Spinner Icon

Dua Dasar Menggunakan KPR Syariah

Author Image
Info Terbaru · 26 September 2016
Secara umum, terdapat dua pemikiran dasar yang membuat orang-orang merasa bahwa KPR syariah, merupakan metode KPR yang tepat bagi mereka. Dua pemikiran dasar ini sendiri terlahir dari karakter dasar dari KPR syariah itu tersendiri. Dengan mengetahui dua hal ini, Anda dapat tahu atau, apakah KPR syariah merupakan pilihan yang tepat bagi Anda, untuk pengajuan permohonan KPR rumah impian Anda.


Prinsip

Pemikiran ini lekat hubungannya dengan standar perbankan Islami yang diterapkan dalam KPR syariah. Bagi beberapa orang, prinsip adalah panduan terbaik dalam menjalani kehidupannya dan ketika ia mengikuti prinsip hidup yang baik, maka hal-hal yang baik pun akan turut terjadi dalam kehidupannya. Oleh karena itu, tidak jarang orang untuk lebih memilih sistem perbankan syariah karena kesesuaian prinsip perbankan syariah dengan prinsip hidup mereka. Hal ini pada akhirnya dapat berpengaruh pada program KPR yang mereka pilih, yaitu mereka lebih memilih untuk menggunakan KPR syariah daripada KPR konvensional. Karena berbeda dengan KPR syariah, KPR konvensional dengan suku bunganya dapat dilihat sebagai suatu sistem riba yang tidak sesuai dengan prinsip muamalat dalam Islam.


Oleh karena itu, bagi Anda yang percaya bahwa prinsip yang dipegang perbankan syariah adalah prinsip yang tepat dan sesuai dengan Anda, maka KPR syariah dapat dijadikan salah satu jalan yang tepat untuk memiliki rumah idaman Anda.


Rasionalisme

Bagi beberapa orang, masalah rasionalisme adalah alasan utama untuk mereka memilih KPR syariah untuk merealisasikan rumah impian mereka. Mereka yang mengambil KPR syariah secara rasional telah melihat situasi dan kondisi mereka, serta telah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari KPR syariah tersebut bagi mereka, dan berdasarkan pertimbangan yang matang, mereka yakin bahwa KPR syariah adalah pilihan yang tepat untuk KPR rumah idaman mereka. 


Salah satu contoh pemikiran yang  umum ketika mengambil KPR syariah karena rasionalitas, adalah kondisi biaya angsuran yang tetap setiap tahunnya, sehingga mereka dapat tenang karena pasti akan terhindar dari kondisi yang memberatkan bagi mereka ketika  suku bunga tiba-tiba naik di masa depan. Mereka juga dapat tenang karena meskipun biaya angsuran mereka tetap, pendapatan mereka cenderung akan naik tiap tahunnya. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk melakukan perencanaan keuangan yang baik untuk jangka waktu panjang tanpa perlu gelisah akan meningkatnya beban finansial Anda dari angsuran Anda, bertaruh dan berharap bahwa beban finansial Anda akan membaik di kemudian hari.


Ini adalah salah contoh bahwa dengan perhitungan yang matang, KPR syariah juga dapat menjadi pilihan yang tepat dan menguntungkan bagi Anda dalam merealisasikan rumah impian Anda.


KPR syariah adalah sebuah solusi unik bagi Anda untuk memiliki rumah impian, karena memungkinkan Anda memiliki rumah impian sesuai dengan prinsip atau rasionalisme Anda.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua