Spinner Icon

Inspirasi Desain Rumah Lahan Sempit yang Wajib Kamu Coba!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 30 September 2022
Table of Contents:
  • Inspirasi Desain Rumah Minimalis di Lahan Sempit
  • 1. Rumah Dua Setengah Lantai di Lahan dengan Lebar 6 Meter
  • 2. Rumah Lahan Sempit Berukuran 3695 Meter Persegi
  • 3. Rumah Minimalis di Lahan 55 meter
  • 4. Rumah Lahan Sempit Minimalis 2 Lantai
  • 5. Rumah 3 Lantai di Lahan Sempit
  • 6. Rumah dengan Bentuk Tidak Teratur
  • 7. The Tokyo House di Atas Lahan 23 meter
  • 8. Desain Rumah Split Level dengan Atap Terpisah
  • 9. Promenade House yang Dibangun di Atas Lahan 3 Meter
  • 10. Desain Rumah Town House
  • 11. Splash of Color Ciri Khas Rumah Futuristik
  • Kesimpulan

Siapa bilang rumah kamu tidak akan nyaman jika dibangun di lahan yang sempit? Memiliki lahan yang terbatas bukan berarti rumah tidak menjadi cantik dan nyaman. Lahan yang terbatas untuk membangun rumah umum terjadi di daerah perkotaan.

Rumah yang dibangun di lahan sempit memberikan potensi memiliki rumah yang lebih compact, desain simple, dan tata letak yang maksimal. Denah rumah yang sempit seringkali bisa menipu karena meski dari bagian depannya terlihat sempit, mereka menyembunyikan lebih banyak ruang dari yang kamu pikirkan.

Artikel ini akan membahas tentang inspirasi-inspirasi desain rumah yang tetap keren meskipun dibangun di lahan sempit. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.


Inspirasi Desain Rumah Minimalis di Lahan Sempit

1. Rumah Dua Setengah Lantai di Lahan dengan Lebar 6 Meter

Contoh: Shaft House

Rumah yang akan kita bahas pertama-tama adalah shaft house. Shaft house ini dibangun pertama kali di Toronto pada tahun 2010 silam, dan merupakan hasil dari proyek Atelier RZLBD.

Rumah ini didesain dengan sangat sederhana. Meskipun sempit, shaft house ini didesain dengan modern dengan garis dan sudut yang kontras dengan bangunan lainnya. Interior pada rumah ini juga memiliki ruang yang lapang dan cerah.

2. Rumah Lahan Sempit Berukuran 36,95 Meter Persegi

Contoh: House in Nada

Contoh rumah berikutnya adalah rumah yang dibangun di Jepang dengan luas 36,95 meter persegi. Rumah ini umum disebut sebagai nada house di Jepang. Sekilas rumah ini memiliki desain yang sama dengan rumah tipe 36, tetapi rumah ini memiliki desain menjulang ke atas.

Rumah sempit ini dirancang oleh arsitek Jepang bernama Fujiwarramuro. Rumah ini didesain dengan banyak celah dan beberapa jendela kecil untuk jalan masuk cahaya yang memungkinkan bagian dalam rumah tampak cerah dan terbuka. Bagian dalam rumah ini dipenuhi tangga-tangga untuk menghubungkan bagian bawah dan atas.

3. Rumah Minimalis di Lahan 5,5 meter


Sumber: archdaily.com

Selanjutnya, rumah minimalis yang dibangun di atas lahan dengan lebar 5,5 meter di Sao Paulo, Brazil. Rumah ini disebut juga The Brooklin House. Brooklin House ini didesain oleh Galeria Arquitetos pada tahun 2008.

Meskipun dibangun pada lahan sempit, rumah ini didesain dengan lantai dasar berkonsep terbuka sehingga memberi kesan lega dan menyatu dengan alam. Bagian atas rumah dibuat kontras dengan menambahkan material kayu dan jendela di bagian tengah. Minimalis tapi cantik, bukan?

Baca juga: Kenali Konsep Desain Rumah Asri di Tengah Perkotaan!

4. Rumah Lahan Sempit Minimalis 2 Lantai


Sumber: arsitag.com

Lahan sempit tidak berarti kamu tidak dapat membangun rumah idaman. Contohnya desain rumah 2 lantai ini, meskipun dibangun di lahan sempit, desain rumah ini tidak terlihat kecil ataupun tidak nyaman. Padukan rumah kamu dengan desain minimalis sehingga terlihat lebih cantik.

Untuk meningkatkan gaya minimalis, kamu dapat memadukan rumah dengan warna cat yang tepat. Biasanya warna netral digunakan untuk rumah minimalis, seperti putih, hitam, atau coklat. Kamu juga dapat menambahkan lampu sorot berwarna kuning agar rumah tampak lebih berkelas dan mewah.

5. Rumah 3 Lantai di Lahan Sempit

Contoh: Pinterest

Jika mendengar desain rumah 3 lantai, hal yang paling pertama terbayang pasti adalah rumah yang besar dan luas, serta terlihat megah. Namun, pernahkah kamu membayangkan rumah 3 lantai yang dibangun di lahan yang sempit? Rumah di Toronto ini memiliki 3 lantai dan dibangun pada lahan yang sempit.

Rumah ini didesain oleh Donald Chong Studio di Toronto. Dengan desain yang minimalis, rumah ini juga memiliki desain yang sangat unik. Jika kita lihat pada gambar di atas, rumah ini didesain dengan konsep transparan dengan menggunakan kaca yang membuat bagian interior terlihat secara jelas oleh orang yang berlalu lalang. Bagian dalam rumah juga tidak kalah cantik dengan dominasi warna putih dan interior yang minim.

6. Rumah dengan Bentuk Tidak Teratur

Contoh: OH House

Pernahkah kamu melihat rumah yang bentuknya tidak beraturan? Rumah OH adalah rumah dengan volume polihedron yang tidak teratur. Rumah OH merupakan hasil desain Atelier Tekuto yang terletak di distrik perumahan padat di Tokyo.

Rumah ini terdiri dari tiga lantai dengan lantai pertama berupa basement yang lebih rendah dari jalan kira-kira 1,5 meter. Di basement ini terletak dua kamar tidur dan kamar mandi, dan seluruh ruang juga dilengkapi dengan pencahayaan yang baik.

Lantai dua dari rumah ini dialokasikan sebagai ruang keluarga dengan jendela besar yang menghadap ke kota. Loteng di atas ruang tamu adalah ruang tidur tambahan. Rumah ini dirancang dengan eksterior yang didominasi oleh warna hitam dengan interior yang kontras bernuansa putih, sehingga terkesan modern.

Baca juga: Yuk, Intip Desain Interior Rumah yang Bikin Betah!

7. The Tokyo House di Atas Lahan 2,3 meter

Contoh: 1.8M Width House

Jika tadi ada rumah yang dibangun di atas lahan dengan lebar 5,5 meter, kini ada The Tokyo House yang dibangun di atas lahan 2,3 meter. Terdengar sangat sempit, bukan? Tapi rumah ini berhasil dibangun dengan desain modern oleh arsitektur YUUA.

Rumah dengan tinggi 11meter ini didesain menggunakan warna gelap untuk menambah kesan modern dan minimalis. Selain itu, arsitektur juga memperbanyak unsur kayu yang membuat rumah terlihat lebih elegan. Rumah ini menggunakan jendela kaca besar di bagian muka, sehingga rumah berkesan lebih luas.

8. Desain Rumah Split Level dengan Atap Terpisah

Contoh: Double Roof House

Terletak di atas lahan dengan luas 4x17 meter persegi, rumah ini menggunakan sistem atap ganda dari panel bergelombang. Sistem atap ini sifatnya ringan namun memberikan insulasi yang sangat baik dan memungkinkan ventilasi alami yang baik. Rumah yang terletak di kota Ho Chi Minh, Vietnam, ini didesain secara sederhana tetapi secara efektif memberikan kenyamanan luar biasa bagi keluarga.

Di antara kedua atap, terdapat celah penyangga yang mengurangi fluks panas ke dalam rumah secara konveksi, sehingga rumah terasa sejuk dan nyaman. Rumah ini juga memiliki pintu depan yang lebar menuju ke ruang tamu yang membuat rumah menjadi luas. Di samping itu, rumah ini juga memiliki dua balkon yang tidak sejajar yang menghadap ke halaman depan.

Rumah ini juga didesain dengan warna yang cantik, dengan kombinasi antara kuning, jingga dan putih membuat rumah terlihat lebih menarik. Selain itu, rumah split level ini juga didesain dengan tanaman-tanaman sehingga rumah terlihat asri.

9. Promenade House yang Dibangun di Atas Lahan 3 Meter


Sumber: archdaily.com

Rumah di atas lahan 3 meter ini memiliki julukan Promenade House. Rumah ini dibangun pada lahan yang terbatas dengan lebar 3 meter dan panjang total 27 meter. Bagian dalam rumah ini didesain untuk memiliki lorong sempit yang panjang. Jika kamu berjalan di sepanjang lorong ini, kamu dapat melihat ruang yang menyebar satu demi satu.

Promenade House ini didesain memiliki dua lantai. Desain rumah ini juga terlihat modern dan minimalis dengan eksterior yang didominasi oleh warna hitam dan putih. Bagian interior rumah didesain dengan warna putih dan hijau sehingga terlihat sangat menarik.

10. Desain Rumah Town House

Contoh: Town House At West Java 2 

Atap rumah segitiga runcing merupakan salah satu ciri khas dari rumah town house. Konsep town house adalah kombinasi dari desain minimalis dengan suburban. Rumah ini juga dilengkapi dengan desain yang minimalis dengan perpaduan warna yang pucat atau natural.

Desain rumah ini cenderung mirip dengan konsep urban modern yang menyerupai bangunan-bangunan di Eropa pada tahun 2000-an. Rumah-rumah dengan konsep ini cenderung terlihat seperti rumah cluster.

11. Splash of Color, Ciri Khas Rumah Futuristik

Contoh: Rumah Blue N White

Bosan dengan warna netral atau putih hitam saja? Nyatanya konsep minimalis tidak selalu monokrom atau membosankan. Rumah minimalis juga dapat kamu padukan dengan warna-warna yang kontras dengan menambahkan splash of color pada eksterior rumah.

Salah satu warna yang paling cocok digunakan untuk rumah minimalis adalah warna biru. Dengan warna yang terang, warna biru dapat membantu membuat rumah terkesan lebih hidup sehingga terlihat lebih cantik dan menarik perhatian. Warna biru ini bisa kamu padukan dengan warna-warna netral agar rumah tetap terlihat minimalis, misalnya warna putih atau coklat muda.

Baca juga: Seperti Apa Desain Rumah Minimalis Low Budget? Cek di Sini!


Kesimpulan

Demikian inspirasi-inspirasi yang dapat kamu ketahui terkait membangun rumah minimalis di lahan yang sempit. Sekarang kamu tidak perlu takut lagi untuk membangun rumah di lahan yang sempit, karena meskipun lahan sempit rumah akan tetap terlihat cantik dan keren jika didesain dan memiliki tata letak yang sesuai. Yuk, wujudkan impian rumah idaman sekarang.

Untuk lebih dekat dengan impianmu ini, BTN memberikan program kepemilikan rumah yang memungkinkan kamu untuk membeli rumah dengan suku bunga yang naik berjenjang. Jadi tunggu apa lagi, mari wujudkan rumah impianmu bersama BTN!

Kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program-program KPR yang ditawarkan. Klik link ini untuk menjelajahi website BTN Properti.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua