Spinner Icon

Ingin Membangun Rumah? Ini Keunikan & Kelebihan Kayu Damar!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 3 November 2022
Table of Contents:

Sebagai salah satu negara penghasil kayu terbesar di dunia, Indonesia memiliki ribuan jenis pohon kayu yang memiliki manfaat yang besar bagi dunia. Dari ribuan jenis pohon kayu ini, ada sekitar 400 jenis pohon kayu yang berpotensi untuk digunakan dalam industri kayu.

Salah satu jenis kayu yang memiliki banyak manfaat adalah kayu damar. Selain kayu jati, kayu merbau, kayu bengkirai, dan kayu ulin, kayu damar dikenal dalam bidang industri kayu sebagai salah satu jenis kayu pohon yang awet, tahan air, dan anti rayap. Kayu damar ini memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari pembuatan kertas, bahan baku produk industri, hingga material untuk konstruksi bangunan. Kayu damar juga memiliki beberapa kelebihan yang menguntungkan dibandingkan jenis kayu lainnya.

Pada artikel kali ini, akan dibahas seputar kayu damar, mulai dari ciri-ciri hingga kegunaan dari kayu damar. Yuk, baca lebih lanjut untuk mengetahui kayu damar lebih detail.



Mengenal Kayu Damar

Kayu damar adalah jenis kayu asli Indonesia yang dikenal juga dengan nama kayu agathis. Agathis Dammara atau kayu damar memiliki nama yang berbeda pada setiap daerah, misalnya kayu sigi dari Sumatera, kayu kesi dari Papua, dan sebagainya.

Pohon kayu damar merupakan salah satu jenis pohon pinus yang tumbuh subur di kawasan pegunungan. Pohon kayu ini tidak hanya tumbuh subur di Indonesia, tetapi juga ditemukan di negara tetangga, misalnya Filipina dan Malaysia. Meskipun pertumbuhannya cukup baik di Indonesia, pohon damar termasuk dalam jenis pohon yang dilindungi karena semakin gencarnya penebangan membuat keberadaannya terancam.

Baca juga: Desain Lantai Kayu yang Unik untuk Rumah Kamu!

 

Ciri Kualitas Kayu Damar

Ada beberapa ciri-ciri dari kayu damar yang membuat kayu ini unik dan banyak digunakan. Yuk simak ciri-ciri kayu damar di bawah ini.

1. Bentuk dan Ukuran

Tinggi pohon damar pada umumnya dapat mencapai 65 meter dengan diameter batang lebih dari 1,5 m. Batang pohon damar umumnya berbentuk bulat. Bagian luar pohon damar memiliki warna keabu-abuan dan agak kemerahan dengan kulit mengelupas dalam kepingan kecil-kecil.

Dengan ukuran 8 x 2-3 cm, daun pohon damar memiliki bentuk jorong dengan bagian ujung yang meruncing ke arah ujung yang membundar. Pohon damar juga memiliki runjung dari serbuk masak[1] [2]  dengan ukuran sekitar 4-6 x 1,2-1,4 cm. Runjung biji masak ini ada juga yang berbentuk bulat telur dengan ukuran yang dapat mencapai 10,5 x 9,5 cm.

2. Mudah Diperoleh

Kayu damar tersebar di banyak daerah di Indonesia karena salah satu keunikan dari kayu ini adalah sifatnya yang mudah tumbuh dimana saja. Umumnya, pohon damar tumbuh secara alami di kawasan hutan hujan dataran rendah dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kayu damar dapat ditemukan di daerah Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi, Maluku, bahkan Papua. Di Pulau Jawa, pohon damar umum ditemukan tertanam di kawasan pegunungan.

3. Warna yang Seragam

Kayu damar memiliki warna kuning kecoklatan. Warna kayu damar cenderung seragam antara bagian pinggir dan bagian tengahnya, sehingga akan sulit untuk membedakan bagian pinggir dan tengah dari kayu ini. Jika terekspos terlalu lama di ruang terbuka, warna kayu damar akan berubah menjadi semakin gelap.

Penampilan kayu damar sendiri sering dibilang mirip dengan warna kayu bengkirai. Oleh karena itu, banyak yang bilang sulit untuk membedakan kayu damar dan kayu bengkirai berdasarkan warnanya.

4. Memiliki Bobot Ringan

Bila dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, kayu damar termasuk dalam jenis kayu ringan. Kayu damar memiliki berat jenis rata-rata sekitar 0,49.

5. Tingkat Kekerasan Sedang

Kayu damar memiliki tingkat kekerasan sedang dengan kerapatan rendah. Kayu damar tergolong dalam kayu kelas kuat III, sehingga tergolong sebagai salah satu jenis kayu keras. Namun, meskipun kayu ini memiliki kepadatan yang kurang baik, pemerintah sedang mencoba untuk menjadikannya sebagai pengganti jenis-jenis kayu keras.

Akan tetapi, teksturnya yang keras membuat proses pengolahan kayu damar tergolong cukup sulit. Proses pengolahan kayu damar memerlukan usaha lebih dan waktu yang lebih lama juga. Tetapi jika dibandingkan harganya, kayu damar memiliki harga yang sedikit lebih murah daripada kayu bengkirai.

6. Ketahanan yang Baik

Kayu damar sendiri memiliki ketahanan yang baik dan awet. Kualitas kayu damar umumnya tidak dipengaruhi oleh perubahan cuaca, sehingga sifatnya kuat di segala cuaca. Selain itu, kayu damar juga tahan terhadap serangan rayap yang menguntungkan untuk industri produksi mebel dan furnitur yang tidak mudah rusak.

Baca juga: Simak Jenis-Jenis Bahan Kayu Terbaik Untuk Interior Rumah!

 

Fungsi Kayu Damar


Berikut adalah beberapa kegunaan kayu damar bagi kehidupan manusia.

1. Bahan Konstruksi Bangunan

Kayu damar dapat dimanfaatkan dalam konstruksi bangunan, misalnya kerangka atap rumah, tiang penyangga, hingga plafon. Karena daya tahannya yang awet dan tahan lama, serta merupakan jenis kayu yang tahan terhadap air dan rayap, kayu damar adalah pilihan yang cocok untuk konstruksi bangunan.

2. Bahan Baku Produksi Industri

Pohon damar juga sering dijadikan tanaman pertanian yang akan diambil getahnya. Proses pengambilan getah pada pohon damar menerapkan proses yang mirip dengan penyadapan getah pohon karet. Getah damar dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis dalam bidang industri, antara lain lateks, resin, oleoresin, gum resin, dan balsem.

Pada batang pohon damar akan dibuat sebuah luka sayatan untuk mengeluarkan getah, yang akan dilakukan setiap pagi hari setelah getah pohon siap untuk dipanen. Getah kemudian dibiarkan menumpuk dan mengering pada tempat khusus. Selanjutnya, getah yang telah mengering pun diambil dari tempatnya secara berkala.

Hasil dari pengolahan getah ini kemudian akan berupa resin. Resin ini lalu digunakan untuk berbagai kebutuhan produk industri, misalnya tekstil, material plester, lapisan plastik, korek api, cat, tinta, dan lain-lain.

3. Produksi Mebel

Kayu damar juga cukup terkenal dalam dunia permebelan. Beberapa kelebihan dari mebel yang dibuat dari kayu damar adalah permukaan yang licin, gampang digergaji, ringan, berkilap, dan memiliki serat yang lurus. Hasil kualitas mebel yang menggunakan kayu damar adalah adanya permukaan kayu serutan yang halus.

Selain untuk furniture rumah, perabot perkantoran juga banyak menggunakan kayu damar. Hal ini karena selain interior yang indah, kayu damar juga mudah diangkut karena sifatnya yang ringan. Selain itu, proses knock down atau bongkar pasang untuk kayu ini bersifat mudah.

4. Bahan Pembuatan Kertas

Salah satu manfaat utama dari pohon damar adalah sebagai bahan baku dalam pembuatan kertas. Kayu damar merupakan jenis kayu yang selalu menjadi pilihan utama dalam industri kertas.

Kayu damar sendiri memiliki sifat dan karakteristik yang dapat menghasilkan serbuk kertas berkualitas tinggi. Kelebihan dari serbuk kayu yang berasal dari pohon damar adalah tingkat ketahanannya yang sangat tinggi.

5. Bahan Obat-Obatan

Getah damar yang mengandung resin damar diketahui memiliki sebuah enzim yang sangat berguna dalam bidang pengobatan. Getah damar sendiri mengandung enzim yang dapat menjadi perantara untuk memperbaiki memori dan meningkatkan rasa nyaman pada penderita gangguan memori.

6. Resin Aromatik

Selain digunakan dalam proses produksi industri, resin cair dari pohon damar kerap digunakan sebagai komponen resin aromatik. Beberapa produk resin aromatik yang dapat dibuat adalah obat nyamuk, obat anti jamur, dan lain-lain.

7. Sebagai Tanaman Penghijauan

Kamu juga dapat menemukan pohon kayu damar di kawasan perkotaan besar, misalnya di Jakarta, Bandung, Bogor, dan sekitarnya. Keberadaan pohon ini di perkotaan tersebut berfungsi sebagai tanaman penghijauan.

Sebagai salah satu pohon yang tidak ribet, pohon kayu damar dapat ditemukan dengan mudah dan dapat ditanam di mana saja. Selain itu, ukuran pohon kayu damar yang cenderung besar dapat membantu melindungi kerusakan tanah dan mencegah terjadinya kelangkaan air tanah.

8. Bahan Bakar Lampu

Getah pohon damar juga sering digunakan sebagai bahan bakar lampu. Senyawa kimia yang dihasilkan oleh getah pohon damar memiliki kemampuan untuk menghantarkan panas seperti jenis bahan bakar lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa mungkin saja resin damar dapat berkembang menjadi bahan bakar baru di masa yang akan datang.

Baca juga: Ketahui Manfaat dan Kelebihan Kayu Meranti untuk Rumah

 

Kesimpulan

Demikian informasi seputar kayu damar yang dapat kamu ketahui dari artikel ini. Jika kamu ingin mempelajari mengenai bahan bangunan rumah, informasi seputar properti, KPR, dan lainnya, telusuri website kami untuk mengetahui lebih lanjut.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua