Spinner Icon

Cerdas Kelola Uang, Agar Resolusi Punya Rumah di 2017 Benar-Benar Tercapai

Author Image
Info Terbaru · 27 Desember 2016
Table of Contents:
Membeli rumah baru, baik secara tunai atau lewat program KPR rumah bukanlah urusan yang ringan. Akan ada biaya besar yang harus ditebus, yang untuk kebanyakan orang, berarti mereka harus bisa mengelola uang mereka dengan jauh lebih baik agar resolusi untuk memiliki rumah sendiri di tahun 2017 benar-benar tercapai.


Berikut ini beberapa cara cerdas mengelola uang agar resolusi memiliki rumah sendiri benar-benar tercapai di tahun 2017

Tetapkan tujuan menabung

Menabung memang sebuah kegiatan yang baik, namun akan lebih baik lagi jika Anda memiliki sebuah tujuan yang jelas dalam menabung, yang dalam hal ini adalah untuk membeli rumah. 


Ketika Anda memiliki tujuan yang jelas dalam menabung, maka Anda bisa lebih fokus lagi menabung dan lebih tahan terhadap godaan untuk menggunakan tabungan Anda untuk hal-hal yang mungkin tidak Anda butuhkan.

Buat perencanaan

Membuat sebuah rencana untuk pembayaran rumah impian Anda adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan. Hal ini dilakukan dengan menentukan rentang harga rumah yang sesuai untuk Anda, atau jika Anda berencana menggunakan program KPR rumah, tentukan DP dan angsuran yang sesuai dengan keadaan Anda.


Setelah menentukan harga rumah, DP, dan angsuran, maka perhitungkan bagaimana proses pengumpulan dananya. Buat timeline untuk penabungan dan pembayaran angsuran rumah tadi, agar prosesnya berjalan dengan efisien.


Ketika membuat perencanaan keuangan nanti, Anda bisa memasukkan kenaikan gaji Anda di tahun mendatang, karena siapa tahu bisa membantu Anda mendapatkan rumah impian dengan lebih ringan lagi.


Oh iya, jika Anda memutuskan menggunakan program KPR, maka Anda dapat menggunakan program simulasi KPR, seperti yang dimiliki oleh BTN agar penghitungan bisa lebih tepat lagi.

Tekan pengeluaran dan tingkatkan pemasukan

Anda juga sebaiknya mulai menekan pengeluaran-pengeluaran ekstra yang bisa dihindari, seperti misalnya berlibur ke luar kotadan mulai menyimpan bonus-bonus yang akan Anda dapatkan sepanjang tahun, seperti THRuntuk simpanan membeli rumah Anda nantinya.


Hal-hal ini memang cukup sulit dilakukan jika Anda tidak memiliki tujuan menabung yang jelas. Namun, jika Anda sudah menetapkan tujuan menabung untuk memiliki rumah sebelumnya, dan disiplin melaksanakannya, maka hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan.

Alternatif lain

Anda juga bisa mencari alternatif lain untuk membantu Anda dari sisi keuangan, agar dapat merealisasikan resolusi Anda untuk memiliki rumah sendiri di tahun 2017.


Contohnya Anda bisa tinggal di rumah orang tua atau rumah mertua, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa, dan meningkatkan tabungan Anda. 


Anda juga bisa meningkatkan tabungan Anda dengan menjual barang-barang mewah yang sebenarnya tidak Anda gunakan lagi untuk meningkatkan dana pembelian rumah Anda.


Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuka usaha kecil (misalnya online shop) untuk meningkatkan perputaran uang Anda, dan meningkatkan tabungan untuk mewujudkan resolusi memiliki rumah di tahu 2017 nanti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua