Spinner Icon

Harus Tahu! Strategi Menabung Efektif untuk Beli Rumah Impian

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 1 Desember 2023
Table of Contents:
  • Membuat Anggaran yang Realistis
  • Menyisihkan Gaji untuk Tabungan Membeli Rumah
  • Pilih Jenis Investasi Tepat
  • Mencari Penghasilan Tambahan
  • Pertimbangkan Program Perumahan Subsidi
  • Tentukan Besar Cicilan Sesuai Kemampuan
  • 1. Evaluasi Pendapatan dan Pengeluaran
  • 2. Menentukan Batas Persentase Cicilan
  • 3. Memperhitungkan Biaya Tambahan
  • 4. Pertimbangkan Risiko dan Ketidakpastian
  • 5. Menghindari Godaan Membeli Rumah yang Melebihi Kemampuan Keuangan
  • 6. Konsultasi dengan Profesional Keuangan
  • Buka Rekening Terpisah untuk Menabung
  • BTN Sebagai Solusi untuk Rumah Impianmu

Membeli rumah dengan gaji pas-pasan mungkin terdengar mustahil. Namun, dengan perencanaan, gaya hidup hemat, serta disiplin keuangan yang baik, kamu bisa memiliki rumah impianmu.

Salah satu cara menabung untuk membeli rumah impian dengan gaji terbatas adalah dengan mencari opsi harga rumah yang lebih terjangkau.Kamu juga dapat mengikuti program KPR subsidi atau skema kredit rumah yang ditawarkan oleh pemerintah atau lembaga keuangan. Selain itu, masih banyak cara menabung untuk beli rumah yang bisa kamu ikuti. Simak artikel ini untuk mengetahui 7 langkah efektif untuk mencapainya.

Key Takeaways:

  • Cara menabung untuk beli rumah yang paling utama adalah dengan membuat rencana keuangan secara realistis berdasarkan gaji yang diterima setiap bulannya.
  • Menetapkan prioritas untuk menyisihkan sebagian pendapatan sejak awal adalah cara menabung untuk beli rumah yang bijaksana.

Membuat Anggaran yang Realistis


Cara menabung untuk beli rumah pertama adalah dengan membuat rencana keuangan secara realistis berdasarkan gaji yang kamu dapatkan. Setelah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran bulanan dengan detail, kamu bisa mengidentifikasi area yang memungkinkan untuk menghemat. Misalnya, jika kamu sering makan di luar, pertimbangkan gaya hidup hemat seperti memasak di rumah, dan membawa bekal ke kantor. Dengan demikian, kamu tidak hanya menghemat uang, tetapi juga lebih sehat.

Selain itu, hindari pembelian impulsif yang sering kali hanya memberikan kepuasan sementara. Sebelum membeli barang yang tidak begitu penting, pertimbangkan apakah itu benar-benar diperlukan dan apakah kamu bisa menggunakan uang itu sebagai tabungan untuk beli rumah.

Kemudian, tetapkan target penghematan bulanan dan tetap disiplin dalam mencapainya. Kamu bisa memotivasi diri sendiri dengan mengingat tujuan akhir, yaitu membeli rumah impian. Dengan perencanaan dan komitmen yang baik, kamu akan semakin mendekati impian untuk membeli rumah dengan gaji yang terbatas.


Menyisihkan Gaji untuk Tabungan Membeli Rumah

Menetapkan prioritas untuk menyisihkan sebagian pendapatan sejak awal adalah cara bijaksana untuk menabung beli rumah. Usahakan untuk menyisihkan minimal 10-20% dari gaji setiap bulannya. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa tabungan tersebut dialokasikan di akun yang tepat, seperti tabungan atau rekening investasi yang memberikan keuntungan dengan tingkat risiko yang sesuai.

Dengan mempertimbangkan hal ini, rencana menabung untuk beli rumah dengan gaji yang terbatas bisa kamu capai dengan lebih cepat. Selain berfokus menabung untuk membeli rumah, selalu lakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pengeluaran kamu secara rutin.


Pilih Jenis Investasi Tepat

Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji terbatas berikutnya adalah dengan memanfaatkan instrumen investasi yang tepat. Ini adalah jenis instrumen investasi yang bertujuan untuk mengalokasikan dana pada keuangan atau aset lainnya dengan tujuan khusus, seperti menabung beli rumah. Dengan menginvestasikan uang secara cerdas, kamu dapat mengumpulkan dana yang cukup untuk memenuhi pembayaran uang muka.


Mencari Penghasilan Tambahan

Untuk meningkatkan tabungan beli rumah, kamu bisa pertimbangkan untuk mencari pendapatan tambahan, seperti pekerjaan sampingan atau proyek lepas. Kamu juga bisa mengembangkan keterampilan yang dapat menghasilkan uang, seperti fotografi, desain grafis, atau menulis konten. Selain mempunyai penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan, kesempatan kamu menabung untuk beli rumah akan semakin besar dan lebih cepat tercapai.

Di sisi lain, pertimbangkan juga untuk melakukan investasi pasif seperti saham atau reksa dana karena hal ini berpotensi memberikan pendapatan tambahan melalui keuntungan dan dividen. Ingatlah bahwa mencari pendapatan tambahan memerlukan waktu dan usaha ekstra. Jadi, pastikan kamu menyeimbangkan pekerjaan utama, kehidupan pribadi, dan usaha untuk mencari pendapatan tambahan.


Pertimbangkan Program Perumahan Subsidi

Memanfaatkan program perumahan subsidi juga dapat menjadi pilihan dan memudahkan kamu menabung untuk beli rumah dengan gaji terbatas. Program ini sebagai bagian dari upaya untuk memberikan akses harga rumah yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

Untuk mengecek apakah kamu memenuhi syarat untuk program perumahan subsidi, carilah informasi dari sumber-sumber tepercaya seperti situs web pemerintah atau kementerian perumahan. Pahami dengan baik persyaratan yang harus kamu penuhi, seperti batas penghasilan, status kepemilikan rumah sebelumnya, dan kelayakan lainnya untuk memiliki rumah. Selain itu, cari tahu apakah ada program lain yang dapat membantu kamu merencanakan pembelian rumah, seperti program bantuan pemerintah untuk uang muka, dan program pengurangan pajak.

Baca juga: Ini Dia Cara Over Kredit Rumah Subsidi yang Aman


Tentukan Besar Cicilan Sesuai Kemampuan


Menentukan besar cicilan sesuai kemampuan adalah langkah krusial dalam cara menabung untuk beli rumah impian kamu, terlebih dengan gaji yang terbatas. Jika ingin memastikan bahwa kamu dapat mengatasi pembayaran cicilan harga rumah dengan lancar tanpa mengorbankan kestabilan keuangan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

1. Evaluasi Pendapatan dan Pengeluaran

Pertama, lakukan identifikasi terkait berapa jumlah total pendapatan kamu setiap bulan, dan semua pengeluaran rutin kamu. Ini termasuk biaya tetap seperti sewa, tagihan utilitas, asuransi, dan pengeluaran lainnya untuk makanan, transportasi, dan rekreasi. Setelah mengurangi jumlah pengeluaran dari pendapatan, kamu akan mendapatkan gambaran tentang berapa sisa jumlah uang setiap bulan untuk membayar cicilan.

2. Menentukan Batas Persentase Cicilan

Sebagai aturan umum, para ahli keuangan menyarankan agar cicilan pinjaman atau KPR (jika kamu mengikuti program KPR) tidak lebih dari 30-40% dari total pendapatan bulanan. Dengan mematuhi batas persentase ini, kamu akan memiliki cukup ruang untuk mengatasi kebutuhan hidup lainnya dan menabung untuk tujuan finansial lainnya.

3. Memperhitungkan Biaya Tambahan

Selain cicilan pokok, perhitungkan juga biaya tambahan seperti bunga pinjaman, asuransi, pajak dan harga properti, serta biaya perawatan. Semua ini harus dianggap dalam total pengeluaran bulanan kamu.

4. Pertimbangkan Risiko dan Ketidakpastian

Ketika menentukan besar cicilan, pertimbangkan risiko dan ketidakpastian yang mungkin terjadi di masa depan, seperti perubahan pendapatan atau kenaikan suku bunga. Pastikan kamu memiliki cadangan keuangan yang memadai untuk menghadapi situasi tak terduga, seperti kebutuhan pokok atau hutang lain yang harus dibayarkan.

5. Menghindari Godaan Membeli Rumah yang Melebihi Kemampuan Keuangan

Memahami dan mematuhi batas kemampuan keuangan sangat penting dalam proses menabung untuk pembelian rumah. Hindari godaan untuk membeli rumah yang melebihi anggaran kamu hanya karena ingin memiliki rumah mewah atau besar yang mungkin hanya keinginan semata. Harga properti di luar kemampuan finansial dapat menyebabkan stres, ketidakstabilan keuangan, serta risiko kehilangan properti jika tidak mampu membayar cicilan secara konsisten.

6. Konsultasi dengan Profesional Keuangan

Jika kesulitan menentukan besar cicilan harga rumah yang tepat atau ketidakpastian dalam perencanaan keuangan, kamu bisa mencari bantuan dari seorang ahli keuangan tepercaya. Melalui pengetahuan dan pengalaman yang cukup, mereka bisa membantu kamu menyusun target tabungan yang lebih terperinci dan sesuai dengan situasi kamu. Selain itu, mereka juga dapat memberikan wawasan mengenai berbagai opsi pembiayaan DP rumah yang sesuai, serta memberikan informasi tentang suku bunga terkini. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur hitung harga di BTN Properti untuk mengetahui harga rumah maksimal yang sesuai dengan pemasukan dan pengeluaranmu.

Baca juga: Ketahui Dua Jenis Rumah KPR Subsidi dan Harga Jual Maksimalnya


Buka Rekening Terpisah untuk Menabung

Membuka rekening terpisah adalah salah satu strategi untuk menabung dan mengumpulkan uang. Ide di balik rekening terpisah adalah memisahkan dana yang dikhususkan untuk tujuan tertentu (seperti membayar DP rumah), atau dari dana lain yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan cara ini, kamu dapat lebih fokus dan disiplin dalam menabung untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih besar.

Rekening terpisah juga membantu meningkatkan disiplin finansial karena kamu tahu bahwa dana di rekening tersebut hanya boleh digunakan untuk tujuan tertentu, yaitu membayar DP rumah. Selain itu, memiliki rekening terpisah dapat membuat kamu lebih mudah dalam memonitor progres dan perkembangan menabung yang telah dilakukan.


BTN Sebagai Solusi untuk Rumah Impianmu

Nah, selain cara menabung untuk mewujudkan rumah impianmu, kami memiliki satu lagi informasi berguna untuk kamu, yakni dengan mengajukan KPR secara online melalui BTN Properti. BTN Properti juga menyediakan fitur simulasi KPR yang akan mempermudah kamu dalam menghitung dan merencanakan KPR sesuai dengan kebutuhanmu. Klik link ini untuk mendalami informasi seputar KPR BTN atau tips-tips membangun rumah lainnya!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua