Spinner Icon

Bikin Hunian Lebih Canggih dengan Peralatan Smart Home System

Author Image
Nabila Azmi
Berita Terkini · 30 Mei 2022

Dengan kemajuan teknologi, peralatan rumah pun semakin canggih, beragam, dan memiliki fitur yang mempermudah kita menggunakannya. Dikenal sebagai smart home system atau teknologi rumah pintar, peralatan rumah yang dapat dikontrol secara otomatis dari jarak jauh atau dari mana saja dengan koneksi internet melalui perangkat seluler atau perangkat lainnya. Teknologi rumah pintar ini benar-benar mewujudkan smart home yang sepenuhnya otomatis. 

Berikut beberapa alat rumah tangga yang bisa kamu gunakan untuk menjadikan hunianmu menjadi rumah pintar dan membuatmu makin nyaman di rumah:

 

Robot Vacuum


Robot vacuum mempermudah kamu dalam membersihkan ruangan. Robot vacuum dapat membersihkan lantai dan menggantikan fungsi sapu dan pel. Bentuknya yang tipis dan kecil, memungkinkan robot vacuum dapat menjangkau sela-sela ruangan yang sempit dan kecil seperti bawah sofa atau Kasur. Biasanya robot vacuum juga dilengkapi dengan sensor sehingga robot vacuum dapat terhindar dari tabrakan atau terjatuh dari tangga. Pengoperasiannya pun dapat dipantau dari ponsel. Tinggal duduk manis dan robot vacuum akan membersihkan rumahmu.


Smart Door Lock


Sekarang, untuk membuka pintu rumah tidak perlu lagi membawa kunci kemana-mana. Dengan gagang pintu pintar, memudahkan para pengguna untuk membuka tanpa khawatir kehilangan atau ketinggalan kunci. Gagang pintu ini dapat dibuka dengan menggunakan sidik jari atau kombinasi angka. Selain itu, gagang pintu ini juga menyulitkan orang asing untuk masuk secara leluasa ke dalam rumah.


Smart Lamp


Smart lamp atau lampu pintar juga bisa digunakan dengan praktis melalui aplikasi, sehingga kendalinya dapat diatur dari jarak jauh. Kamu juga dapat mengubah pencahayaan dan warna lampunya. Penggunaan lampu pintar biasanya terintegrasi melalui konektivitas jaringan, baik jaringan LAN, Wi-Fi ataupun Bluetooth.

 

Baby Monitor


Bagi kamu yang telah memiliki anak, baby monitor bisa jadi solusi untuk memantau kondisi anak kapanpun dan dimanapun. Dengan baby monitor, orang tua dapat berkomunikasi dengan anak secara 2 arah. Dengan resolusi yang jernih dan dapat menampilkan gambar 360 derajat, baby monitor juga dapat digunakan saat anak sedang tidur.

 

Sumber:

7 Rekomendasi Produk Smart Home Beserta Harganya | Popmama.com

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smart Lamp | BukaReview (bukalapak.com)

10 Rekomendasi Produk Smart Home dan Harganya, Canggih! (popbela.com)

Mengenal Smart Home System, Teknologi Canggih untuk Mengatur Rumah dari Jarak Jauh! | Orami

Apa itu IoT Smart Home? - BARDI Smart Home Indonesia

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua