Spinner Icon

Ingin Buat Desain Dapur ala Jepang? Ini Dia Inspirasi Desainnya

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 10 Januari 2023
Table of Contents:

Di dalam dunia arsitektur, Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki desain yang khas. Dengan dekorasi khas Jepang yang selalu diaplikasikan dalam setiap desainnya, beberapa ruangan dapat disulap menjadi indah tapi tetap terlihat minimalis. Belum lagi, tingginya tingkat bencana gempa di Jepang membuat struktur bangunan, interior, hingga seluruh furnitur rumah, dipilih yang memungkinkan agar tahan terhadap goncangan.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, banyak arsitektur hingga masyarakat umum di berbagai negara yang mengikuti desain khas Jepang yang unik, sederhana, dan juga kuat untuk diaplikasikan pada huniannya. Kamu juga dapat mengaplikasikan konsep desain khas Jepang pada dapur. Dapur dianggap sebagai salah satu ruangan yang cukup sulit di desain. Kenapa dapur dianggap sebagai ruangan yang cukup sulit?

Bagi seorang arsitek, dapur dianggap sebagai salah satu ruangan yang cukup sulit karena harus memikirkan bagaimana baiknya tata letak ruangan, sirkulasi udara, dekorasi, hingga penataan peralatan makan yang paling tepat sebelum membuatnya.

Desain dapur ala Jepang merupakan salah satu solusi bagi seorang arsitek untuk mempermudah pembuatan dapur. Dapur ala Jepang memiliki desain minimalis tapi tetap modern. Di bawah ini merupakan inspirasi desain dapur bergaya Jepang yang bisa kamu gunakan.

Jenis-jenis Desain Dapur Jepang yang Dapat Dijadikan sebagai Inspirasi

1. Dapur Minimalis ala Jepang dengan Sentuhan Kayu

Jenis desain dapur ala Jepang ini adalah desain yang paling sederhana dibandingkan desain lainnya. Sesuai namanya, jenis desain ini ingin memberikan tampilan dapur yang dipenuhi dengan material kayu. Mulai dari meja, kursi, peralatan makan, hingga dekorasi yang terbuat dari kayu.

Agar dapur terlihat lebih menarik dan tidak monoton, kamu hanya perlu menambahkan jendela untuk menjadi pintu masuk cahaya alami. Kamu juga dapat menambahkan beberapa dekorasi dengan warna yang berbeda dari kayu dan beberapa tanaman rambat yang menghiasi dinding maupun ornamen lainnya.


2. Dapur Bersih dengan Layar Shoji

Salah satu budaya tradisional Jepang yang terkenal adalah shoji. Bagi kamu yang belum mengetahui artinya, shoji adalah pintu geser tradisional Jepang yang digunakan untuk memberi sekatan pada ruangan di sebelahnya, sehingga dapat menghemat ruang dan material dibandingkan menggunakan pintu engsel.

Sesuai pengertian shoji, maka jenis dapur ini menggunakan pintu geser di depannya untuk memberi sekatan pada ruangan-ruangan lainnya. Selain memberi sekat, pintu geser juga bertujuan untuk menjadikan dapur sebagai area terbuka dan memberi jalan terhadap masuknya cahaya alami. Atau kamu juga dapat menggantinya dengan pintu kaca ataupun tirai. 

Gunakan Rentang Warna Yang Sedikit

Walaupun dapur dengan gaya Jepang terlihat sangat sederhana, tetapi kamu bisa menambahkan sentuhan warna dan detail yang dapat digunakan untuk memperindah dapurmu. Warna dan detail tersebut antara lain, seperti detail-detail bercorak tradisional Jepang, furnitur berwarna putih, abu, atau coklat. Jangan lupa, pastikan bahwa warna dan setiap detail yang kamu gunakan tidak bertabrakan dan malah menghasilkan tampilan dapur yang norak.

3. Dapur Bersih ala Jepang dengan Sentuhan Alam

Secara filosofis, alam atau tumbuhan dapat memberikan ketenangan bagi manusia. Hal itupun sesuai dengan dekorasi Jepang yang selalu mengedepankan unsur ketenangan. Maka dari itu, salah satu jenis desain dapur Jepang ini mengkombinasikan gaya minimalis dengan beberapa ornamen sentuhan alam yang dipercaya dapat memberikan ketenangan.

Dengan ornamen bebatuan, kayu, hiasan tumbuh-tumbuhan, serta perpaduan warna putih dan cokelat, diharapkan dapat menciptakan kesan yang hangat dan tenang bagi siapa saja yang melihatnya.

4. Dapur Jepang dengan Ruang Penyimpanan yang Maksimal

Ada satu prinsip yang dipegang oleh masyarakat Jepang yaitu 'kanso', menyimpan barang yang benar-benar diperlukan atau dibutuhkan dan menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan atau tidak akan digunakan lagi.

Jenis desain dapur Jepang dengan ruang penyimpanan yang maksimal ini, diharapkan pemilik dapur dapat membuat dapur selalu terlihat rapi dan bersih. Dengan cara memanfaatkan seluruh penyimpanan yang ada untuk menyimpan barang-barang perlengkapan dapur. Jadi, jangan lupa untuk memastikan seluruh perlengkapan dapur yang telah dipakai, harus dikembalikan langsung ke tempatnya.

Menggunakan Layar Kabinet

Mirip seperti shoji yang menggunakan pintu tidak berengsel, pada jenis desain dapur Jepang satu ini, menggunakan lemari yang tidak memiliki engsel. Biasanya, layar shoji tradisional menggunakan kertas washi dengan bingkai bambu atau kayu. Namun, pada masa sekarang, gaya layar kabinet shoji ini hanya diubah menjadi tidak menggunakan pegangan tangan untuk membuka lemari.

Dominasi Unsur Kayu dan Warna Alami

Berbeda dengan jenis desain dapur Jepang pertama yang didominasi oleh kayu minimalis ala Jepang, unsur kayu dan warna alami yang digunakan pada jenis ini lebih mengarah kepada kayu dan warna yang lebih modern. Banyak dekorasi kayu dari pohon pinus, balok-balok kayu penghias, hingga ornamen kayu lainnya yang bahkan bukan berasal dari kayu alami. Selain itu, banyak juga ornamen alami lainnya seperti batu, baja, beton, yang dipadukan dengan warna-warna netral seperti putih, abu, coklat, dan hitam, untuk membuat dapur lebih hidup dan nyaman.


Ruang Makan yang Berdekatan dengan Area Dapur 

Pada umumnya, dapur memang ditujukan untuk orang dapat melakukan aktivitas memasak makanan yang nantinya akan disajikan pada ruang makan. Namun nyatanya, tidak semua rumah dan bangunan membuat dapur berdekatan dengan ruang makan. Itu terjadi karena beberapa orang, menginginkan bahwa saat mereka menyantap makanan di ruang makan, mereka tidak ingin mencium aroma dapur. Sehingga, dapur dibuat tidak berdekatan dengan ruang makan.

Pada jenis desain dapur Jepang yang satu ini justru menciptakan dapur dan ruang makan berada di satu area. Hal ini dirancang agar orang yang memasak dan menyantap makanan dapat menjalin sosialisasi. Selain itu, konsep desain ini juga dibuat dengan prinsip yang dimiliki oleh masyarakat Jepang yaitu shibui, minimalis dan sederhana.

5. Desain Dapur Bersih Jepang dengan Konsep Wabi-Sabi

Wabi-sabi merupakan dua konsep yang cukup sering digunakan di Jepang. Konsep ini meliputi kesederhanaan, finansial, kesopanan, asimetri, penghematan, dan apresiasi terhadap seluruh benda dan alam.

Dengan seluruh komponen wabi-sabi terciptalah jenis desain dapur Jepang satu ini yang menggabungkan keseluruhan komponen. Kamu akan melihat dapur yang bersih, sederhana, detail, dan penuh dengan aksesoris pilihan terbaik.

Baca juga: Cek Inspirasi Desain Taman Jepang Di Sini

----

Itu dia desain dapur Jepang yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk dapur di rumahmu. Pantau terus website BTN Properti untuk mendapatkan info terbaru seputar hunian, dekorasi, KPR, dan lain sebagainya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua