Spinner Icon

Ciputat Jadi Lokasi Favorit Kaum Milenial

Author Image
Berita Terkini · 2 Mei 2017
Housing-Estate.com, Jakarta - Ciputat, Tangerang Selatan, menjadi pusat pengembangan properti untuk kalangan menengah di selatan Jakarta. Kawasan ini semakin berkembang karena letaknya berbatasan langsung dengan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, yang akan menjadi stasiun dan depo besar MRT (mass rapit transit). Jauh sebelum ada proyek transportasi massal ini Ciputat sudah menjadi salah satu kantong hunian kaum menengah karena lokasinya dekat dengan Jakarta Selatan. Menuju tol JORR Ulujami-Taman Mini, kawasan elit Pondok Indah, dan beragam fasilitas di sepanjang Jl RA Kartini-TB Simatupang hanya 20-30 menit.


Properti yang dikembangkan mayoritas mini realestat dan apartemen. Yang menarik Ciputat, Tangerang Selatan, di kawasan yang berbatasan dengan Lebak Bulus ini harga propertinya cukup terjangkau. Lima apartemen yang dikembangkan menawarkan hunian Rp200-500 jutaan, yaitu The Spring, Green Lake View, City Light, Ciputat Resort, Baley’s City. Sebagian sudah selesai dibangun, beberapa lainnya dalam pembangunan seperti The Spring yang sudah menyelesaikan pondasi dan segera menginjak pembangunan struktur atas.


Budiawan Lebar, Presdir PT Gading Development Tbk, pengembang The Spring (2,3 ha/4 tower), mengatakan, Ciputat kini menjadi kawasan favorit keluarga muda dan kaum milenial di selatan Jakarta. Selain letaknya paling dekat dengan MRT Lebak Bulus, harganya paling terjangkau. Di lokasi-lokasi yang lebih dekat dengan Lebak Bulus dan koridor TB Simatupang harga propertinya mencapai 3-4 kali Ciputat. Kini harga apartemen di koridor ini berkisar Rp37-45 juta/m2. Misalnya Branz Simatupang, Izzara Apartment, Antasari 45, dan Fatmawati City Center (FCC). Sedikit lebih murah Lexington Residence di Jl Raya Deplu Pondok Pinang dan The Aspen di Jl RS Fatmawati, Pondok Labu, masing-masing Rp22,5 juta/m2 dan Rp28 juta/m2.


Nanti kalau MRT beroperasi Ciputat cukup ideal dijadikan hunian mereka yang berkantor di pusat bisnis Jakarta khususnya Jl Jend Sudirman. Dari Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia ditempuh hanya 30 menit berhenti di 13 stasiun. “Menggunakan MRT dari Ciputat ke Jl Jend Sudirman kurang lebih satu jam, kami juga akan menyediakan shuttle ke Lebak Bulus,” kata Budi. Selain itu ada bus Transjakarta rute Ciputat-Pasar Jumat/Lebak Bulus-Bundaran HI melalui Pondok Indah.


Budi menjelaskan, The Spring yang dibangun di area 2,3 ha terdiri 4 tower sebanyak 2.500 unit.Tower pertama (Spring Wood/795 unit), mayoritas tipe Studio/22 m2 seharga Rp299 juta (tunai). Apartemen ini juga akan dilengkapi tempat kuliner dan gedung parkir. Untuk landed residential rata-rata harganya di atas Rp1 miliar, cukup tinggi tapi masih jauh lebih murah dibanding hunian sekelas di Jakarta Selatan.


Perumahannya terkonsentrasi di sekitar Pasar Ciputat dan Cirendeu. Sebutlah Belle Legoso, Payon Ponca, Paradise Resort, Grand Cenderawasih Asri, Grand Bintaro Asri, sementara di Cirendeu yang letaknya lebih dekat Lebak Bulus banyak dikembangkan townhouse seharga Rp1-2 miliaran. Misalnya Valeria Residence, D’Amour Mansion, One Cirendeu Residence.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua