Spinner Icon

Desain Rumah Klasik Sederhana Sepanjang Masa

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 30 Januari 2023
Table of Contents:
  • Apa Itu Desain Rumah Klasik
  • Kenapa Desain Rumah Klasik Masih Digemari
  • Ciri Khas Desain Rumah Klasik
  • Jenis-jenis Desain Rumah Klasik
  • 1. Rumah Klasik Eropa
  • 2. Rumah Klasik Indonesia
  • 3. Rumah Klasik Dominasi Warna Putih
  • 4. Rumah Klasik dengan Joglo
  • 5. Rumah Klasik dengan Beranda
  • 6. Rumah Klasik Amerika

Belakangan ini, kita sering mendengar dengan istilah rumah minimalis, rumah modern, rumah kontemporer, atau bahkan rumah dengan konsep Skandinavia yang terkenal estetik. Hal ini membuat kita terlalu berfokus pada rumah-rumah yang mengambil konsep gaya yang berasal dari luar negeri.

Padahal, arsitektur rumah tidak hanya seputar rumah-rumah dengan gaya dan konsep modern atau minimalis. Ada konsep atau gaya rumah lainnya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari kita dan memiliki nilai keindahannya sendiri. Konsep desain rumah klasik merupakan gaya rumah yang tidak akan lekang oleh waktu.

Desain interior rumah klasik juga membuat kita semakin betah berkat pemilihan warna yang tepat, desain rumah klasik yang minimalis, bahkan hingga gaya maupun inspirasi desain yang dapat bertahan sepanjang masa.

Nah, artikel ini akan membahas tentang rumah klasik dari yang sederhana hingga mewah dan elegan serta membahas inspirasi desain klasik bagi rumah kamu.

 

Apa Itu Desain Rumah Klasik

Sebelum mencari tahu lebih lanjut tentang inspirasi arsitektur desain rumah klasik, sebaiknya mengetahui dulu tentang pengertian dari apa itu rumah bergaya klasik. Tidak jarang, banyak orang yang masih menyamakan rumah bergaya klasik dengan rumah tradisional. Padahal, baik rumah desain klasik dan rumah tradisional merupakan dua model desain rumah yang berbeda.

Rumah klasik pada dasarnya memiliki pengertian sebagai rumah dengan desain klasik yang elegan dan lebih formal. Selain itu, rumah klasik juga mengadopsi desain rumah Eropa, seperti gaya Perancis kuno dan gaya neoklasik sebagai inspirasi dasarnya. Tentu berbeda dengan rumah tradisional yang cenderung lebih banyak mengambil unsur dari rumah suku atau rumah-rumah peninggalan kolonialisme.


Kenapa Desain Rumah Klasik Masih Digemari

Ada beberapa hal yang menyebabkan rumah klasik masih bertahan dan tetap digemari hingga saat ini. Salah satunya adalah anggapan bahwa rumah klasik sama dengan rumah dengan desain tua. Hal ini membuat orang-orang melihat bahwa semakin klasik rumah tersebut, maka memiliki nilai yang tinggi.

Selain itu, aspek visual juga menjadi salah satu hal yang membuat rumah klasik tetap bertahan hingga saat ini. Rumah klasik memiliki ciri khas ukiran-ukiran pada dinding yang cukup rumit yang memberikan kesan mewah dan elegan.

Tidak hanya itu, sebagian rumah klasik juga memiliki pilar-pilar maupun lekungan khas bangunan Romawi yang menambah kesan elegan seperti rumah klasik Eropa. Selain berfungsi sebagai pondasi dari bangunan, pilar-pilar bangunan dalam rumah klasik dibangun juga berdasarkan makna filosofi tertentu.

Baca juga: Inspirasi Rumah Sederhana Anti Mati Gaya


Ciri Khas Desain Rumah Klasik

Pada dasarnya, rumah klasik sendiri memiliki ciri khas yang mudah ditemui pada hunian dengan gaya tersebut. Umumnya, rumah klasik memiliki halaman yang luas yang membuat desain rumah klasik menjadi semakin indah. Halaman tersebut terdiri dari beragam pohon dan tanaman yang membuat suasana rumah semakin rindang.

Ciri-ciri lain yang juga umum ditemukan pada rumah klasik adalah plafon rumah yang tinggi. Plafon atau langit-langit rumah pada rumah klasik menunjukkan kesan mewah. Tidak hanya itu, rumah klasik dengan plafon yang tinggi juga memberikan sirkulasi udara yang baik sehingga tidak pengap.

Ciri khas lain yang dimiliki oleh rumah klasik adalah ruangan yang memiliki ukuran lebih luas. Meskipun rumah klasik memiliki jumlah ruangan yang terbatas, tetapi masing-masing ruangan pada rumah klasik dapat dikatakan cukup luas. Ruangan yang luas tersebut didukung juga dengan jendela yang besar sehingga sirkulasi cahaya dan udara memadai.

Terakhir, ciri-ciri yang dapat ditemui pada rumah klasik adalah pemilihan warna rumah. Rumah klasik pada umumnya menggunakan warna putih sebagai warna utamanya, baik untuk dinding maupun interior. Namun, tak jarang ada rumah klasik yang menggunakan warna coklat kayu yang lebih menyatu dengan alam.


Jenis-jenis Desain Rumah Klasik

Setelah mengetahui apa itu rumah klasik dan ciri-ciri yang umum ditemui pada desain rumah klasik, saatnya kita mencari tahu lebih dalam tentang apa saja jenis-jenis dari rumah desain klasik.

Ternyata, rumah klasik ada beragam gaya dan modelnya loh. Gaya maupun jenis dari rumah klasik itu sendiri juga diciptakan karena berbagai faktor, mulai dari negara asal hingga iklim tempat asalnya. Mau tau apa saja jenis-jenis desain rumah klasik sederhana? Yuk lanjut simak artikel ini! 

1. Rumah Klasik Eropa

Bangsa-bangsa di Eropa memiliki sejarah panjang terkait arsitektur, mulai dari arsitektur era Romawi hingga arsitektur era Victoria. Namun, ternyata arsitektur khas Eropa juga bisa diterapkan sebagai desain rumah klasik eropa yang sederhana dan simpel loh.

Penerapan gaya rumah klasik Eropa bisa kamu lakukan dengan menunjukkan batu bata di dinding untuk menambah kesan klasik pada rumah. Selain itu, kamu juga perlu menambahkan jendela dengan ukuran yang cukup besar di lantai atas agar rumah mendapatkan pencahayaan yang baik.

Baca juga: Pasti Terkesima! Ini Inspirasi Desain Rumah Gaya Eropa Modern


2. Rumah Klasik Indonesia

Indonesia ternyata juga memiliki rumah gaya klasiknya sendiri loh. Umumnya, rumah klasik di Indonesia dibangun pada zaman kolonial Belanda atau setelah masa kemerdekaan.

Salah satu ciri khas dari rumah klasik Indonesia adalah penggunaan plafon yang tinggi agar sirkulasi udara menjadi lebih baik. Fitur ini didukung dengan jendela-jendela besar yang ada di berbagai sudut rumah dan lantai teraso agar suasana rumah tetap terasa adem walau di cuaca tropis. Fitur lain yang dapat ditemui di rumah klasik khas Indonesia adalah cat warna putih yang dapat memantulkan sinar matahari.


3. Rumah Klasik Dominasi Warna Putih


Inspirasi rumah klasik lain yang bisa kamu terapkan adalah gaya rumah klasik dengan dominasi warna putih. Penggunaan warna putih pada sebuah rumah dapat bermanfaat bagi rumah-rumah yang berada di wilayah tropis. Hal ini karena warna putih jika diterapkan kepada rumah klasik dapat memantulkan sinar matahari agar tidak panas. Kamu bisa menerapkan warna putih dengan memberikan sedikit aksen pada rumah klasik. Contohnya adalah memberikan aksen warna merah di atap atau list jendela.

 

4. Rumah Klasik dengan Joglo

Salah satu model rumah klasik lain yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah gaya rumah klasik joglo. Desain rumah klasik joglo sendiri mengkombinasikan desain rumah klasik ala Indonesia dengan desain rumah ala Jawa melalui unsur joglo.

Ada beberapa aspek yang perlu kamu ketahui sebelum membangun rumah klasik joglo. Pertama, kamu perlu menyiapkan pondasi atap yang cukup kuat mengingat atap joglo sendiri memiliki bentuk yang unik. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan ukiran di jendela dan pintu rumah.

Rumah klasik joglo juga cocok bagi kamu yang tinggal di wilayah subtropis. Hal ini karena desain joglo dengan langit-langit tinggi bisa membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk. Selain itu, rumah klasik joglo biasanya ditopang oleh empat tiang atau pilar yang cukup minimalis.

 

5. Rumah Klasik dengan Beranda

Kamu ingin rumah klasik tetapi juga memiliki ruangan bersantai di rumah? Konsep rumah klasik dengan beranda mungkin bisa jadi pilihan yang tepat bagi kamu. Beranda pada dasarnya merupakan ruangan terbuka yang beratap dan terletak di depan maupun samping rumah.

Kamu bisa membangun beranda rumah klasik dengan memberikan lantai yang terbuat dari kayu maupun teraso. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan pagar pembatas yang terbuat dari kayu dengan ukiran-ukiran klasik agar terlihat makin cantik.

Keberadaan beranda pada rumah klasik bisa kamu manfaatkan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga loh. Tidak hanya itu, kamu juga bisa nongkrong bersama teman-teman atau mengadakan pesta sederhana dengan memanfaatkan beranda rumah.


6. Rumah Klasik Amerika


Saat mencari inspirasi rumah klasik, salah satu referensi utama yang bisa kamu jadikan ide adalah rumah klasik gaya Amerika. Rumah klasik Amerika sendiri memiliki beragam ciri khas yang sering kita lihat di film-film Hollywood.

Umumnya, rumah klasik Amerika terdiri dari satu lantai dengan loteng dan menggunakan atap model pelana. Selain itu, rumah klasik Amerika menggunakan jendela dalam jumlah yang banyak agar pencahayaan rumah baik. Rumah klasik khas Amerika bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk membangun rumah klasik yang cantik.

Mau tau lebih lanjut mengenai inspirasi rumah dan program KPR? Segera kunjungi website BTN Properti pada link ini.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua