Spinner Icon

Cara Membersihkan Karpet di Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman Digunakan

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 25 Januari 2021
Table of Contents:

Cara Membersihkan Karpet memang tidak mudah mengingat materialnya yang cukup berat. Namun, kamu tidak perlu khawatir serta perlu memperhatikan hal penting berikut ini agar karpet di rumah tidak rusak saat dibersihkan.

Tentunya karpet memiliki banyak jenis dengan berbagai macam material yang digunakan, bukan? Pada umumnya, karpet yang sering digunakan yaitu karpet dengan material wol atau karpet bulu. Karena jenisnya yang lembut dan hangat memberikan kesan minimalis untuk interior rumahmu. Pola dan warna yang cantik akan memaksimalkan desain interior sebuah hunian.

Karpet bulu yang tebal membutuhkan perawatan dengan membersihkannya secara rutin dan tepat. Untuk itu kamu harus membersihkan karpet bulu agar tidak lembab atau berjamur. Apalagi debu dan kotoran sangat mudah menempel di karpet bulu dan membuat tidak nyaman saat digunakan. Berikut ini tips mudah Cara Membersihkan Karpet bulu agar tetap terlihat bersih dan awet.


Cara Membersihkan Karpet dengan Menggunakan Vacuum Cleaner


(Unsplash)

Cara Membersihkan Karpet yang pertama yaitu dengan menggunakan alat penghisap debu atau biasa disebut vacuum cleaner. Penggunaan vacuum dalam membersihkan karpet akan lebih memudahkan serta meringankan pekerjaan saat melakukan perawatan karpet. Vacuum cleaner bisa menghisap debu dan kotoran yang menempel dalam sekejap.

Namun, kamu tidak boleh langsung membersihkan karpet bulu dengan alat canggih ini, ya! Hal ini dikarenakan karpet bulu memiliki material lebih lembut dan sensitif dibanding jenis karpet lainnya. Jangan sampai bulu-bulu pada karpet rusak atau ikutan terhisap oleh vacuum cleaner. Untuk itu sebaiknya kamu melapisi ujung vacuum cleaner terlebih dahulu menggunakan kain tipis untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Selain membersihkan permukaan atas karpet, kamu juga perlu membersihkan bagian belakang karpet agar lebih bersih secara keseluruhan.


Cara Membersihkan Karpet dengan Menggunakan Sikat yang Lembut


(Unsplash)

Cara Membersihkan Karpet selanjutnya yaitu dengan menggunakan sikat yang lembut. Hindari menyapu permukaan karpet bulu, ya! Menyapu karpet bulu justru akan merusak permukaan karpet dan bisa membuat karpet rusak. Cara Membersihkan karpet yang benar yaitu dengan menggunakan sikat lembut secara perlahan dan berhati-hati.

Sikat lembut mampu membersihkan debu serta kotoran yang menempel pada permukaan bulu-bulu karpet. Setelah itu kamu bisa mengibaskan karpet di luar ruangan untuk menghilangkan debu yang menempel. Lakukan secara rutin agar karpet bersih dari debu dan nyaman untuk digunakan.

 

Cara Membersihkan Karpet dengan Dijemur 


(Unsplash)

Cara Membersihkan Karpet yang efektif dengan cara dijemur di bawah sinar matahari langsung. Hal ini berguna agar karpet bulu senantiasa kering maksimal dan tidak lembab. Menjemur karpet pada pagi atau siang hari dapat membuat karpet terhindar dari jamur dan bau tidak sedap.

Jemur karpet seminggu sekali untuk menghindari adanya bakteri dan kuman pada karpet. Sehingga karpet akan lebih empuk dan nyaman saat digunakan untuk bersantai bersama keluarga di rumah.

 

Manfaatkan Penggunaan Lemon, Cuka, dan Baking Soda untuk Membersihkan Karpet


(Unsplash)

Selain untuk membersihkan permukaan pada karpet bulu, kamu bisa menggunakan air perasan lemon, cuka, atau baking soda sebagai alternatif menghilangkan bau tidak sedap di karpet. Atau sekadar membersihkan noda membandel pada karpet bulu kesayangan kamu.

Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan salah satu bahan tersebut dengan sedikit air lalu masukan ke dalam botol spray yang telah disiapkan. Kemudian kamu tinggal menyemprotkan air campuran tersebut ke permukaan karpet yang terkena noda atau bau tidak sedap. Lalu diamkan sekitar 10-15 menit dan bersihkan menggunakan kain agar tetap kering.

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua