Spinner Icon

Cara Membersihkan Peralatan Dapur Dengan Mudah

Author Image
Info Terbaru · 5 Januari 2021
Table of Contents:

Cara Membersihkan Peralatan Dapur sebenarnya sangat mudah dan praktis jika dilakukan secara tepat. Menjaga kebersihan dapur serta melakukan perawatan pada setiap peralatan dapur menjadi hal penting untuk kesehatan keluarga. Jangan sampai peralatan dapur yang digunakan ketika memasak dan peralatan makan bisa menimbulkan penyakit karena tidak dirawat kebersihannya.

Selain itu, kebersihan dan perawatan terhadap peralatan dapur juga berguna untuk mencegah kerusakan lebih dini. Peralatan masak cukup menguras kantong jika kamu tidak pandai merawat dan membersihkannya sehingga bisa membuat boros. Untuk itu kamu harus sering membersihkannya agar awet dan bisa dipakai untuk beberapa tahun ke depan. Nah, berikut ini Cara Membersihkan Peralatan Dapur yang bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah dan praktis.


Cara Membersihkan Peralatan Dapur Menggunakan Spons 


(Pexels)

Ketika selesai makan biasanya kamu mengumpulkan perabot makan dan peralatan masak menjadi satu tumpukan di wastafel dan tidak langsung mencucinya. Hal ini mengakibatkan noda kotoran menempel dan sulit dibersihkan. 

NahCara Membersihkan Peralatan Dapur seperti ini bisa dengan menggunakan spons yang lembut dan tebal. Kemudian teteskan cairan pencuci piring ke dalam spons di bagian sisi kanan dan kiri. Cara ini dilakukan agar busa sabun akan lebih banyak dan kamu bisa mencuci piring tanpa tambahan sabun pencuci piring lagi. Gosok semua peralatan dapur hingga bersih. Dengan melakukan cara ini kamu bisa berhemat sekaligus mencuci semua peralatan dapur sampai tuntas.


Cara Membersihkan Peralatan Dapur Secara Tepat dan Aman


(Pexels)


Memasak menjadi kegiatan yang menyenangkan hingga menghasilkan beragam menu masakan yang lezat untuk keluarga. Bagi kamu yang menyukai memasak dan memiliki hobi masak, tentunya bisa betah berlama-lama di dapur. Namun, perlu diketahui bahwa biasanya setelah memasak, pada bagian atas dan beberapa sisi kompor terdapat kotoran yang berasal dari masakan tadi. Nah, untuk itu harus langsung dibersihkan, ya!

Cara Membersihkan Peralatan Dapur dengan permasalahan seperti ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan lemon, soda kue, sikat gigi tidak terpakai, dan air. Campurkan bahan-bahan tadi hingga membentuk pasta yang kental kemudian bersihkan secara hati-hati. Baking soda atau soda kue sangat cocok untuk membersihkan peralatan dapur dengan material stainless steel hingga bersih mengkilap. 


Cara Membersihkan Peralatan Dapur Menggunakan Bahan Alami 


(Pexels)


Cara Membersihkan Peralatan Dapur lainnya bisa menggunakan bahan alami seperti baking soda atau dicuci di atas air mengalir menggunakan sabun pencuci piring. Misalnya talenan yang sering digunakan untuk alas memotong berbagai macam bahan makanan. Lama kelamaan talenan akan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan apalagi material kayu rentan terkena jamur karena lembap dan basah. Setelah itu keringkan dan kemudian bisa disimpan di lemari makan.


Terapkan Cara Membersihkan Peralatan Dapur Secara Tepat


(Unsplash)


Agar peralatan dan perabot dapur tidak mudah rusak, kamu harus menerapkan Cara Membersihkan Peralatan Dapur dengan tepat. Untuk peralatan dapur dengan material besi, keramik, dan marble, sebaiknya menggunakan spons lembut yang tidak akan merusak permukaan dari wajan atau panci. Jika membersihkannya dengan spons logam dikhawatirkan akan mengikis permukaan wajan dan tidak baik untuk kesehatan.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua