Spinner Icon

Cara Membersihkan Lantai Kayu Agar Selalu Bersih dan Awet

Author Image
Info Terbaru · 11 Mei 2021
Table of Contents:

Cara Membersihkan Lantai Kayu di rumahmu sebenarnya mudah untuk dilakukan lho. Dengan rutin membersihkan lantai kayu di rumah, maka lantai akan terawat dengan baik sehingga bisa awet dan bersih. Ada banyak pilihan material yang bisa digunakan untuk digunakan pada lantai rumah. Pada umumnya penghuni rumah menggunakan keramik atau marmer sebagai material utama lantai. Namun, dengan berkembangnya jaman, banyak orang beralih menggunakan lantai kayu yang bersifat lebih minimalis dan kuat.

Lantai kayu memberikan kesan rustic yang vintage untuk desain interior rumah dengan nuansa lebih hangat dan alami seperti di pedesaan lho. Selain itu, lantai kayu bisa memberikan efek visual yang lebih menarik. Yang paling penting lagi, kayu merupakan material paling aman untuk mencegah terpeleset dan licin.

Kini sudah saatnya kamu memikirkan untuk mengubah penggunaan material lantai dengan lantai kayu yang mudah untuk dibersihkan. Cara Membersihkan Lantai Kayu bisa dikatakan tidak terlalu sulit dibandingkan material lainnya. Seperti debu, sisa makanan, dan kotoran pastinya akan selalu ada setiap hari dan menempel di bagian lantai dan sudut ruangan. Kamu perlu membersihkannya agar ruangan selalu bersih dari bakteri dan virus sehingga dapat menciptakan rumah yang bersih dan sehat.

Berikut ini Cara Membersihkan Lantai Kayu di rumah agar tetap bersih dan terjaga kualitas materialnya!


Cara Membersihkan Lantai Kayu dengan Rutin Menyapu Ruangan


(Pexels)

Cara Membersihkan Lantai Kayu di rumah sangatlah mudah dengan membersihkannya secara rutin menggunakan peralatan pembersih seperti sapu, alat pel, dan lap bersih. Jika kamu menginginkan perawatan yang maksimal, kamu bisa menggunakan alat seperti vacuum cleaner yang bisa menyedot debu dan kotoran secara menyeluruh di ruangan.

Biasakan untuk membersihkan lantai kayu dengan menyapu minimal 2 kali sehari setiap harinya untuk memastikan lantai bersih dari debu dan kotoran. Untuk membersihkan noda yang menempel pada lantai kayu kamu bisa menggunakan lap yang diberikan sedikit air untuk menghilangkan noda di lantai kayu tersebut.

Lantai dengan material kayu biasanya akan mudah lapuk jika terkena air terlalu sering. Maka dari itu disarankan untuk menghindari penggunaan pel lantai. Gunakan vacuum cleaner agar lantai tetap awet dan tidak rusak.

 

Cara Membersihkan Lantai Kayu dengan Lap Kering dan Pel


(Pexels)

Cara Membersihkan Lantai Kayu yang baik dengan cara menghindari lantai terkena air terlalu banyak dan sering. Hal ini dapat membuat lapisan kayu semakin lapuk dan lembab. Jika diharuskan untuk membersihkan lantai dengan dipel, sebaiknya menggunakan air hangat dan dikeringkan menggunakan kain kering sehingga permukaan lantai tetap awet dan kualitasnya tetap terjaga.

Nah, untuk kamu yang menginginkan tampilan lantai rumah dengan material atau motif kayu yang tahan lama sebaiknya menggunakan material parket atau vinyl yang perawatannya lebih mudah.


Gunakan Pembersih yang Tepat Merupakan Cara Membersihkan Lantai Kayu di Rumah


(Pexels)


Cara Membersihkan Lantai Kayu di rumah dengan material kayu solid, parket, atau vinyl harus menggunakan cairan pembersih lantai yang tepat. Hal ini disarankan untuk menghindari kerusakan pada material lantai tersebut. Kini, banyak merek cairan pembersih lantai kayu yang bagus dan bisa kamu gunakan sehari-harinya. Pastikan lantai kering setelah dipel atau dibersihkan menggunakan cairan pembersih untuk menghindari terjadinya gesekan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan atau licin.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua