Spinner Icon

Apa Keuntungannya Membangun Rumah Sendiri?

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 8 November 2022
Table of Contents:

Semua orang pasti memiliki rumah impiannya masing-masing yang harapannya dapat dimiliki suatu saat nanti. Pada masa kini, ada dua cara untuk mendapatkan rumah, yaitu membeli rumah dan membangun rumah. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Membeli rumah yang sudah jadi, baik di perumahan mewah maupun pemukiman sederhana. Dengan membeli rumah jadi, kamu hanya perlu memilih rumah yang sudah ada dan membelinya dari developer rumah.

Sedangkan membangun rumah berarti kamu akan membeli sebuah lahan terlebih dahulu, lalu membangun rumah tersebut. Membangun rumah sendiri dapat membantu kamu lebih dekat dengan impian kamu untuk memiliki rumah idaman yang kamu idamkan selama ini.

Artikel ini akan menjelaskan kelebihan membangun rumah sendiri dan tips-tips untuk membangun rumah sendiri.


Kelebihan Membangun Rumah Sendiri Dibandingkan Membeli Rumah

Ada beberapa kelebihan membangun rumah sendiri dibandingkan membeli rumah jadi, yaitu:

1. Bangun Sesuai Budget yang Kamu Miliki

Rumah jadi memiliki tipe yang seragam dan memiliki biaya yang pasti. Jika kamu membangun rumah kamu sendiri, kamu bisa membangun rumah kamu sesuai dengan budget yang kamu miliki. Kamu bebas untuk memilih ingin membangun rumah minimalis atau rumah mewah sesuai dengan budget kamu.

2. Desain Sesuai Keinginan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, rumah jadi adalah rumah yang sudah dibangun oleh developer. Hal ini membuat kamu tidak dapat menyesuaikan rumah dengan selera kamu. Tetapi jika kamu memiliki rumah impian dengan desain tertentu, maka membangun rumah sendiri adalah opsi terbaik.

Bangun rumah impian kamu sesuai dengan tata letak, desain, jumlah ruangan, dan hal-hal lain yang kamu inginkan. Selama membangun rumah sendiri, sebaiknya kamu aktif berkomunikasi dengan arsitek atau kontraktor pembangun rumah kamu agar rumah yang dibangun bisa semirip mungkin dengan rumah idaman yang kamu bayangkan.

3. Memiliki Lahan Lebih Luas

Harga rumah jadi umumnya juga mencakup harga lahan ditambah dengan harga bangunan di atasnya. Tetapi luas lahan yang kamu beli ini terbatas karena tata letak rumah jadi sudah ditentukan oleh developer hingga sedemikian rupa.

Lain halnya dengan membangun rumah sendiri. Dengan membangun rumah sendiri, kamu bisa memiliki lahan yang lebih luas karena kamu dapat menentukan tata letak rumah kamu. Pastikan tata letak rumah sudah kamu perhitungkan agar lahan bisa kamu gunakan seefektif mungkin.


Tips-Tips Membangun Rumah Impian

Yuk, ikuti tips-tips berikut untuk memudahkan kamu saat membangun rumah impianmu.

1. Tentukan Lokasi Bangun Rumah

Salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan saat membangun rumah adalah lokasi pembangunan rumah tersebut. Dalam menentukan lokasi, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Misalnya, apakah kamu ingin tinggal di dekat lokasi kerja, sekolah, pusat perbelanjaan, atau lainnya? Atau mungkin kamu ingin tinggal di rumah dengan nuansa tenang dan asri? Ini semua harus kamu pertimbangkan dan diskusikan terlebih dahulu dengan keluargamu.

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor penambahan nilai investasi dari tanah yang kamu pilih. Lokasi bangun rumah yang dekat dengan pusat kota mungkin menguntungkan dengan potensinya untuk terus berkembang pesat dan memiliki infrastruktur yang memadai. Namun, harga tanah di pusat kota juga pasti akan lebih mahal.

Pilihan lainnya adalah lokasi lahan bangun rumah di pinggiran kota. Meskipun memiliki harga yang terjangkau, kamu juga harus mempertimbangkan akses dan infrastruktur yang dimiliki di pinggiran kota.

Baca juga: Kenali Konsep Desain Rumah Asri di Tengah Perkotaan!

2. Siapkan Rencana dan Anggaran Dana

Rencana dan dana adalah bagian paling penting dari proses pembangunan rumah. Perencanaan sendiri harus kamu lakukan dengan matang. Mulai dari detail lokasi, bentuk, desain, dan tata letak ruangan, hingga hal-hal kecil lainnya, semua ini harus kamu rencanakan dengan matang.

Saat merencanakan pembangunan rumah, coba lakukan riset terlebih dahulu untuk mencari ide desain rumah yang ingin kamu bangun. Tentukan tata letak ruang yang menurut kamu paling sesuai untuk kamu dan keluarga agar rumah tersebut nyaman untuk kamu tinggali nantinya.

Penting juga bagi kamu untuk menyiapkan anggaran lebih untuk mengantisipasi risiko-risiko yang mungkin terjadi selama proses pembangunan rumah. Misalnya, jika ada item yang tidak termasuk dalam perkiraan sebelumnya atau ada kejadian-kejadian yang tidak terduga.

3. Pilih Kontraktor dengan Tepat

Kontraktor adalah salah satu unsur yang penting dalam proses membangun rumah. Oleh karena itu, memilih kontraktor yang tepat juga menjadi tips yang penting demi menghindari masalah saat membangun rumahmu di kemudian hari.

Kamu dapat mempertimbangkan faktor-faktor ini ketika memilih kontraktor, antara lain:

a. Kredensial

Hal paling utama yang harus kamu perhatikan dari seorang kontraktor adalah kredensialitasnya. Pastikan kontraktor tersebut memiliki lisensi dan pengalaman dalam membangun hunian.

b. Hasil Pekerjaan Sebelumnya dan Referensi

Untuk memastikan kontraktor tersebut memiliki pengalaman yang nyata, kamu bisa memeriksa proyek yang pernah dikerjakan sebelumnya oleh kontraktor tersebut. Perhatikan baik-baik rumah-rumah yang pernah dibangun oleh kontraktor tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu melihat apakah pelanggan sebelumnya puas dengan rumah tersebut, serta bagaimana tingkat kualitas rumah yang dibangun. Kamu juga dapat meminta referensi dari kontraktor sebelum menandatangani kontrak.

c. Kontraktor yang komunikatif

Kepribadian tentu menjadi salah satu faktor yang paling kita lihat saat bertemu seseorang. Pastikan kontraktor yang kamu pilih bersifat komunikatif dan kamu bisa merasa nyaman berdiskusi dengan kontraktor tersebut.

d. Gaya Konstruksi

Rumah impian kamu pasti harus semirip mungkin dengan desain yang kamu miliki di pikiranmu. Sebelum mulai membangun, pastikan kontraktor yang kamu pilih memiliki gaya konstruksi sesuai dengan desain rumah impian kamu.

e. Harga yang Ditawarkan

Menyesuaikan kontraktor yang kamu pilih dengan anggaran yang kamu miliki juga sangat penting. Perhatikan agar kamu tidak menghabiskan terlalu banyak uang hanya untuk membayar kontraktor karena masih ada biaya lain yang perlu kamu butuhkan.

4. Pilih Desain dengan Tepat

Kini kamu telah tahu dengan kontraktor mana yang ingin kamu percayakan untuk pembangunan rumah impianmu. Sekarang kamu harus bisa memilih desain yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Dalam pemilihan desain ini, kamu perlu terlebih dahulu melihat secara menyeluruh semua desain dari kontraktor dan kunjungi rumah-rumah yang pernah mereka bangun. Saat kunjungan tersebut, kamu dapat memeriksa apakah desain sudah sesuai dengan bidang tanah yang dimiliki atau apakah sesuai dengan kebutuhan kamu.

Hal-hal yang paling penting untuk kamu perhatikan dari desain rumah ini adalah apakah rumah ini dapat memiliki jumlah ruang yang cukup. Misalnya, kamu perlu memastikan apakah ada kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu yang cukup sesuai dengan ukuran keluarga kamu. Pada bagian ini, mungkin kamu juga perlu mempertimbangkan apakah kamu memerlukan ruang tambahan untuk kemungkinan pertumbuhan keluarga kamu.

Desain rumah bukanlah hal yang mudah. Tetapi memiliki desain rumah yang indah juga merupakan salah satu hal yang pasti semua orang ingin miliki untuk rumahnya. Keindahan desain juga perlu kamu pertimbangkan agar tidak menyesal nantinya.


Baca juga: Seperti Apa Desain Rumah Minimalis Low Budget? Cek di Sini!

5. Pastikan Komunikasi Berjalan dengan Baik

Komunikasi antara kamu dan kontraktor juga sangat penting untuk dijaga selama proses pembangunan rumah berlangsung. Bahkan tidak hanya kontraktor, tetapi kamu juga perlu menjaga hubungan yang baik dengan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan rumah kamu.

Dengan menjaga komunikasi dengan baik, kamu dapat memastikan bahwa setiap tahap pembangunan rumah kamu berjalan dengan baik. Kamu dapat sering melakukan komunikasi dengan kontraktor untuk mendapatkan informasi tentang kemajuan konstruksi dan juga sekaligus memeriksa bangunan kamu.

Jika kamu menemukan sesuatu yang tidak kamu sukai atau ada keinginan kamu terkait rumah yang tidak dapat dipenuhi oleh kontraktor, maka kamu dapat mencoba untuk mendiskusikan hal tersebut. Dengan diskusi ini, kamu dapat memperjuangkan detail yang penting bagi kenyamanan kamu di rumah impianmu sendiri.

6. Gunakan Perlengkapan yang Sama di Seluruh Rumah

Tips ini membantu kamu agar dapat lebih hemat, yaitu dengan menggunakan bahan bangunan atau perlengkapan yang sama di seluruh sudut rumah kamu.

Penggunaan perlengkapan yang sama ini membuat kamu cukup membeli satu jenis barang atau material dalam jumlah besar. Dengan membeli dalam jumlah besar, umumnya kamu dapat membeli dengan harga bahan bangunan dengan lebih murah.

Salah satu contoh yang dapat kamu terapkan adalah dengan menggunakan keramik yang sama untuk kamar mandi dan ruang cuci baju (laundry). Maka kamu hanya perlu membeli satu macam keramik dalam jumlah banyak, sehingga kamu dapat menghemat anggaran yang kamu miliki.

 

Membangun sendiri rumah idaman sangat menarik bukan? Ingatlah untuk selalu menyusun rencana dan anggaran dengan matang sebelum kamu membangun ataupun membeli rumah. Semoga bermanfaat yah informasinya! Temukan beragam informasi lain mengenai inspirasi desain rumah hingga program KPR di website kami.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua