Spinner Icon

Ini Dia Inspirasi Desain Rumah Nuansa Alam yang Kekinian!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 Desember 2022
Table of Contents:

Pernahkan kamu membandingkan perbedaan tinggal di lingkungan perkotaan dengan perdesaan? Jika dibandingkan dari sisi kenyamanan dan ketenangan, tentu tinggal di pedesaan akan memberikan nuansa yang lebih tenang dan damai bagi penghuninya. Hiruk pikuk perkotaan terkadang dapat membuat suasana menjadi tidak tenang dan kurang nyaman.

Desain rumah dengan nuansa alam merupakan desain yang memadukan bahan yang memiliki kesan alami yang kuat, misalnya kayu, rotan, bambu, atau batu alam. Desain alami dapat membuat rumah bernuansa tenang, damai, asri, dan sejuk ke dalam hunian. Selain terlihat sejuk dan nyaman, desain rumah alami sangat cocok bila dipadukan dengan konsep rumah minimalis dan modern.

Yuk simak inspirasi-inspirasi desain di artikel ini untuk membawa nuansa alam ke rumahmu!


Pilih Unsur Alam Sebagai Elemen Dekorasi

Untuk memiliki rumah dengan konsep alami, bukan berarti kamu harus tinggal di pedesaan. Kamu juga dapat menerapkan desain ini ke rumahmu yang berada di perkotaan dengan membawa unsur-unsur alami tersebut ke dalam rumah. Beberapa elemen atau dekorasi tersebut misalnya kayu, kulit, rumput, dan lain-lain.

Pilihlah elemen alami yang menggabungkan gaya desain eksterior dan interior rumahmu. Dengan elemen alami sebagai elemen dekoratif yang ditata dengan tepat, kamu dapat mendatangkan nuansa alam ke dalam rumah, membuat rumah menjadi lebih sejuk, dan nyaman untuk ditinggali.

Tanaman, Kunci Utama Desain Rumah Alami

Cara paling mudah untuk mendatangkan nuansa alam ke dalam rumahmu adalah dengan memberikan sentuhan tanaman di dalam rumah. Dengan tanaman, rumah akan memperoleh kesan natural yang sejuk dan segar, serta lebih hidup.

Kamu dapat menempatkan beberapa tanaman hidup di sudut-sudut ruangan rumah, misalnya ruang tamu, ruang keluarga, ataupun ruang makan. Tidak hanya berfungsi sebagai elemen dekorasi yang baik, tanaman hidup juga dapat memberikan sirkulasi udara yang baik bagi ruangan di rumah.

Baca juga: Cek Ide Jenis Taman Minimalis Untuk Buat Rumah Asri

Batu Bata atau Batu Alam sebagai Dinding Rumah Alami

Pada zaman modern ini, batu bata masih banyak digunakan sebagai bahan bangunan rumah karena daya tarik batu bata tidak dimiliki oleh material lainnya. Batu bata memberikan keseragaman dalam pola, sehingga menghasilkan latar belakang yang indah untuk rumah serta menambah tekstur dan warna ke ruangan. Kamu dapat memilih untuk menggunakan batu bata sesuai bentuk aslinya atau kamu juga dapat mengecat batu bata tersebut untuk mendapatkan efek yang lebih halus.

Baca juga: Percantik Tamanmu dengan Batu Setapak Taman!

Material Kayu untuk Furnitur dan Lantai

Selain tanaman, salah satu teknik ampuh untuk memberikan nuansa alam ke rumah adalah dengan menggunakan bahan kayu pada furnitur dan lantai. Kayu merupakan salah satu bahan yang dapat diolah agar terlihat mengkilap seperti marmer. Atau bahkan bahan kayu dapat dibiarkan tanpa diolah untuk memperlihatkan ketidaksempurnaan dari tekstur dan seratnya yang indah. Bahan kayu juga dapat memberikan kesan rustic dan vintage, sehingga dapat memberikan nuansa alam yang lebih kental ke dalam rumah.

Rumah Alami dengan Warna Dinding Netral


Untuk memberikan kesan sederhana, kamu dapat menggunakan warna-warna yang cerah atau terang pada rumah desain alami. Warna-warna ini umumnya disebut dengan warna bumi. Selain itu, warna bumi yang cerah juga dapat memberikan nilai tambahan untuk nuansa nyaman dari rumah.

Beberapa pilihan warna yang dapat kamu gunakan adalah putih, krem, dan coklat, yang merupakan warna dasar untuk membantu mendapatkan suasana alami dalam interior rumah. Warna bumi dapat kamu padukan dengan warna modern agar rumah tidak terkesan monoton atau membosankan. Untuk memberikan kesan modern pada rumah, kamu dapat memadukan warna gelap seperti biru tua dengan warna coklat tanah.

Desain Rumah Alami dengan Ruang Terbuka terhadap Alam

Mendatangkan nuansa alam ke rumah tentu rasanya akan jauh berbeda jika kamu dapat membawa alam itu sendiri ke rumahmu. Hal ini mungkin kamu lakukan dengan membangun konsep ruang terbuka di rumah kamu.

Buatlah hubungan antara rumah dengan alam di sekitarnya dengan konsep ruang terbuka sehingga rumah terkesan menyatu dengan alam. Beberapa contoh konsep ruang terbuka yang dapat kamu terapkan adalah taman dalam rumah, teras, atau balkon rumah.

Selain itu, kamu dapat menggunakan bahan kaca baik pada dinding atau jendela agar penghuni dapat menampilkan taman dan kebun dari dalam rumah ataupun melihat pemandangan di luar rumah dengan nyaman. Selain itu, bahan kaca juga dapat membuat masuknya sinar matahari ke dalam rumah.

Baca juga: Rumah Tropis: Ide Desain Rumah Tropis Nyaman dan Modern


Akhir Kata

Demikian inspirasi desain rumah alami yang dapat kamu terapkan ke dalam rumah minimalis. Ingatlah bahwa rumah dengan kesan alami bukan berarti hunian kuno dari desa, tetapi merupakan rumah dengan nuansa alam yang dapat dipadukan dengan konsep modern. Semoga inspirasi-inspirasi di atas dapat kamu terapkan untuk membangun rumah desain alami milikmu sendiri yang estetik.

Ingin memperoleh informasi seputar properti lainnya? Kamu dapat mengunjungi website kami untuk menelusuri informasi lain terkait properti, mulai dari inspirasi desain-desain rumah terkini hingga program KPR yang disediakan oleh Bank BTN untuk dapat memiliki rumah impian.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua