Spinner Icon

10 Inspirasi Kamar Minimalis untuk Keluarga

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 11 Februari 2023
Table of Contents:
  • Ide Desain Kamar Tidur Minimalis untuk Keluarga
  • 1. Kamar Tidur Minimalis Bernuansa Warna Putih
  • 2. Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Konsep Lesehan
  • 3. Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis Berwarna Abu-Abu untuk Remaja Laki-Laki
  • 4. Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Pencahayaan Alami
  • 5. Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Kombinasi Warna Biru dan Warna Putih
  • 6. Desain Kamar Tidur Minimalis Nuansa Kayu yang Estetik dan Natural
  • 7. Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Cermin Estetik
  • 8. Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Loft Bed yang Multifungsi
  • 9. Desain Kamar Tidur Minimalis Berwarna Hijau dengan Nuansa Alam
  • 10. Desain Kamar Tidur Minimalis yang Produktif untuk WFH

Saat ini ada banyak desain kamar tidur yang dapat dipilih oleh keluarga. Konsep dan inspirasi kamar tidur yang ada pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Terlebih, masing-masing anggota keluarga memiliki preferensi konsep dan desain interior yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Mulai dari menciptakan kamar tidur yang nyaman, desain interior, pemilihan furnitur, dan lainnya yang sesuai dengan keinginan masing-masing anggota keluarga, bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, ada inspirasi desain kamar tidur yang dapat diaplikasikan ke berbagai jenis desain rumah dan bisa diterapkan untuk jangka waktu lama, yaitu inspirasi desain kamar tidur minimalis.

Desain kamar tidur minimalis sendiri saat ini menjadi populer di tengah masyarakat. Hal ini karena konsep kamar minimalis membuat desain kamar tidur terlihat simpel. Namun, desain interior pada desain kamar tidur minimalis juga membuat kamar terlihat semakin elegan. Meskipun begitu, ternyata masih banyak yang bisa dikreasikan dari konsep kamar minimalis.


Ide Desain Kamar Tidur Minimalis untuk Keluarga

Pada dasarnya, desain kamar tidur minimalis adalah sebuah gaya yang menekankan pada penggunaan furnitur yang minimal serta warna yang netral. Kamar tidur minimalis ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang santai, nyaman, dan tidak terlalu penuh dengan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Dengan menggunakan furnitur yang sederhana namun tetap memiliki fungsi yang baik, serta menggunakan warna yang netral atau tepat, maka kamar tidur akan terlihat lebih luas, terang, dan segar. Selain itu, kamar tidur minimalis juga harus memiliki pencahayaan yang cukup terang untuk memberikan kesan yang lebih nyaman dan santai.

Umumnya konsep desain kamar minimalis diterapkan untuk hunian yang memiliki keterbatasan lahan sehingga perlu manajemen penyimpanan yang rapih. Dengan kamar tidur minimalis, ruangan yang sempit bisa terasa luas karena semua barang dan furnitur bisa mengisi celah sempit agar ruangan tidak terasa penuh.

Jika kamu masih bingung mencari inspirasi desain kamar tidur minimalis, artikel ini akan memberikan 10 rekomendasi desain kamar tidur yang nyaman dan minimalis untuk keluarga.

1. Kamar Tidur Minimalis Bernuansa Warna Putih

Kamar tidur minimalis warna putih merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana yang nyaman dan santai di ruangan tersebut. Warna putih merupakan pilihan yang tepat untuk menciptakan kesan ruangan yang luas, terang, dan segar. Selain itu, warna putih juga mudah dikombinasikan dengan berbagai macam warna lainnya, sehingga memudahkan kamu dalam mengkreasikan desain kamar.

Desain kamar tidur minimalis bernuansa warna putih juga dapat dipercantik dengan menggunakan furnitur yang minimalis. Jangan terlalu banyak menambahkan furnitur yang tidak penting, seperti rak buku yang terlalu besar atau meja lampu yang terlalu rumit. Pilihlah perabotan yang sederhana namun tetap memiliki fungsi yang baik.

Kamu juga dapat menambahkan sentuhan warna lain seperti cokelat muda atau biru muda untuk memberikan kesan yang lebih menyegarkan di kamar tidur kamu. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan gorden atau sprei dengan warna yang sesuai untuk mempercantik kamar tidur kamu.

Kamu juga dapat menambahkan lampu yang cukup terang untuk memberikan kesan yang lebih nyaman dan santai di kamar tidur. Dengan menggunakan inspirasi kamar tidur minimalis bernuansa warna putih ini, kamu akan merasa lebih nyaman dan rileks ketika beristirahat di kamar tidur.

2. Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Konsep Lesehan

Untuk memberikan kesan yang lebih minimalis pada interior kamar, kamu juga bisa memutuskan untuk tidak menambahkan dipan. Ide satu ini bisa kamu jadikan inspirasi desain kamar minimalis. Kamar-kamar minimalis yang estetik saat ini juga sering menggunakan sistem lesehan.

Dengan tidak menggunakan dipan, interior kamar kamu akan terlihat sedikit berbeda dan terlihat lebih bersih. Tanpa dipan, ukuran kamar juga akan terlihat lebih luas karena dipan sendiri adalah salah satu furnitur yang berukuran cukup besar.

Kamu bisa menambahkan karpet untuk membatasi antara lantai dengan kasur untuk memberikan kesan hangat serta menjaga kebersihan kasur. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lampu lantai, lampu led strip, atau lampu tidur untuk menambahkan suasana yang cantik pada kamar. Jangan lupa, pilih lampu dengan nuansa yang hangat ya!

3. Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis Berwarna Abu-Abu untuk Remaja Laki-Laki

Butuh ide inspirasi desain kamar minimalis untuk remaja laki-laki? Desain kamar tidur minimalis berwarna abu-abu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk anak maupun remaja laki-laki.

Abu-abu merupakan warna yang netral, sehingga dapat dengan mudah dikombinasikan dengan berbagai macam warna lain. Selain itu, warna abu-abu juga dapat memberikan kesan yang lebih dewasa dan elegan.

Tidak hanya itu, kamar tidur yang berwarna abu-abu juga harus memiliki pencahayaan yang cukup terang. Kamu dapat menambahkan lampu atau lampu gantung untuk memberikan kesan yang lebih nyaman dan santai di kamar minimalis abu-abu.

Selain itu, pastikan agar hanya ada furnitur yang diperlukan. Dengan demikian, desain kamar tidur minimalis berwarna abu-abu ini akan memberikan kesan yang lebih nyaman dan elegan. 

4. Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Pencahayaan Alami

Salah satu konsep yang bisa kamu terapkan pada saat membangun desain kamar tidur yang minimalis adalah dengan menempatkan kasur di dekat jendela atau menggunakan jendela yang besar.

Menggunakan jendela berukuran besar dapat memaksimalkan pencahayaan secara alami. Tidak hanya itu, menggunakan jendela yang besar juga dapat membuat sirkulasi udara pada kamar minimalis menjadi lebih lancar.

Pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang lancar tentu cocok bagi kamar yang berkonsep minimalis. Hal ini karena sirkulasi udara dapat membuat ruangan dengan ukuran yang terbatas menjadi tidak pengap. Selain itu, keberadaan jendela juga membuat ruangan terkesan luas berkat ilusi dari jendela yang besar. Tentu kamu bisa menambahkan gorden yang transparan atau berwarna putih agar suasana kamar terlihat semakin minimalis.


5. Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Kombinasi Warna Biru dan Warna Putih

Ingin suasana kamar yang berbeda, cerah, tetapi tetap minimalis? Kamu bisa menerapkan warna cat biru dan putih pada desain kamar tidur minimalismu. Menciptakan kamar tidur minimalis terkadang tidak hanya berkutat pada furnitur, tetapi juga pemilihan warna yang tepat. Perpaduan warna biru dan warna putih dinilai menjadi salah satu opsi kombinasi warna yang cocok untuk kamar minimalis.

Menggunakan cat warna putih dapat memberikan kesan yang bersih dan minimalis. Selain itu, warna putih juga dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dibandingkan dengan ukuran yang sebenarnya.

Sementara itu, menggunakan warna biru dapat membawa suasana yang damai dan tenang sekaligus fresh. Oleh karena itu, baik warna putih maupun warna biru dapat saling melengkapi untuk desain kamar tidur minimalis.

6. Desain Kamar Tidur Minimalis Nuansa Kayu yang Estetik dan Natural

Ingin nuansa kamar yang minimalis dan dekat dengan alam? Kamu bisa meniru inspirasi kamar minimalis yang satu ini, yaitu kamar tidur bernuansa kayu.

Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang umum ditemui di Indonesia. Tidak hanya itu, kayu juga dapat menjadi pilihan untuk dekorasi kamar yang minimalis. Terlebih, warna alami kayu juga cantik dan tidak mencolok sehingga memiliki kesan minimalis dan mewah.

Kamu bisa mengkombinasikan kamar minimalis kayu dengan furnitur yang terbuat dari kayu juga agar senada. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengkombinasikannya dengan furnitur berwarna hitam atau emas untuk kesan yang elegan. Jangan lupa untuk jangan terlalu banyak menempatkan furnitur di kamar ya.

Baca juga: Kupas Tuntas Kayu Mahoni untuk Bahan Furnitur Rumah

7. Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Cermin Estetik

Kamar minimalis tidak hanya sekadar cat dinding kamar atau furnitur yang minim. Pemilihan furnitur maupun dekorasi kamar yang tepat juga dapat menjadi alternatif untuk menciptakan kamar tidur yang minimalis loh.

Salah satu furnitur yang bisa membantu mempercantik kamar minimalismu adalah cermin berdiri yang estetik. Walaupun terlihat sederhana, tetapi cermin berdiri dapat memberikan suasana yang baru pada kamarmu loh. Cermin berdiri dapat membuat kamar terlihat luas berkat pantulannya. Kamu bisa menempatkan cermin berdiri di pojok kamar. Selain itu, kamu juga bisa memilih cermin berdiri dengan bingkai yang minimalis juga.


8. Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Loft Bed yang Multifungsi

Memiliki kamar dengan lahan yang terbatas tetapi ingin memaksimalkan fungsi ruang yang ada, kamu bisa menerapkan ide kamar minimalis yang satu ini. Kamar ini memanfaatkan kasur tingkat atau loft bed untuk memaksimalkan ruang yang terbatas. Terlebih kamu bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah kasur untuk berbagai kebutuhan, mulai dari penyimpanan, tempat tidur tambahan, hingga tempat kerja yang minimalis.

Dalam membuat kamar dengan loft bed, pilih furnitur yang bisa memaksimalkan luas ruangan. Menggunakan meja lipat atau dipan dengan tempat penyimpanan bisa menjadi pilihan furnitur untuk desain kamar satu ini.

9. Desain Kamar Tidur Minimalis Berwarna Hijau dengan Nuansa Alam

Kamar tidur minimalis berwarna hijau dengan nuansa alam merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin memiliki suasana yang sejuk dan damai di dalam kamar tidur. Warna hijau memiliki kesan segar dan menenangkan, sehingga cocok untuk dipadukan dengan nuansa alam yang menyegarkan.

Untuk memperkuat kesan alami dalam kamar tidur minimalis berwarna hijau tersebut, kamu bisa menambahkan dekorasi alami seperti bunga-bunga atau tanaman hias, serta furnitur dari bahan alam seperti rotan atau kayu. Pemilihan furnitur yang sederhana dengan konsep yang minimalis juga akan membantu menciptakan suasana yang lebih santai dan nyaman.

10. Desain Kamar Tidur Minimalis yang Produktif untuk WFH

Konsep desain kamar minimalis yang satu ini cocok untuk kamu yang pekerjaannya bisa dikerjakan di rumah atau bekerja secara Work From Home (WFH). Memiliki kamar yang menjadi satu dengan ruangan kerja memang menjadi tantangan tersendiri, karena harus memastikan kamar tersebut nyaman untuk beristirahat sekaligus bisa menjadi tempat yang produktif untuk bekerja. Kamu bisa menambahkan meja kerja dengan sedikit barang di atas meja agar tetap minimalis. Jangan lupa tambahkan lampu di meja kerja agar pencahayaannya merata.

Baca juga: Seperti di Drakor, Ini Desain Kamar Aesthetic Korean

---

Sedang mencari inspirasi untuk rumah kamu? Kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rumah dan program-program KPR. Klik link ini untuk menjelajahi website BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua