Spinner Icon

Ciptakan Kenyaman Hunian dengan Warna Earth Tone

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 3 April 2023
Table of Contents:

Key Takeaways:

  • Earth tone adalah warna-warna dengan nuansa keindahan elemen alam seperti batu, hutan, laut, dan tanah.
  • Contoh warna earth tone adalah Tan, Taupe, Burnt Sienna, Sage Green, Forest Green, Dark Moss Green, Grey Blue-ish, Ochre, dan Terracotta.
  • Kombinasi warna earth tone dapat menciptakan suasana nyaman dengan kesan lembut, natural, hangat, hingga elegan.

Earth tone adalah warna-warna dengan nuansa keindahan elemen alam seperti batu, hutan, laut, dan tanah. Menurut desainer Vivian Torres dalam laman Hideaway by Havenly, warna earth tone adalah warna-warna yang identik dengan bumi dan seisinya.

Misalnya, warna abu-abu diambil dari warna bebatuan, kuning dan coklat yang berasal dari warna tanah dan pasir, warna biru diambil dari warna lautan di bumi, merah dan oranye yang menjadi warna matahari, dan sebagainya.

Jika kamu ingin memiliki hunian minimalis dengan nuansa kalem dan simpel, warna earth tone merupakan pilihan yang tepat karena spektrumnya yang dapat menciptakan kesan natural, simpel, dan kalem.

Warna-warna earth tone yang mungkin kamu sudah sering dengar adalah terakota, sage, burnt sienna, taupe, dan warna earth tone lainnya. Berbagai warna earth tone memiliki kesan natural, hangat, dan elegan, tetapi juga memunculkan perasaan lembut dan nyaman.


Warna Earth Tone

Memilih warna memang menjadi hal seru dalam proses mendekorasi hunian. Jika kamu sudah mantap menggunakan nuansa dengan warna earth tone, berikut ada rekomendasi warna yang bisa kamu kombinasi untuk mencapai hasil yang kamu inginkan.

1. Keindahan Tapak Tanah

Earth tone dengan warna dasar coklat terbagi ke dalam beberapa warna, yaitu:


Tan Palette Color

Memiliki undertone coklat, Tan merupakan palet warna menyerupai warna beige serta turunannya, namun memiliki warna lebih gelap. Warna ini terinspirasi dari warna permukaan tanah, pasir, kayu, dan batang dari tumbuh-tumbuhan. Untuk kamu yang menyukai warna coklat gelap, tan sangat cocok dijadikan kombinasi dalam menghias ruang tamu, kamar tidur, dan ruang keluarga. Kamu akan mendapatkan nuansa tenang dan sejuk.

Taupe Color Palette

Taupe atau dalam Bahasa Indonesia disebut kelabu tua cenderung masuk ke dalam warna-warna lembut. Memiliki kombinasi antara warna coklat dan abu-abu, sehingga menghasilkan warna antara coklat muda dan coklat tua. Warna earth tone ini cocok untuk kamu jadikan warna pada rumah dengan desain interior minimalis seperti Japandi (Japanese-Scandinavian), karena bisa kamu padukan dengan warna yang dominan putih atau furnitur-furnitur dengan tekstur kayu.

Burnt Sienna

Burnt Sienna dengan nama cantik ini merupakan warna coklat kemerahan yang terinspirasi dari pigmen tanah yang mengandung besi oksida dan mineral mangan. Semakin panas, warna burnt sienna seperti namanya akan menjadi semakin gelap, menciptakan efek terbakar. Warna ini pertama kali ditemukan di tanah sekitar Sienna, Italia, memiliki nama lain terra gialia (tanah kuning).

Warna ini cocok kamu kombinasikan dengan warna coklat, hijau, dan juga krem yang tidak terasa berat secara visual. Kamu bisa menggunakannya sebagai warna kamar, dikombinasikan dengan warna krem menghasilkan susana menenangkan di ruangan yang intim.

2. Keteduhan Dedaunan

Earth tone dengan warna dasar hijau terbagi ke dalam beberapa warna, yaitu:

Sage Green Color Palette

Mungkin kamu sudah sangat familiar dengan nama sage, yang di beberapa tahun belakangan menjadi tren di masyarakat. Warna sage green diambil dari satu jenis herbal yang daunnya berwarna hijau keabuan, biasanya tumbuh di Eropa Selatan dan Mediterania. Warnanya yang memiliki kesan hijau keabuan cocok untuk kamu gunakan di ruangan keluarga, dapur, dan taman di rumah.

Forest Green Color Palette

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa warna earth tone ini terinspirasi dari warna hijau yang ada di hutan. Berbeda dengan sage green, warna forest green memiliki spektrum warna lebih banyak dari gelap hingga cerah karena terinspirasi dari warna daun-daun di hutan.

Forest green sangat cocok digunakan bagi kamu yang menyukai warna cerah dan memanjakan mata, misalnya pada ruangan terbuka di area rumah atau ruangan yang membutuhkan suasana menyenangkan dan menenangkan seperti tempat bermain anak, ruang membaca, kamar mandi, dan ruangan lainnya.

Dark moss green

Warna terakhir dari keluarga hijau adalah dark moss green atau bisa kita sebut warna lumut. Moss berarti lumut, sehingga dark moss green maksudnya adalah hijau lumut yang gelap. Warna hijau lumut sendiri ada yang gelap ada pula yang yang pucat cenderung ke arah kuning. Dengan warna earth tone yang unik, memang belum banyak yang berani menggunakan warna dark moss green. Namun, warna ini sangat cocok kamu gunakan untuk menciptakan kesan mewah sebuah ruangan.

Kamu dapat menggunakan warna dark moss green sebagai warna dinding, disandingkan dengan karpet dan kursi emas serta sarung bantal coklat yang membuat ruangan terlihat elegan. Kamu juga bisa menggunakan dark moss green dengan gradasi warna hijau lainnya, sehingga menciptakan kesan lebih natural.

3. Hamparan Bebatuan


Earth tone dengan dasar warna abu-abu terinspirasi dari bebatuan, simak lebih lanjut penjelasannya di bawah ini.

Grey Blue-ish Color Palette

Jika kamu mencari alternatif dari warna putih, menggunakan warna earth tone grey blue-ish merupakan pilihan yang bisa kamu terapkan. Dengan warna ke abu-abu kebiruan kamu bisa menciptakan suasana ruangan sejuk karena warna undertone yang diambil dari warna bebatuan. Wana lainnya yang memiliki nuansa biru adalah benitoite, glaucophane, dan juga celestine.

4. Keindahan Senja

Bayangkan keindahan senja dapat kamu nikmati di dalam rumah, warna earth tone berikut dapat menjadi pilihan bagi kamu yang sangat menyukai nuansa cerah tapi tetap kalem.

Ochre Color Palette

Kuning identik dengan warna terang benderang. Namun, warna kuning dalam palet warna earth tone terinspirasi dari warna kuning tua atau dikenal dengan ochre. Biasanya bisa kita temukan di dalam tumpukan mineral besi yang sudah terbentuk, terbentuk secara alami karena adanya zat besi yang sudah teroksidasi. Warna earth tone ini mudah sekali menempel dan tidak mudah luntur.

Terracotta Color Palette

Salah satu warna earth tone paling populer adalah terracotta, tidak heran karena warna earth tone ini selalu masuk dalam koleksi musim gugur. Warna terracota memiliki undertone oranye dan merah layaknya warna tanah liat. Terracotta akan cocok diaplikasikan pada ruang keluarga dengan suasana cerah dan hangat.

Baca juga: Inspirasi Ruang Tamu Lesehan Ala Korea yang Estetik


Inspirasi Ruangan dengan Warna Earth Tone

Setelah menentukan warna, saatnya kamu mulai memetakan kombinasi warna yang dapat digunakan dalam dekorasi ruangan. Berikut inspirasi kombinasi warna earth tone yang dapat kamu gunakan.

1. Paduan Hitam, Putih, dan Oker di Ruang Keluarga

Hitam dan putih sebagai warna netral dapat kamu kombinasikan dengan warna ochre. Warna ochre adalah warna earth tone yang umumnya terdiri dari warna kuning, jingga, dan coklat, didominasi oleh kuning tua.

Kombinasi warna ini bisa menciptakan nuansa nyaman menenangkan serta elegan, karena warna ochre sendiri menimbulkan kesan mewah. Warna ochre akan terlihat menonjol di antara warna natural hitam dan putih. Selain itu, memberikan sedikit sentuhan sage-green dapat membuat ruangan terasa hidup.

2. Ruang Tamu Nyaman dengan Warna Coklat Tua dan Terracota


Tan dari warna earth tone coklat, serta terracotta dari warna earth tone kemerahan menjadi kombinasi yang senada untuk menciptakan suasana ruangan cerah dan kalem secara bersamaan. Kamu bisa menambahkan furnitur gelap seperti rak buku, sofa, serta sedikit sentuhan warna natural putih untuk memberi warna kontras.

3. Nuansa Dingin Grey Blue-ish dan Putih di Ruang Tidur

Menggunakan warna grey blue-ish akan menciptakan nuansa dingin dengan undertone nya yang menciptakan warna abu-abu terang. Warna ini cocok diaplikasikan pada ruangan yang membutuhkan suasana tenang dan kalem, misalnya kamar tidur.

Padankan dengan furnitur warna putih sehingga memberi kesan hidup dan kontras. Kamu juga bisa memberi tambahan tanaman hijau di dalam pot dan lukisan dengan sentuhan warna cerah untuk memberi sedikit kesan terang.

Baca juga: Konsep Desain Kamar Aesthetic Abu-Abu untuk Inspirasimu

4. Kombinasi Forest Green dan Hitam yang Kontras


Kamu menyukai warna yang "berani" dan ingin lebih bereksperimen dengan kombinasi warna earth tone? Mengombinasikan forest green yang memiliki undertone warna hijau cerah dengan warna hitam dapat menjadi jawaban.

Kontras yang diciptakan memberikan kesan natural yang mewah. Untuk mempercantik ruangan, tambahkan furnitur dengan warna putih atau abu-abu muda, bisa berupa lukisan, lampu gantung, kursi, dan sebagainya.

5. Ruang Keluarga Semi Klasik dengan Warna Grey Blue-ish dan Taupe

Mungkin kamu menyukai ruangan dengan nuansa elegan klasik. Warna earth tone grey blue-ish dengan taupe dapat menjadi jawaban. Keduanya merupakan pilihan warna lembut sehingga senada digunakan dalam ruang tamu berkonsep elegan. Untuk menambah kontras, kamu bisa menggunakan warna hitam pada beberapa bagian sebagai pelengkap.

6. Perpaduan Burnt Sienna dan Taupe di Kamar Tidur

Ingin punya kamar dengan nuansa cerah namun tetap menggunakan warna-warna earth tone? Kamu bisa menggunakan burnt sienna dikombinasikan dengan taupe. Kendati sama-sama masuk dalam palet warna coklat, kedua warna ini akan saling melengkapi. Kamu dapat merasakan hangatnya cahaya matahari ketika membuka jendela. Kombinasikan dengan furnitur berwarna krem untuk membuat kamar semakin nyaman.

7. Kesan Mewah dari Kombinasi Warna Navy dan Terracota

Memiliki kamar tidur dengan suasana dingin dapat kamu ciptakan dengan memadukan warna earth tone terracota dengan navy. Namun, agar kamar tidak terlihat sempit dan penuh, usahakan hanya memberi cat navy pada satu atau dua bagian dinding. Kamu bisa menggunakan warna terracota pada furnitur seperti tempat tidur, lampu kamar, sprei, hingga tirai.

8. Paduan Warna Sage dan Grey Blue-ish yang Memanjakan Mata

Mengombinasikan warna earth tone sage dengan grey blue-ish dapat menciptakan suasana tenang dan teduh. Warna ini nuansa ini tentu cocok diterapkan pada kamar tidur membuat kamar terasa semakin nyaman. Untuk menambah sentuhan natural, kamu bisa menggunakan furnitur berwarna coklat.

Itu dia inspirasi ruangan menggunakan warna-warna earth tone yang dapat kamu terapkan dalam dekorasi interior rumah mu. Kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rumah dan program KPR BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua