Spinner Icon

Cara Alami Membuat Rumah Tetap Segar

Author Image
Info Terbaru · 15 November 2016
Bisnis.com, JAKARTA - Ada berbagai cara untuk menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan memaksimalkan atau mengurangi ekspos diri kita terhadap bahan kimia beracun. Contohnya, seperti mengurangi penggunaan pewangi buatan yang sebagian besar mengandung bahan kimia berbahaya.


Pewangi buatan sebagian besar mengandung zat kimia yang dapat mengganggu hormon dan menyebabkan iritasi. Walau jika disemprotkan memang akan membuat susana di rumah sekekita terasa menjadi segar, namun jika membahayakan tentu sebaiknya dihindari.

 
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya, tanpa melibatkan penggunaan pewangi buatan. - Rumahku.com
Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan agar suasana di rumah Anda tetap segar, tanpa harus menanggung risiko kesehatan Anda bakal terganggu nantinya.


Pertama, beralihlah ke produk pembersih non-toksik yang tidak meninggalkan bau atau residu.


Kedua, rutinlah bersihkan ruangan rumah Anda. Sapu, pel, dan vakumlah ruangan secara teratur. Rambut dan bulu dari hewan peliharaan yang lama tercecer dapat menyebabkan bau tak sedap. Sehingga dengan membersihkan ruangan secara teratur dapat menangkal hadirnya bau tak sedap.


Ketiga, sebaiknya setiap limbah makanan Anda tempatkan di luar rumah, di komposter. Ini akan menangkal timbulnya bau di rumah, dan akan membuat suasana di rumah tetap segar.


Pewangi Buatan

Selanjutnya, jika di ruangan sudah timbul bau tak sedap. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya, tanpa melibatkan penggunaan pewangi buatan.


Pertama, tuangkan baking soda pada beberapa wadah kecil. Lalu taruh di beberapa sudut ruang di rumah. Bakin soda akan menyerap bau tak sedap.


Kedua, Anda juga dapat meggunakan cuka putih. Bersihkan ruangan dengan menggunakan cuka putih, maka bau tak sedap akan menghilang. Sedang jika timbul bau dari cuka, jangan takut, akan segera menghilang.


Ketiga, jika bau disinyalir berasal dari kulkas, Anda dapat menaruh beberapa lembar roti tawar untuk menyerap bau tak sedap.


Pewangi Alami

Sedangkan jika Anda berpikir untuk membuat pewangi alami buatan sendiri, berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan:


Pertama, untuk menghadirkan bau segar yang lembut Anda bisa menggunakan kulit jeruk yang Anda rebus. Rebusan kulit jeruk akan menghasilkan minyak alami yang berbau segar.


Kedua, Anda juga bisa menggunakan rebusan kayu manis, cengkih, atau rempah-rempah wangi lainnya.


Ketiga, tuangkan beberapa tetes ekstrak vanili atau penyedap alami lainya pada sebuah wadah kecil lalu taruhlah pada akses-akses ventilasi di rumah.


Keempat, Anda bisa menggunakan beberapa irisan lemon atau jeruk yang Anda truh di dapur. Hal ini akan menangkal hadirnya bau tak sedap dari dapurkan.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua