Spinner Icon

Yuk, Intip Desain Interior Rumah yang Bikin Betah!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 23 September 2022
Table of Contents:

  • Apa itu Desain Interior?
  • Tips Merancang Desain Interior Rumah dengan Anggaran Terbatas
  • 1. Buat Perancangan yang Matang
  • 2. Maksimalkan Tata Ruang
  • 3. Manfaatkan Teori Warna
  • 4. Asah Kreativitas dengan teknik DIY dan Upcycling Perabot Lama
  • Inspirasi Desain Interior Rumah yang Pastinya Bikin Betah
  • 1. Desain Minimalis
  • 2. Desain Kontemporer
  • 3. Desain Skandinavia
  • 4. Desain Industrial
  • 5. Desain Rustic


Sebuah rumah, selain memenuhi nilai fungsionalnya sebagai tempat tinggal yang nyaman, banyak orang juga memimpikan memiliki rumah dengan desain interior yang cantik dan menarik.

Di masa kini, desain interior telah berkembang dan kaya akan variasi gaya. Seiring perkembangan waktu, tersedia pula beragam pilihan harga dan alternatif bahan yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan tampilan interior yang menawan tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Sebelum membahas lebih lanjut terkait ragam desain interior rumah dan tips merancang desain interior dengan budget terbatas, terlebih dahulu kita akan membahas tentang apa itu desain interior dan apa saja prinsip yang harus diterapkan dalam merancang desain interior.


Apa itu Desain Interior?

Desain interior merupakan keterampilan untuk mengatur sebuah ruangan untuk menciptakan kenyamanan bagi penghuninya. Dalam hal ini, harus tetap mempertimbangkan faktor estetika dan fungsional ruangan tersebut.

Tanggung jawab seorang desain interior mencakup berbagai komponen seperti pengembangan konseptual, sketsa ide-ide, perencanaan ruang, peninjauan lokasi, pemrograman, riset, komunikasi dengan pemilik bangunan atau pengguna jasa, manajemen konstruksi, dan pelaksanaan desain.

Untuk mewujudkan desain interior yang memenuhi aspek fungsional maupun estetika, dibutuhkan keterampilan komunikasi dan kreativitas yang tinggi.

Setelah membahas tentang definisi desain interior, selanjutnya artikel ini juga akan membahas tentang bagaimana mewujudkan desain interior rumah yang menawan namun tetap terjangkau.


Tips Merancang Desain Interior Rumah dengan Anggaran Terbatas

Bagi kamu yang berencana membangun rumah untuk pertama kalinya, pastilah ingin memiliki hunian yang cantik dan benar-benar mencerminkan karaktermu.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa anggaran yang terbatas kerap menjadi penghambat dalam mewujudkan desain interior yang sesuai dengan keinginan. Jika dihadapkan dengan kondisi seperti itu, bisakah untuk tetap mewujudkan desain interior yang menawan dan sesuai dengan keinginan? Tentu bisa!

Berikut beragam tips yang dapat kamu ikuti agar bisa merancang interior rumah idaman dengan budget minimal.

1. Buat Perancangan yang Matang

Sebelum memulai proses desain interior, kamu harus memiliki perancangan yang matang. Dalam hal ini, tentukan gaya apa yang akan diusung, tone warna yang akan digunakan, model pintu dan jendela, serta perabotan apa yang akan digunakan dan dimana kamu akan meletakkan perabotan tersebut.

Setelah membuat daftar perencanaan, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menghitung estimasi biaya yang akan kamu keluarkan. Jika setelah melakukan penghitungan dan kamu menemukan adanya defisit anggaran, kamu dapat memilih alternatif bahan atau perabot dengan harga yang lebih murah. Hal ini dilakukan agar nantinya kamu tidak terbebani dengan persoalan budget yang melampaui kemampuan.

2. Maksimalkan Tata Ruang

Dalam kasus budget terbatas, hal yang dapat kamu lakukan adalah memprioritaskan alokasi dana untuk bahan dan benda-benda esensial, seperti ranjang dan lemari pada kamar tidur maupun peralatan memasak pada dapur.

Setelah barang-barang ini terpenuhi, barulah kamu bisa menambahkan aksesoris untuk mempermanis tampilan ruang dengan jumlah dana yang tersisa.

3. Manfaatkan Teori Warna

Bagi kamu yang memiliki keterbatasan dana namun tetap menginginkan kesan playful pada interior rumah, cobalah untuk bermain warna. Selain harganya yang relatif murah, variasi warna juga dapat menghadirkan tampilan yang berbeda pada ruangan.

Dalam melakukan permainan warna, kamu dapat mengandalkan trik tiga warna, yaitu 60% warna netral untuk menutupi sebagian besar permukaan dinding, 30% warna ke-2 untuk menutupi bagian dinding yang lebih kecil, serta 10% warna yang paling mencolok untuk menjadi aksen pada ruangan.

4. Asah Kreativitas dengan teknik DIY dan Upcycling Perabot Lama

Selanjutnya, trik yang dapat kamu gunakan untuk menyiasati keterbatasan budget untuk desain interior adalah mengandalkan kreativitasmu untuk membuat sendiri dekorasi yang sesuai dengan konsep yang akan kamu terapkan. Selain lebih hemat biaya, produk DIY juga menonjolkan kesan personal yang mendefinisikan jati dirimu sebagai pemilik hunian.

Selain itu, kamu juga dapat memilah dan menggunakan kembali perabot lama yang sebelumnya sudah kamu miliki. Jika barang-barang tersebut dirasa masih relevan dengan konsep yang ingin kamu terapkan, tidak ada salahnya untuk digunakan kembali, bukan?

Nah, setelah memahami definisi desain interior dan trik untuk membuat rancangan desain kamu terlihat menawan walaupun dengan budget minim, sudahkah terbayang di benakmu konsep desain seperti apa yang kamu inginkan untuk interior rumah?

Jika belum, di bawah ini adalah beberapa ide desain interior rumah yang bikin super betah dan dapat kamu jadikan inspirasi.

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri & Tips Industrial Interior Design Kekinian!


Inspirasi Desain Interior Rumah yang Pastinya Bikin Betah

Selain menekankan fokus desain pada gaya tertentu, konsep desain dihadirkan untuk memandu kamu dalam menentukan gaya apa yang sebenarnya kamu sukai. Karena itulah, kami menghadirkan beberapa inspirasi konsep desain interior rumah paling happening yang mungkin mewakili karakteristik dan kepribadian kamu.

Memiliki desain interior rumah yang sesuai dengan kepribadian, tentunya akan membuat kamu merasa nyaman berada di lingkungan rumah. Berikut inspirasi desain interior rumah yang pastinya akan bikin kamu semakin betah. Check it out!

1. Desain Minimalis


Sumber: Arsitag.com

Penerapan gaya minimalis pada desain interior sangat populer digunakan pada kalangan anak muda. Seperti namanya, minimalism merupakan sebuah aliran yang mengutamakan pada kesederhanaan dan unsur fungsionalitas dari elemen yang menyusun sebuah ruangan.

Dalam konteks desain interior, penerapan gaya minimalis terletak pada tata ruangan, yang dicirikan pada minimnya penggunaan variasi barang. Hal ini juga termasuk pada pemilihan bentuk barang dan dekorasi yang umumnya memiliki bentuk geometris.

Selain itu, desain minimalis juga didominasi oleh pemanfaatan warna netral maupun earth tone pada tiap elemen dan perabot yang menyusun sebuah ruangan. Kombinasi dari permainan warna netral dan penggunaan elemen yang minim menjadikan ruangan dengan interior minimalis tampak lebih lapang dan elegan.

2. Desain Kontemporer


Sumber: Arsitag.com

Salah satu model desain interior lainnya yang cukup banyak digunakan adalah gaya kontemporer. Sederhananya, gaya ini mengombinasikan estetika masa kini dan keindahan futuristik.

Ruangan yang mengaplikasikan gaya kontemporer pada desain interiornya dicirikan dengan tampilan garis yang ramping dan kontras, serta penggunaan bahan seperti linen, wol, atau beludru pada furniture seperti sofa untuk menghilangkan kesan kaku pada ruangan. Lebih lanjut, hunian bergaya kontemporer juga banyak menonjolkan aspek permainan warna pada ruangan, melalui variasi lampu dengan tone warna dan bentuk kap yang berbeda-beda.

Meski terkesan campur aduk dan eklektik, pada dasarnya desain kontemporer memiliki tujuan untuk membuat ruangan terkesan rapi dan hangat melalui ragam variasi bahan dan elemen.

3. Desain Skandinavia


Sumber: Arsitag.com

Gaya hunian Skandinavia atau gaya Nordik merupakan aliran pada desain interior yang menghadirkan perpaduan kesederhanaan dan sentuhan artistik dalam tata ruang. Dominasi warna putih dan kesan minimalis yang dihadirkan menjadikan gaya Skandinavia banyak diaplikasikan pada interior hunian milik kaum milenial.

Selain pengaplikasian warna putih pada elemen dan furniture, ciri lain dari rumah Skandinavia adalah flooring yang berbahan dasar kayu dan kehadiran elemen dekorasi berupa tanaman indoor. Perpaduan elemen-elemen tersebut memberi kesan hangat dan manis pada hunian, membuat kamu betah berlama-lama di dalam rumah.

Jika kamu adalah orang yang praktis dan well organized, desain interior gaya Skandinavia ini adalah pilihan yang tepat untuk menggambarkan kepribadian kamu.

4. Desain Industrial


Sumber: Arsitag.com

Berbanding terbalik dengan gaya Skandinavia yang didominasi oleh warna putih, interior rumah bergaya industrial banyak menggunakan elemen dan bahan yang didominasi oleh warna abu-abu dan hitam.

Desain interior yang terinspirasi dari tampilan workshop ini dicirikan dengan penggunaan perabot berbahan dasar logam hollow dan dinding dengan finishing semen ekspos pada interior rumah bergaya industrial. Selain mengurangi waktu yang dialokasikan untuk proses finishing, tampilan semen ekspos pada dinding juga bisa memberi kesan elegan dan modern sebuah ruangan.

Bagi yang memiliki keterbatasan biaya, finishing semen ekspos dan penerapan gaya industrial dapat menjadi alternatif yang menarik. Karena itulah, gaya ini sedang hype dan banyak dipilih oleh kalangan muda sebagai tampilan interior hunian.

5. Desain Rustic


Sumber: Arsitag.com

Terakhir, untuk kamu yang menyukai elemen alam seperti kayu, batu, dan logam yang dibiarkan natural, gaya rustic adalah pilihan yang tepat untuk desain interior rumah. Kolaborasi elemen-elemen tersebut menghasilkan kesan hangat dan menyenangkan, seolah kamu tengah berada di pedesaan atau kaki bukit.

Pada awal perkembangannya, gaya rustic hadir dengan tampilan elemen dan bahan yang dibiarkan natural dan bertekstur kasar. Bahan-bahan ini umumnya tidak melalui proses finishing seperti amplas, pelitur, maupun diaci.

Di masa sekarang, elemen tersebut mulai diolah dan dihaluskan untuk memberi kesan rapi. Selain itu, gaya rustic modern kerap dikombinasikan dengan warna-warna minimalis seperti hitam, putih, dan abu-abu. Meskipun begitu, ciri khas interior rustic yang menghadirkan perabot etnik dan karpet berbahan rami umumnya masih tetap dipertahankan.

Baca juga: Kenali Jenis Material Dinding Interior Terbaik untuk Rumah!

----

Kamu bisa mendapatkan rumah impian yang kamu mau dengan program KPR. Cek beragam program KPR yang sesuai dengan kebutuhanmu di sini!

  

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua