Spinner Icon

Dapur Bebas Tikus dengan Cara Ampuh Berikut Ini!

Author Image
Info Terbaru · 11 Januari 2021
Table of Contents:

Dapur Bebas Tikus pastinya menjadi hal yang menyenangkan untuk penghuni rumah apalagi dapur menjadi tempat yang sering digunakan ketika menyiapkan hidangan makanan. Pastinya sangat kesal jika melihat tikus yang sering berkeliaran di dapur, ya?

Kehadiran tikus di dapur tidak hanya bisa mengganggu kegiatanmu saat memasak atau sedang makan, tetapi akan menimbulkan hal yang tidak baik untuk rumah. Mulai dari sisa makanan yang dihabiskan oleh tikus yang akan menimbulkan sumber penyakit. Selain itu, tidak jarang tikus menggigit perabot di dapur dan malah merusaknya.

Oleh karena itu, untuk membuat Dapur Bebas Tikus diperlukan penanganan segera dengan melakukan sejumlah cara ampuh dan efektif. Berikut tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar Dapur Bebas Tikus.


Dapur Bebas Tikus Harus Segera Membuang Sampah Dapur 


(Pexels)

Untuk memiliki Dapur Bebas Tikus, hal utama yang harus kamu perhatikan yaitu perihal sampah di dapur. Biasanya sampah di dapur akan lebih banyak dan sering menumpuk. Biasakan untuk selalu meletakkan tempat sampah khusus di dapur agar lebih mudah dibuang. 

Jangan biarkan sampah dapur didiamkan terlalu lama karena akan menimbulkan bau tidak sedap yang bisa memancing tikus untuk mengacak-acaknya. Kemudian pastikan kamu selalu membersihkan dapur dengan pembersih khususnya pada area tempat sampah. Jangan biarkan sisa makanan sekecil apapun berada di lantai dapur yang bisa membuat tikus menghampiri.


Dapur Bebas Tikus dengan Menutup Lubang Akses Masuk Tikus


(Unsplash)


Selain membersihkan  dan rutin membuang sampah dapur, kamu perlu melakukan satu hal penting berikut ini. Yaps! Menutup lubang masuk tikus ke dalam rumah terutama dapur. Sangat disayangkan bukan jika kamu telah membersihkan dapur namun lupa untuk menutup lubang atau akses masuk tikus ke dalam rumah. Maka dari itu, segeralah cek sudut dapur dan tutup semua lubang yang bisa membuat tikus masuk.

Periksa juga seluruh bagian rumah seperti pintu utama, di bawah lemari makan, di bawah kompor, saluran pembuangan air atau tembok. Tutup rapat agar tikus tidak masuk sehingga Dapur Bebas Tikus bisa kamu miliki.


Gunakan Daun Mint Agar Dapur Bebas Tikus


(Pixabay)


Tahukah kamu bahwa daun mint selain bisa dimanfaatkan sebagai minuman namun juga bisa untuk mengusir tikus? Aroma yang tajam dan menyengat pada daun mint bisa menjadi cara efektif dalam mengusir tikus lho. Faktanya, tikus merupakan hewan yang tidak tahan dengan berbagai bau tajam.

Nah, maka dari itu kamu bisa menggunakan daun mint untuk mengusir tikus yang ampuh dan mudah. Caranya yaitu dengan menggunakan seikat daun mint segar lalu dihaluskan kemudian campurkan sedikit air. Lalu, kamu bisa menuangkan cairan daun mint ke dalam botol semprot. Semprot campuran air daun mint tadi ke seluruh area dapur. Dijamin deh Dapur Bebas Tikus dan wangi! Selain itu, kamu bisa menerapkan beberapa hal untuk menghindari Bau Dapur agar dapur tetap nyaman.

Bagaimana mudah bukan? Selain menerapkan cara ampuh di atas agar memiliki Dapur Bebas Tikus, pastikan juga kamu menutup makanan rapat-rapat, ya! Dan selalu menjaga kebersihan rumah dan dapur agar tikus tidak kembali lagi.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua