Spinner Icon

Desain Garasi Mobil yang Fungsional dan Estetik

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 23 November 2023
Table of Contents:
  • Garasi Mobil
  • Desain Garasi Mobil
  • 1. Model Garasi Mobil Minimalis
  • 2. Model Garasi Tema Natural dengan Tanaman
  • 3. Model Garasi Mobil Tema Klasik
  • 4. Model Garasi Mobil Modern Bertema Taman
  • 5. Model Garasi Mobil Warna Tosca
  • 6. Desain Garasi Mobil Modern ala Eropa
  • 7. Desain Kanopi Putih dengan Pagar
  • 8. Memiliki Garasi Mobil dengan Dekorasi Bebas
  • Cara Mengukur Ukuran Garasi
  • 1. Mengukur Panjang Garasi
  • 2. Mengukur Lebar Garasi
  • 3. Mengukur Tinggi Garasi Mobil
  • Ukuran Garasi Berdasarkan Jenis Mobil
  • 1. Tipe Mobil Pertama
  • 2. Tipe Mobil Kedua
  • 3. Jenis Mobil Ketiga
  • Kesimpulan

 Garasi mobil adalah salah satu bagian penting dari rumah. Terlebih jika kamu memiliki mobil lebih dari satu, otomatis kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran garasi mobil. Di samping itu, desain garasi mobil belakangan ini cukup banyak diperbincangkan.

Bagi pecinta atau yang gemar mengoleksi mobil-mobil sport, garasi mobil dirasa cukup penting sebagai aspek penunjang keindahan dan keamanan mobil di rumah. Dengan adanya garasi, setiap kendaraan di rumah tidak harus kepanasan atau berdebu. 

Kamu juga bisa mengalokasikan dana, untuk melakukan dekorasi atau desain garasi mobil di rumah minimalis. Pastinya hal tersebut adalah salah satu kegiatan yang gemar dilakukan oleh pria karena dapat bebas berkreasi dalam mewujudkan garasi mobil di rumah sesuai dengan preferensi mereka.

Pada artikel ini, akan diulas informasi mengenai desain garasi mobil. Mulai dari ide inspirasi desain, ukuran garasi sesuai dengan mobil, hingga tips membuat garasi rumah minimalis untuk dua mobil.


Key Takeaways:

  • Garasi mobil merupakan tempat yang cocok dan aman untuk mobil.
  • Beragam desain garasi mobil yang dapat kamu adaptasi diantaranya yakni minimalis, tema natural, dan tema klasik.
  • Tips untuk membangun garasi mobil di rumah yang kecil adalah menentukan model garasi rumah dan memilih keramik yang tepat.

Garasi Mobil

Umumnya garasi mobil dapat dipahami sebagai tempat untuk menyimpan kendaraan agar terhindar dari panasnya terik matahari atau air. Sehingga mampu membuat umur kendaraan lebih panjang. Maka dari itu, desain garasi mobil juga berperan penting untuk kenyamanan dan keindahan rumah kamu.

Jika kamu adalah penggemar otomotif, garasi minimalis juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan perkakas dan suku cadang kendaraan. Selain itu, setiap garasi mobil memiliki space yang berbeda-beda. Menyimpan barang-barang untuk berkebun juga bisa kamu lakukan, misalnya mesin potong rumput. Masih banyak kegunaan garasi mobil lainnya yang dapat kamu manfaatkan. Berikut kami berikan beberapa desain garasi mobil yang cocok untuk kamu terapkan di rumah.


Desain Garasi Mobil

Menciptakan garasi mobil yang cantik memerlukan desain yang sesuai selera serta preferensi pribadi. Jangan lupa untuk menyesuaikan juga dengan gaya rumah minimalis kamu. Berikut beberapa rekomendasi desain garasi mobil yang dapat menjadi ide inspiratif untuk kamu.

1. Model Garasi Mobil Minimalis

Untuk desain garasi di rumah, kamu bisa memilih dua konsep desain yang umum berbeda yakni model garasi mobil tertutup dan terbuka. Perbedaan dari model garasi mobil tertutup dan terbuka terletak pada ruangan yang tertutup atau terbuka saja. Hal ini dapat dilihat dari bagian dinding hingga atap.

Biasanya, desain garasi mobil minimalis menjadi pilihan yang sering digunakan oleh siapa saja. Selain simple dan mudah, tipe desain ini dapat diterapkan oleh rumah minimalis dengan desain apa saja. Terlebih, di zaman ini semua serba minimalis dan tertata dengan rapi. Menjadikan desain minimalis menjadi inspirasi yang cocok untuk kamu terapkan.

2. Model Garasi Tema Natural dengan Tanaman

Desain garasi mobil yang selanjutnya yakni bertema natural. Tema ini banyak digunakan sebagai desain garasi mobil terbuka. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni hanya perlu memasang asbes pada bagian atap, untuk melindungi mobil dari panas dan hujan.

Untuk bagian lantainya, kamu bisa memilih bahan keramik. Karena lantai dengan bahan keramik tidak mudah licin dan memiliki tekstur yang cocok. Untuk menciptakan kesan natural, letakkan beberapa pot tanaman hias di beberapa sudut garasi mobil. Kamu bisa menaruhnya di bawah atau digantung di atas. Pastikan tidak mengenai bagian atas kap mobil.

3. Model Garasi Mobil Tema Klasik

Desain garasi yang bertema klasik juga banyak diterapkan oleh banyak orang di rumah mereka. Lantaran desain ini tergolong sangat sederhana dan tidak ribet. Kamu cukup menggunakan lantai berbahan semen atau batu alam untuk memberikan kesan klasik.

Sedangkan untuk atapnya bisa menggunakan kanopi. Pilihlah material besi berwarna hitam yang sesuai dengan pagar rumah atau pagar besi. Selain itu, tema klasik juga dapat dikolaborasi dengan desain minimalis. Biasanya tipe ini cocok dengan garasi model terbuka.

4. Model Garasi Mobil Modern Bertema Taman

Bagi kamu yang suka berkebun, tema taman adalah desain yang cocok untuk kamu. Tema ini cocok untuk diterapkan pada garasi terbuka. Meski terlihat sederhana, namun dari segi estetikanya akan terlihat indah.

Desain ini juga mampu membuat ruang garasi tampak lebih luas. Kamu hanya perlu menggunakan lantai berbahan semen atau batu alam, dengan dinding yang terbuat dari batu bata bermotif. Kemudian letakkan tanaman hias berukuran agak besar, di sepanjang dinding pembatas.

5. Model Garasi Mobil Warna Tosca

Warna tosca adalah perpaduan warna hijau kebiruan dan termasuk dalam golongan warna pastel. Warna ini juga sering ditemukan di mana pun. Misalnya di cafe atau area perumahan.

Warna tosca dapat kamu aplikasikan ke dalam desain garasi mobil sebagai warna cat tembok. Kamu juga bisa memadukannya dengan warna lain seperti warna putih untuk memberikan efek menyegarkan.

Konsep ide garasi ini tidak menggunakan pembatas, karena ruangan memang dibuat menyatu dengan teras. Lantai yang cocok pada tema ini yaitu lantai dengan motif kotak berwarna hitam atau putih. Lalu gunakan kanopi untuk menutup bagian atap, sehingga tidak terkena hujan dan sinar matahari langsung.

6. Desain Garasi Mobil Modern ala Eropa

Desain garasi ala Eropa yang satu ini mungkin sering kamu jumpai. Desain ini cocok untuk garasi tertutup. Garasinya pun masuk ke dalam bagian rumah, sehingga otomatis terhindar dari panas dan terkesan lebih luas.

Sehingga, nantinya model garasi mobil tertutup ini memiliki pintu dari samping rumah. Kamu bisa menggunakan material berbahan kayu yang dicat sesuai dengan warna rumah. Opsi lain dari bahan material kayu yaitu kamu juga bisa memilih material baja. Untuk memberikan kesan estetik, kamu dapat memberikan ukiran dinding seperti wall panel di bagian depan.

7. Desain Kanopi Putih dengan Pagar

Kanopi menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang menyukai model garasi terbuka. Selain itu, kanopi juga berfungsi sebagai elemen penting untuk letak garasi di luar rumah. Konsep ini bisa kamu terapkan dengan bata ekspos agar tampilan depan rumah lebih estetik. Kamu juga bisa menambahkan beberapa bunga hias, untuk mempercantik garasi model terbuka ini. Jangan lupa tambahkan pagar minimalis agar terkesan senada.

8. Memiliki Garasi Mobil dengan Dekorasi Bebas

Dekorasi bebas yang dimaksud adalah kamu bisa bebas berkreasi untuk menata desain tersebut. Misalnya kamu adalah orang yang hobi dengan sepakbola atau sepeda. Kamu bisa memadupadankan beberapa furnitur pendukung seperti sepeda atau pernik klub sepakbola. Tentunya hal ini semakin menambah kesan estetik rumah sekaligus garasi kamu.


Cara Mengukur Ukuran Garasi


Dalam membuat garasi, tentunya tidak boleh asal. Kamu harus mempertimbangkan letak serta ukuran hingga luasnya garasi. Semua juga bergantung pada ukuran mobil kamu. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara menentukan ukurannya seperti berikut.

1. Mengukur Panjang Garasi

Panjang garasi mobil dapat diukur mulai dari bagian paling depan, hingga bagian paling belakang mobil. Kemudian jika kamu sudah mengetahui ukuran panjangnya, tambahkan satu hingga dua meter untuk memberi ruang akses saat membuka pintu garasi. Sehingga tidak akan menyulitkanmu.

2. Mengukur Lebar Garasi

Kamu bisa menghitung lebar garasi mulai dari bagian paling kanan mobil hingga bagian kiri mobil. Kemudian tambahkan sekitar satu hingga satu setengah meter dari hasil perhitungan kamu. Kemudian jarak tersebut akan digunakan untuk sebuah ruang, agar kamu bisa membuka mobil dengan mudah tanpa terhalang dinding.

Lantaran jika tidak diberi sebuah ruang, kamu akan kesulitan saat membuka pintu mobil. Terlebih jika mobil terlalu sering menyentuh dan menggeser dinding, nantinya berpotensi menimbulkan baret.

3. Mengukur Tinggi Garasi Mobil

Tinggi garasi mobil dapat diukur dari bagian terbawah, hingga tertinggi mobil lalu tambahkan minimal satu meter sebagai ruang gerak. Jika ruang pada atap garasi lebih luas, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk menyimpan berbagai perawatan mobil.

Baca juga: Rekomendasi Batu dan Keramik Carport yang Bisa Kamu Gunakan


Ukuran Garasi Berdasarkan Jenis Mobil

Setelah mengetahui cara mengukur garasi mobil hingga desainnya, kini kamu juga harus memahami tentang bagaimana cara mengukur garasi berdasarkan jenisnya. Panduan ini akan membuat kamu lebih teliti.

1. Tipe Mobil Pertama

Jenis yang pertama yakni LCGC, sedan, city car, hatchback, MPV compact. Berikut spesifikasinya:

  • Panjang = 4,4 – 5 m
  • Lebar = 1,5 – 1,9 m
  • Tinggi = 1,4 – 1,5 m

2. Tipe Mobil Kedua

Jenis kedua yakni MPV medium dan SUV medium. Berikut spesifikasinya:

  • Panjang = 5 – 5,2 m
  • Lebar = 1,7 – 2 m
  • Tiggi = 1,5 – 2 m

3. Jenis Mobil Ketiga

Jenis ketiga adalah MPV besar, SUV besar, dan pick up. Berikut spesifikasinya:

  • Panjang = 5 – 6 m
  • Lebar = 2 – 2,4 m
  • Tinggi = 1,5 – 2 m

Kesimpulan

Dalam pembuatan desain garasi mobil, tentunya ada beberapa aspek yang dapat kamu pertimbangkan dan lakukan. Misalnya mengukur garasi dan mencocokkan dengan gaya desain hunian rumah sederhana. Dengan begitu, beberapa referensi di atas tentunya dapat membantu kamu agar tidak kebingungan.

Ingin memperoleh informasi bermanfaat seputar properti lainnya? Klik link ini untuk mengunjungi website kami di mana kamu bisa menemukan berbagai artikel menarik seputar properti.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua