar dari suatu keluarga. Rumah tinggal milik sendiri akan menjadi aset dalam net worth atau kekayaan bersih seseorang. Jika kelak ke depannya kamu akan memiliki keturunan, memiliki rumah pribadi tentunya akan membuat hidup kamu lebih nyaman.

Selain itu, harga rumah juga semakin naik, rata-rata biaya rumah naik 7% per tahun. Semakin lama kamu mengumpulkan uang, maka kemungkinan harga rumah incaranmu juga semakin naik. KPR bisa jadi solusi untuk kamu segera memiliki rumah. Jika kamu belum memiliki dana untuk uang muka, banyak promo KPR yang menawarkan DP 0%.

Kelebihan memiliki rumah sendiri, selain akan menjadi asset investasi, kamu juga bebas merenovasi dan mendesain tempat tinggal sesukamu. Namun perlu diperhatikan juga agar kamu memiliki dana darurat untuk maintenance rumah, jikalau suatu saat nanti terjadi kerusakan.  

Jadi, pilihlah yang bijak untuk tempat tinggalmu dan keluarga. Setiap pilihan akan ada konsekuensinya. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan sesuai kondisi keuangan dan kondisi keluarga.

Untuk kamu yang sudah siap memiliki rumah pribadi, beragam pilihan rumah di BTN Properti bisa jadi pilihan yang tepat. Manfaatkan juga beragam penawaran promo KPR dari Bank BTN.

Sumber:

https://ekbis.sindonews.com/read/506722/34/pilih-ngontrak-atau-nyicil-beli-rumah-simak-saran-dari-ahli-1628568519/

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua