Spinner Icon

Biaya yang Harus Kamu Siapkan untuk Membeli Rumah Secara KPR

Author Image
Nabila Azmi
Tips Pengajuan KPR · 18 Maret 2022

KPR menjadi salah satu solusi untuk milenial agar dapat memiliki rumah impian. Terkadang milenial hanya fokus dalam mengumpulkan dana untuk pembayaran uang muka saja, tapi tahukah kamu ada beberapa komonen biaya yang tak kalah penting dari pembayaran uang muka yang juga harus kamu siapkan untuk membeli rumah. Dana apa saja yang harus disiapkan untuk membeli rumah secara KPR?


Cek info berikut terkait biaya-biaya yang perlu kamu siapkan untuk membeli rumah secara KPR.

1. Biaya Booking Fee dan Pembayaran Uang Muka

Booking fee dibayarkan kepada pengembang atau penjual rumah sebagai tanda jadi. Biasanya dibayarkah terlebih dahulu sambal menunggu proses KPR berjalan. Jika pengajuan KPR tidak disetujui, biaya booking fee biasanya dapat dikembalikan. Besarnya biaya booking fee kesepakatan antara pengembang atau penjual rumah dengan calon pembeli. 

Ketentuan Pembayaran Uang Muka tergantung pada kebijakan masing-masing bank untuk biaya besarannya. Ada bank yang dapat menawarkan pembayaran uang muka mulai dari 0% seperti BTN KPR Gaess yang bisa kamu cek ketentuannya di sini

 

2. Biaya Pajak dan Pengikatan

Biaya Notaris. Dalam jual beli rumah akan ada jasa notaris yang diperlukan untuk membuat Akta Jual Beli (AJB), perjanjian KPR, dan dokumen legal lainnya yang diperlukan.  

Biaya BPHTB atau Pajak Pembeli. Pembeli rumah harus membayar pajak pembelian rumah. Pajak yang harus dibayarkan merupakan 5% dari harga jual dikurangi nilai jual obyek pajak tidak kena pajak.

Biaya APHT atau Akta Pemberian Hak Tanggungan merupakan surat jaminan antara debitur dan kreditur atau sebagai biaya jaminan pelunasan utang antara debitor kepada kreditur. Biaya APHT bisa berbeda sesuai kebijakan. 

Biaya Balik Nama Sertifikat akan berbeda tergantung pada daerah, luas tanah, dan banguan dari rumah tersebut. Biasanya biaya ini akan termasuk pada rincian biaya notaris.

Asuransi. Bank biasanya akan mengenakan biaya asuransi jiwa dan asuransi kebakaran. Asuransi jiwa diperlukan untuk menghindari gagal bayar apabila kreditur meninggal dunia sebelum kredit lunas. Sedangkan asuransi kebakaran diperuntukkan untuk menghindari kerugian akibat kebakaran pada rumah. Namun ketentuan asuransi akan berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing bank.

 

3. Biaya Proses Bank

Biaya Appraisal dibebankan sebagai biaya pengecekan dan validasi dokumen dari rumah yang akan diperjual belikan. 

Biaya Provisi dan Administrasi Bank. Umumnya besarnya biaya administrasi provisi KPR akan dibebankan sebesar 1% dari jumlah plafon kredit yang disetujui.  

 

Jika kamu bingung berapa estimasi biaya yang diperlukan dalam mengajukan KPR, kamu bisa cek estimasinya di kalkulator simulasi KPR di www.btnproperti.co.id atau klik di sini. Dengan simulasi KPR di BTN Properti, selain mengetahui jumlah pembayaran uang muka dan cicilan tapi kamu juga bisa tahu estimasi biaya-biaya lainnya yang perlu dipersiapkan.

Sudah punya rumah yang diinginkan tapi bingung biayanya. Tenang aja! Coba cek KPR BTN Gaess dari Bank BTN. KPR ini ditujukan bagi milenial berusia 21-40 tahun yang sudah memiliki penghasilan tetap dan ingin memiliki rumah.

Tidak perlu khawatir, KPR BTN Gaess memberikan pembayaran uang muka mulai dari 0% (sesuai ketentuan yang berlaku). Jangka waktu yang cukup lama hingga 30 tahun untuk KPR dan 20 tahun untuk KPA, sehingga cicilan pun bisa menjadi lebih ringan.

Pembyaran uang muka 0%, pasti bunganya mahal. Eitss, kata siapa? Ada penawaran bunga fixed rate 4,75% selama 2 tahun. Suku bunga ini berlaku untuk periode akad hingga 31 Desember 2022. Cicilan naik bertahap dan ga ngagetin.  Khusus untuk pengajuan akad hingga 31 Maret 2022 melalui BTN Anniversary Virtual Property Expo di https://btnpropertiexpo.com/ kamu bisa berkesempatan mendapatkan bunga special fixed rate 3,72% selama 1 tahun.

Menarik bukan? Ga cuma itu, kamu juga tidak perlu pusing untuk biaya-biaya yang dikeluarkan untuk membeli rumah. Karena dengan pengajuan KPR BTN Gaess secara online di www.btnproperti.co.id kamu bisa mendapatkan bebas biaya provisi dan administrasi untuk periode akad hingga 31 Maret 2022 (sesuai ketentuan yang berlaku). Jadi tunggu apalagi, segera cari hunian idaman kamu dan ajukan KPR segera di sini atau kunjungi https://btnpropertiexpo.com/

 

Sumber:

·       https://prospeku.com/artikel/biaya-kpr---3359

·       https://www.rumah.com/panduan-properti/biaya-kpr-36114

·       https://www.intiland.com/id/blog/sembilan-komponen-biaya-kpr-yang-perlu-anda-ketahui/

·       https://www.rumah123.com/panduan-properti/membeli-properti-93075-biaya-akad-kpr-id.html

·       https://www.99.co/blog/indonesia/biaya-kpr/

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua