Spinner Icon

Ide Dekorasi Rumah Sederhana yang Terlihat Estetik

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 10 Oktober 2022
Table of Contents:
  • 10 Ide Dekorasi Rumah Sederhana untuk Membuat Rumah Terlihat Baru
  • 1. Papan Pin Dekoratif
  • 2. Letakkan Karpet
  • 3. Gantung Lukisan
  • 4. Tanaman Hias
  • 5. Rak Dinding Terapung 
  • 6. Lampu Meja atau Lantai 
  • 7. Vas Bunga 
  • 8. Tambahkan Cermin di Dinding 
  • 9. Wallpaper Baru 
  • 10. Bantal Sofa 
  • Tips Mendekorasi Rumah yang Sederhana
  • 1. Berikan beberapa tekstur
  • 3. Tentukan titik fokus
  • 4. Sesuatu yang tidak berlebihan terkadang lebih baik
  • 5. Tunjukkanlah kepribadianmu
  • 6. Kenyamanan itu penting


Apakah kamu sedang mencari beberapa ide dekorasi rumah sederhana yang cepat, mudah, dan yang akan mengubah ruangan dari sesuatu yang membosankan menjadi luar biasa dalam waktu singkat?

Meskipun kamu tidak ingin memulai proyek renovasi rumah besar, kamu terkadang ingin menutupi beberapa lecet dan menghidupkan kembali perabotan yang sudah usang bukan?

Terkadang, yang perlu kita lakukan hanyalah memberikan sedikit perubahan pada ruangan, membuatnya terlihat segar, bergaya dan seperti baru kembali, tetapi bagaimana melakukannya?

Berikut beberapa ide dekorasi rumah yang mudah dan sederhana untuk memperbarui interior rumah menjadi lebih estetis. Simak selengkapnya di artikel ini.

 

10 Ide Dekorasi Rumah Sederhana untuk Membuat Rumah Terlihat Baru

Menyegarkan rumah, tidak berarti kamu harus mengeluarkan banyak uang, Kamu bisa mulai mendekorasi secara perlahan. Berikut beberapa benda yang bisa kamu gunakan untuk mendekor rumah.

1. Papan Pin Dekoratif


Kumpulkan foto favorit kamu, atau bahkan karya seni anak untuk tampilan yang akan menambahkan sentuhan pribadi ke ruangan mana pun.

Pilih bingkai yang dibeli di toko atau buat sendiri. Mulailah dengan merekatkan klip kecil ke bingkai kayu, lalu letakkan di tempat yang mudah diakses sehingga kamu  dapat memperbarui tampilannya sesering yang kamu mau.


2. Letakkan Karpet

Tutupi lantai kayu yang lecet atau buat ruangan menjadi lebih homey dengan karpet. Motif garis horizontal akan sangat cocok untuk ruang yang sempit. Untuk menutupi area yang lebih luas, cobalah melapisinya dengan beberapa karpet berbeda.

Pilihlah karpet yang menampilkan beberapa warna aksen ruangan untuk tampilan yang estetik.


3. Gantung Lukisan

Lukisan yang indah adalah cara yang tepat untuk membuat tampilan dalam sebuah ruang menjadi terlihat berbeda. Gantung satu lukisan besar atau sekelompok foto keluarga berbingkai. Seni tidak harus mahal, kamu bisa mencarinya di mall atau toko online.


4. Tanaman Hias

Salah satu solusi dekorasi ruangan adalah dengan menggunakan tanaman hias. Tumbuhan dapat membuat ruangan menjadi lebih hidup dan segar, meningkatkan kesehatan mental, memurnikan udara (tergantung pada varietasnya), dan membuat pemandangan yang menyenangkan dan indah.

Kamu  dapat menggunakan beberapa tanaman dengan tekstur kontras untuk menghias rak atau meja. Atau dengan ketinggian dan bentuk yang berbeda untuk membuat tampilan jadi instagramable.

Baca juga: Cara Menata Rumah Minimalis Sederhana dengan Maksimal dan Cantik


5. Rak Dinding Terapung 

Meskipun semua rak umumnya bermanfaat, rak apung adalah salah satu ide dekorasi rumah termudah yang menciptakan lebih banyak ruang di dinding dan berfungsi sebagai cara mudah untuk memajang buku, tanaman, dan benda dekoratif favorit kamu. 

Karena gaya rak ini sangat serbaguna, kamu dapat menggunakannya untuk mengisi celah pada dinding, atau membuat dinding galeri seni dan buku.

 

6. Lampu Meja atau Lantai 

Pencahayaan merupakan bagian integral untuk menghidupkan ruangan dan dapat mengubah keseluruhan estetika dan nuansa ruangan, mengubahnya dari dingin dan tidak ramah menjadi hangat dan nyaman.

Ada begitu banyak pilihan lampu meja dan lampu lantai yang bisa digunakan untuk menambah estetika rumah kamu. Ini adalah salah satu ide dekorasi rumah yang dapat dengan mudah digunakan.

 

7. Vas Bunga 


Bunga segar yang cerah dan indah akan memberi kesan ruangan menjadi estetik. Selain itu, tidak ada yang mengalahkan aroma bunga segar!

Kamu bisa menempatkan vas bunga di meja ruang tamu, meja makan, atau bahkan di dapur. Hal ini juga dapat membantu menciptakan suasana yang tenang dan ramah.

 

8. Tambahkan Cermin di Dinding 

Bukan rahasia lagi bahwa penambahan cermin di rumah menciptakan lebih banyak cahaya dan ilusi ruang.

Jika kamu berpikir untuk membuat dinding galeri di rumah, coba tambahkan beberapa cermin kecil selain lukisan seni atau foto. Atau, tambahkan beberapa cermin dinding di atas sofa untuk memberikan ilusi ruangan yang luas.

 

9. Wallpaper Baru 

Apakah kamu ingin membuat dinding aksen atau benar-benar mengubah nuansa rumah? Kamu bisa menggunakan wallpaper, baik yang dapat dilepas maupun yang permanen.

Jika kamu tahu persis apa yang kamu inginkan (dan tidak berpikir akan berubah pikiran), pilih wallpaper permanen dengan pola klasik. Namun, bagi yang menyukai opsi yang lebih trendi, kamu mungkin ingin memilih wallpaper yang bisa dilepas pasang terlebih dahulu.

 

10. Bantal Sofa 


Bantal sofa yang cantik dapat menambah estetik ruanganmu. Bahkan jika kamu tidak ingin mengganti perabotan, menambahkan beberapa bantal lucu ke ruangan mana pun dapat memberikan kesan indah dan nyaman.

Letakkan bantal kecil ini di ruang tamu, lounge, atau kamar tidur untuk menambah dekorasi dan kehangatan rumah kamu.

Baca juga: Inspirasi Rumah Sederhana Anti Mati Gaya

 

Tips Mendekorasi Rumah yang Sederhana

Rumah adalah tempat kita menghabiskan sebagian besar waktu kita. Oleh karena itu, tentunya kita ingin rumah tetap terlihat menarik dan nyaman. Sebelum membeli perabotan atau hiasan untuk mendekorasi, berikut terdapat beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar rumah terlihat sederhana dan estetik.

1. Berikan beberapa tekstur

Setiap ruangan di rumah kamu harus memiliki tekstur. Tekstur adalah kemampuan mata kita (melalui otak) untuk merasakan permukaan yang berbeda dalam sebuah ruangan.

Kasar, halus, berbulu, lembut, tinggi, mengkilap, keras, dan banyak lagi. Jangan mengabaikan tekstur karena ruangan akan terasa flat.

2. Tambahkan pola

Pola membuat ruangan menjadi lebih hidup. Jika kamu sedikit kurang yakin untuk mencampur pola, bantal dan karpet adalah benda yang tepat untuk memulainya.

Aturan praktis yang baik adalah aturan 60/30/10. 60% pola favorit kamu, 30% untuk  pola yang mendukung pola utama dan berbeda, dan 10% pola aksen.

Pertahankan mereka dalam kelompok warna yang sama untuk tampilan pola campuran yang sempurna.

3. Tentukan titik fokus

Setiap ruangan harus memiliki titik fokus. Beberapa kamar mungkin memiliki titik fokus yang sangat menonjol dan kamar lain mungkin lebih halus.

Titik fokus biasanya menjadi hal pertama yang kamu perhatikan saat masuk ke sebuah ruangan. Titik fokus akan menarik perhatian pada ruangan dan biasanya dekorasi lain ditempatkan di sekitarnya.

Beberapa titik fokus yang umum tetapi bagus adalah:

  • Lukisan besar yang menakjubkan
  • Perapian
  • Tempat tidur yang tertata rapi
  • Sebuah bentuk arsitektur besar
  • Meja dengan dekorasi tengah yang cantik

4. Sesuatu yang tidak berlebihan terkadang lebih baik

Mendekorasi memang sangat menyenangkan, tetapi terkadang kita terus ingin mengubah tampilan ruangan. Kita bisa terus mendekorasi dan lama-lama tanpa disadari rumah sudah penuh dengan barang. Ini akan memberikan suasana yang sumpek bukan? Akan lebih baik jika kita mendekorasi dengan sesuatu yang beda, tetapi sedikit, daripada lebih banyak dan kecil-kecil.

5. Tunjukkanlah kepribadianmu

Dekorasi adalah tentang menerjemahkan kepribadian dan gaya kamu ke dalam ruang. Jadi isilah rumah dengan apa yang kamu sukai dan hal-hal yang membuatnya senang untuk dihuni.

6. Kenyamanan itu penting

Sangat penting untuk menjaga rumah yang bersih dan tertata dengan baik, tetapi juga harus nyaman pada saat yang sama. Jadikan kenyamanan sebagai yang utama! 

Bahkan ketika sedang menghibur tamu dan ingin memberikan kesan formal, buatlah mereka menjadi nyaman di rumahmu. Style dan kenyamanan bisa berjalan beriringan!

Baca juga: Alasan Memilih Rumah Idaman Sederhana Sebagai Hunian Ideal Kaum Muda

----

Nah, itu dia beberapa tips mudah yang bisa kamu ikuti untuk menghias rumah. Dekorasi ruangan demi ruangan dan lakukan sedikit demi sedikit setiap hari! Tanpa disadari, rumah akan terlihat cantik tiap harinya.

Gaya rumah sederhana bisa sangat mudah dan menarik untuk diciptakan. Kebanyakan orang biasanya akan memulai dekorasi sendiri atau bahkan dari awal mencari desain rumah yang sederhana. 

Temukan juga rumah idamanmu di website kami.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua